Selasa, 17 Desember 2013

Anak oh Anak ...

Di Stase ini banyak banget ketemu anak-anak yang lucu-lucu ...
Anak-anak yang kurang beruntung karena punya penyakit berat dibandingin sama anak yang sehat ...
Anak-anak yang  bisa  jadi sumber kekuatan buat orang tuanya yang harus sabar nemenin terapi, bertahun-tahun ...
Anak-anak yang bisa jadi sumber pahala  buat orang tua dan orang-orang sekitarnya dengan keterbatasan dan kekurangan yang dia punya ...


Kalau ada cewek atau cowok yang cinta mati sama pacarnya, yang sampe gamau pisah sama pacarnya ...
Pasti belom pernah nemuin kasih sayang yang diliatin ibu-ibu dan bapak-bapak dengan anak yang terinfeksi virus, cacat, gak bisa ngomong apalagi jalan. Semuanya harus dibantu orang tua :)

Kalau ada cewek atau cowok yang bilang gak bisa hidup tanpa pasangannya ...
Pasti belom pernah ketemu sama orang tua dg anak kelainan jantung, cacat otak, atau kelainan genetik lainnya yang harus pengobatan bertahun-tahun tanpa putus untuk hidup, dan sangat bergantung sama orang tuanya :)

Kalau ada cewek atau cowok yang bilang cinta mentok sama pasangannya, gak bisa berganti hati atau berubah perasaannya ...
Pasti belom pernah lihat orang tua yang bahkan sampe meninggal terus ngurus dan ngebimbing anak-anak dengan cacat mental, yang untuk ketemu orang baru aja gak bisa :)

Semua yang udah saya liat ini bikin jadi makin sadar, bahwa cinta dan kasih sayang yang bener-bener tulus dan apa adanya cuma dari orang tua
Gak pernah minta dibales
Gak pernah minta imbalan
Gak pernah ngeluh
Gak ada yang bisa ngalahin pengorbanan orang tua, siapapun itu :)
Meski, orang tua gabisa ngasih apa yang kita mau jangan pernah minta lebih
Karena yakin, apa yang sekarang mereka kasih adalah semua yang terbaik yang mereka punya
:')

Ya Allah, beri kesehatan dan kerbakahan untuk semua orang tua yang mengayangi anak-anaknya di seluruh muka bumi
Beri segala kebaikan dan balasan beribu kali lipat bagi pengorbanan yang telah dilakukan oleh semua orang tua di seluruh muka bumi, meski itu mungkin terlihat kecil bagi orang lain
Dan jadikan saya anak yang selalu berbakti, menghormati pengorbanan dan tidak menyia-nyiakan kasih sayang orang tua 
AMIN !

Kamis, 12 Desember 2013

Ga to the Lau

Galau itu adalah saat kepikiran orang yang gak ada
Saat kepikiran orang yang gak mikirin balik
Saat kepikiran orang yang dia nya biasa-biasa aja
Saat kepikiran dan berujung pada sedih

Saat perasaan jadi berasa diombang-ambing
Saat perasaan lagi kacau-kacaunya
Saat perasaan lagi gak enak
Saat perasaan lagi campur aduk, antara keinginan dan gengsi

Saat jauh padahal lagi butuh-butuhnya komunikasi
Saat gak bisa deket padahal harusnya deket
Saat gak boleh deket padahal pengennya deket
Saat gak harus ngelepasin tapi juga nyakitin

Saat ngerasa sepi meski di tempat umum
Saat ngerasa sendiri meski ada yang nemenin
Saat ngerasa gak nyaman meski di tempat aman
Saat ngerasa gak ada tempat dan gatau juga mau ngeluapin apa

Saat galau, yang bisa nyetop ya cuma diri sendiri
Bukan masalah karena apa dan siapa
Tapi lebih kepada masalah siap atau gak buat ikhlas ~

Jumat, 06 Desember 2013

Harus Banyak Bersyukur

Kadang,
Kita gak pernah sadar pernah memiliki sesuatu sampai kita kehilangan
Kita gak pernah sadar pernah jadi sesuatu sampai kita bukan siapa-siapa lagi
Kita gak pernah sadar betapa berartinya orang lain sampai orang itu bener-bener pergi
Kita gak pernah sadar betapa penting waktu sampai gak kerasa udah lewat gitu aja
Kita gak pernah sadar betapa kita membutuhkan seseorang sampai orang itu gak ada lagi

Kadang,
Apa yang kita butuhkan dan sudah tersedia meski dalam bentuk lain sulit kita terima
Apa yang kita harapkan dan sudah ada meski tidak sama persis tidak bisa kita lihat
Apa yang kita doakan dan sudah di depan mata meski tidak sepenuhnya susah kita ambil

Padahal,
Cuma perlu satu hal untuk bisa lebih berbahagia
Cuma perlu satu hal untuk bisa menghargai yang kita miliki
Cuma perlu satu hal untuk bisa bernafas lebih damai dan lebih tenang
Rasa Syukur

Mungkin ada banyak orang yang ingin memiliki apa yang kita miliki sekarang
Mungkin ada banyak orang yang ingin menjadi siapa kita sekarang
Mungkin ada banyak orang yang ingin ada di posisi kita sekarang
Mungkin ada banyak orang tidak bisa merasakan semua yang kita rasakan sekarang
Mungkin ada banyak orang tidak bisa memilih apa yang menjadi pilihan kita sekarang
Mungkin ada banyak orang tidak lebih beruntung dari kita diluar sana

Maka,
Untuk apapun yang kita punya sekarang
Untuk apapun yang ada sekarang
Untuk apapun yang terlihat sekarang
Alhamdulillahirabbilalamin ... :)


Selasa, 03 Desember 2013

Keyakinan :)

Sampe sekarang, saya cuma tau tentang keyakinan ya dari pengertian di buku-buku
dan dari pengertian yang saya definisikan sendiri
Keyakinan adalah saat kamu percaya total, gak ada lagi keraguan
Yang bahkan antara ucapan, hati dan perbuatan bisa sejalan
Yang bahkan tanpa kamu tau bentuknya, atau tanpa kamu kenal lebih dalam kamu bisa percaya
Sama kayak keyakinan kita sama Tuhan
Sama kayak keyakinan kita sama Rasul
Sama kayak keyakinan kita sama Takdir
Sama kayak keyakinan kita sama Hari Akhir
Belom pernah ketemu, belum pernah ngerasain, tapi percaya :)

Dalam suatu hubungan, keyakinan itu satu hal yang penting
Kalo udah yakin, pasti bisa patuh kan ?

Tapi, yang saya belum paham adalah bentuk keyakinan dalam hubungan itu sendiri
Ada beberapa orang yang belum kenal lama tiba-tiba udah yakin aja
malah cenderung ke arah obsesif, tapi pada akhirnya berpisah
Ada juga yang gak yakin-yakin banget, tapi akhirnya malah menikah
dan langgeng sampe sekarang
Ada lagi pasangan yang gak terlalu yakin juga, gak yakin juga enggak
ya selagi bisa dijalanin ya dijalanin, tapi toh nyatanya bertahan
Ada malah pasangan yang sama-sama gak yakin
tapi karena mungkin belom ada pilihan lain, lanjut aja, mereka bertahan dengan ketidakyakinan mereka dan ketidakyakinan itu juga bertahan di diri mereka

Terus kalo saya sekarang tanya, keyakinan dalam hubungan itu apa, mana pasangan yang pas sesuai definisi ?
Apa harus saya medapatkan keyakinan dulu baru menjalin hubungan ? Atau menjalin hubungan dulu baru yakin kemudian ?
Tapi siapa yang bisa jamin kapan saya bisa dapet keyakinan itu ? Mau nunggu sampe kapan ?
Atau keyakinan itu bisa dibuat atau malah gak pernah ada sebenernya ?
Jangan-jangan emang bener, gak pernah ada pasangan yang terlalu yakin untuk bersama tapi entah karena keadaan atau karena kondisi atau karena faktor apapun, mereka tetap memutuskan untuk bersatu ?

Karena pada dasarnya kita ini, manusia cuma wayang
Kita udah punya jalan cerita sendiri-sendiri
Tiap orang punya cabang dan terserah kita sendiri, mau pilih cabang yang mana buat dijalanin
Tergantung dari cara kita hidup, cara kita mikir dan cara kita menanggapi masalah

Mungkin misalnyapun, saya memutuskan untuk bersama dengan orang yang tidak saya yakini saya akan tetap punya kehidupan entah bahagia atau malah menderita
Dan misalnyapun, saya memutuskan untuk menunggu keyakinan saya, ya hidup saya juga akan tetap berjalan entah bahagia atau malah menderita
Jadi, dengan atau tanpa keyakinan gak akan jauh beda karena pilihannya cuma dua bahagia atau menderita ...
Itupun tergantung kepada bagaimana kita menjalaninya kan?
Toh kebahagiaan maknanya luas
Begitu juga menderita
:)

Maka dari itu, gak usah terlalu pusing dengan yakin atau gak
Gak usah terlalu mikirin nanti akan bahagia atau gak
Justru kita yang harus ngerubah semua yang gak enak jadi enak
yang gak yakin jadi yakin
yang menderita jadi bahagia
Hidup kita, ya kita sendiri yang nentuin ~
 

Rabu, 27 November 2013

Irrasional ~

Irrasional itu saat ada orang yang masih mencintai orang yang sudah sangat menyakiti berkali-kali dan masih mencoba bersama ...
Irrasional itu saat masih beranggapan bahwa dia akan bisa berubah padahal sifat dasar itu sulit bahkan hampir tidak mungkin diubah, kecuali ada keajaiban ...

Irrasional adalah saat mau bantu orang yang masih mencintai orang yang dianggap salah untuk bisa pergi ...
Irrasional adalah saat mau coba bantu orang yang masih kasmaran untuk denger apa yang sekarang harus dia denger, untuk lihat apa yang sebenernya udah di depan mata, untuk rasain hal lain yang harus dirasain sebelum semuanya terlambat ...

Irrasional karena sebenernya gak mungkin tapi tetep dilakuin
Irrasional karena kadang dasar untuk ngelakuinnya cuma pake perasaan yang gak punya mata
Irrasional karena harusnya sih gak begitu tapi ternyata ada di kenyataan ~

Banyak ngelakuin hal-hal gak mungkin
Banyak memperjuangin hal-hal yang mungkin dibilang gak pantes
Banyak ngasih porsi perasaan sampe akhirnya ngorbanin banyak hal
Banyak mikir tapi tindakannya malah sebaliknya
Banyak ngomong tapi yang dilakuin nol
Irrasional ~

Tapi, yaudah karena balik lagi setiap orang punya prosesnya sendiri-sendiri
Baik untuk mencintai maupun berhenti untuk mencintai
Baik untuk bertemu maupun berpisah
Baik untuk bahagia atau sakit terus sekalian tapi membahagiakan
Ya semuanya akan sampai pada satu titik, sadar atau tenggelam selamanya ~

Kamis, 31 Oktober 2013

Countdown Time ~

Ada satu orang temen yang bilang, postingan di blog ini isinya keluhan ?
MASAK SIH ?
Gak ada niatan sih sebenernya, tapi terserah mau interpretasi apa
Kalo pun iya, yaudah. Gak juga syukur deh :)

Mungkin berasa keluhan karena semua isinya gak enak kali ya
Yang ini itu lah, kayaknya semua gak ada bahagia-bahagianya ...
Padahal ya emang gitu keadaannya
Kadang, yang nulis biasa aja tapi yang baca malah berlebihan
Ya itu sih biasa ~

Banyak banget sisi bahagianya Koass yang sulit banget buat di ceritain
Tapi udah pernah saya bahas,
Betapa bahagianya liat pasien yang tadinya gawat, sekarat hampir lewat berubah jadi ceria, bisa mondar-mandir lagi ...
Betapa bahagianya liat keluarga yang udah hampir nyerah nunggu keluarganya yang sakit akhirnya bisa bilang "Makasih buk, makasih buk" berkali-kali ...
Bahagia banget rasanya bisa ngelakuin hal yang lebih, niat nolong, sampe detik-detik terakhir seseorang walaupun pada akhirnya Tuhan berkehendak lain ...
Bahagia banget rasanya bisa ribet ini itu buat orang lain bernapas, saat yang lain gak bisa apa-apa, dan kita tetep berusaha walaupun udah tau kemungkinannya sangat kecil ...
Bahagia saat bisa dianggap anak sama banyak orang disini
Bahagia saat ngerasa punya sahabat baru yang gak pernah disangka-sangka
Bahagia nya gak bisa dilukisin, lebih dari apa yang bisa dibaca sekarang ~

Dan kemaren, ada pertanyaan yang bikin saya sadar kalo ternyata disini gak akan lama lagi ...
"Sampe kapan koass disini ?" kata salah satu bapak perawat sebelum mulai operasi
Jawabannya ya simpel dan gampang sih : "5 bulan pak"
Gak ada angin gak ada ujan, itu bapak tiba-tiba meracau sendiri :
"Saya gak bisa bayangin sepi lagi gak ada kamu, gak ada yang panggil saya bapak lagi, gak ada yang suka megangin perut gendut saya, gak ada yang suka ngeledekin suara saya yang jelek kalo nyanyi, gak ada yang bisa saya godain ...."
DEG!

Pembicaraan yang lain antara saya sama salah satu konsulen :
"Besok kalo udah selesai koass pasti kamu berubah ya ?" kata seorang dokter konsulen yang udah kayak bapak sendiri buat saya sampe kalau manggil dirinya udah gak pake saya, tapi Babe :)
"Berubah gimana dok?"
"Ya harusnya sih semakin baik, babe pasti kangen sama mukamu yang suka jail..."
*Sambil Ngelus-ngelus kepala*
DEG !

Aaaaaaaaak ~
Gak ada satu alasanpun buat saya gak sayang sama semua mahluk disini
Semuanya berkesan
Konsulen yang udah berasa jadi bapak, kakek, dan ibu sendiri
Ibu-ibu dan bapak perawat yang udah bikin RS berasa jadi rumah kedua
Beberapa malah udah punya panggilan sendiri dari saya
Babe, Eyang Kakung, Eyang Uti, Biyung, Suhu, Abang, Masbar dll
Kebayang seberapa deketnya kita ?
Lebih jauh dari yang bisa dibayangin ~

Semua orang berkesan dengan caranya sendiri-sendiri
Semua orang berharga dan punya catatan tersendiri
Entah itu yang baik sama kita atau cuma pura-pura baik
Entah yang beneran suka atau yang pura-pura suka
Entah yang tulus ataupun ada maunya
Gak bisa dihapus, gak bisa digantiin, dan dalam 5 bulan lagi cuma bisa dikenang
Gatau setelah keluar dari kota nyaman ini, kapan bisa kesini lagi

Dalam beberapa tahun kedepan,
Mungkin semua udah semakin berubah
Mungkin mereka udah gak ngenalin saya
Mungkin juga beberapa udah gatau nama saya
Tapi, gimanapun, dan kapanpun
Kalian tetep dihati 
SAYA SAYANG GOETENG dan SEMUA penghuninya juga setiap sudutnya 
Mulai sekarang, saya gak akan nyianyiain 5 bulan gitu aja tanpa kesan apapun
dan Semoga semua yang saya tinggalkan, diterima baik
karena ini gak akan keulang
cuma akan jadi serpihan kenangan
:)

Senin, 28 Oktober 2013

Akan Tiba Saatnya,

Akan tiba saatnya,
Dimana selingkuh bukan lagi sesuatu yang menyenangkan
Dimana bermain-main malah membosankan
Dimana mencintai orang berlebihan akan membuat jenuh

Akan tiba saatnya,
Dimana berbicara tentang sesuatu yang belum ada tidak lagi membahagiakan
Dimana hubungan yang kekanak-kanakan adalah sesuatu yang dihindari
Dimana sesuatu yang simpel tapi nyata adalah yang dicari

Akan tiba saatnya,
Dimana berpikir untuk diri sendiri terasa begitu egois
Dimana bertingkah semaunya sendiri tidak lagi menjadi biasa
Dimana bermain-main dengan hati menjadi sesuatu yang melelahkan

Akan tiba saatnya,
Dimana tidak lagi ada tempat untuk orang yang sekedar lewat
Dimana tidak lagi ada tempat untuk orang yang hanya say Hello
Dimana tidak lagi ada tempat untuk orang yang tidak berniat untuk menjadi segalanya

Akan tiba saatnya,
Semua yang menyenangkan sekarang tidak menjadi hal yang menyenangkan lagi
Semua yang membahagiakan sekarang tidak akan membahagiakan kita nanti
Semua yang diinginkan sekarang tidak akan kita inginkan juga nanti
Semua yang buruk sekarang tidak akan tetap buruk nanti

Time flies ~

Yang Kita Nikahi itu ...

Kita berhak mencintai dan menyayangi siapapun
Mau itu udah punya pacar kek
Jomblo kek
Atau siapapun lah, bebas ...

Kita juga berhak memilih orang yang akan menjadi pendamping kita nanti
Entah yang bener-bener kita cinta
Yang bener-bener cinta kita
Atau malah, yang gak keduanya, biasa aja ...

Karena,
Yang kita nikahi itu belum tentu orang yang bener-bener kita cinta
Yang kita nikahi itu belum tentu orang yang bener-bener cinta kita
Yang kita nikahi itu belum tentu orang yang kita inginkan
Yang kita nikahi itu belum tentu orang yang tepat menurut orang-orang di sekitar kita

Tapi,
Mungkin itu lah yang terbaik
Mungkin itu lah yang benar-benar kita butuhkan
Mungkin itu lah yang dapat mengisi hari-hari
Mungkin itu lah yang diinginkan Tuhan untuk membimbing
Mungkin itu lah orang yang akan mengantarkan kita ke surga
Mungkin itu lah yang dapat menerima dengan segala kelebihan dan kekurangan kita

Jadi, siapapun itu yang kita nikahi ...
Syukuri, jaga dan jadilah istri atau suami terbaik yang bisa dilakukan
Karena hidup ini terlalu singkat untuk dibuang dengan penyesalan

Selasa, 22 Oktober 2013

Dalam Setiap Hubungan

Dalam setiap hubungan, jenis hubungan apapun itu, pasti ada godaannya
Misalnya, dari pacar orang ...

Dalam setiap hubungan, jenis hubungan apapun itu, pasti ada naik turunnya
Ya kalo pas turun, terus ada orang lain lagi, kita bisa apa ?

Dalam setiap hubungan, jenis hubungan apapun itu, pasti ada gak enaknya
Kalo gak enaknya kelamaan dan terus-terusan, masih tetep mau bertahan ?

Dalam setiap hubungan, jenis hubungan apapun itu, pasti ada bentroknya
Kalo bentrok sesekali sih normal, kalo setiap masalah bentrok, jadi bikin marah, gak nyambung tapi dipaksa, terus salah siapa ?

Dalam setiap hubungan, jenis hubungan apapun itu, pasti ada satu titik jenuh
Kalo pas bener-bener jenuh, dan gak berusaha netralin trus akhirnya nyeleweng dan bubar, yang mau disalahin siapa ?

Dalam setiap hubungan yang lurus-lurusnya, sesungguhnya tetep ada sesuatu, entah kapan sih munculnya
Bisa mendadak, bisa juga cuma karena baru ketauan, jadi baiknya gimana ?

Walaupun harus selalu ada kata saling 
Ya, dalam setiap hubungan...
Ada satu keadaan dimana,
Harus ada salah satu yang bisa jadi pengingat saat satunya mulai kendor
Harus ada salah satu yang bisa jadi alarm saat satunya mulai bermasalah
Harus ada salah satu yang bisa narik pasangannya lagi saat mulai lepas
Harus ada salah satu yang sedikit mengalah saat satunya dominan

Hubungan yang cuma asal ngalir bisa jadi lancar, tapi banyak juga yang gak jelas pada akhirnya
Hubungan yang berkomitmen aja banyak godaannya apalagi yang gak punya target
Hubungan yang cuma main-main juga pasti banyak masalah dan gak akan awet

Karena,
Hubungan gak akan terjadi kalo cuma satu orang yang bertahan sedang yang lain menghancurkan
Hubungan gak akan terjadi kalo cuma satu oang orang yang sungguh-sungguh sedang yang lain gak peduli
Hubungan gak akan terjadi kalo cuma satu orang yang berusaha jaga sedang yang lain bodo amat
Hubungan gak cuma pake cinta tapi juga pake logika ...

Rabu, 16 Oktober 2013

Pernah, Gak ?

Pernah, Gak ?
Suka sama orang sejak pertama ketemu dan walaupun udah gak pernah ketemu lagi bertahun-tahun, kamu tau rasa itu gak berubah. Tetep ada ...

Pernah, Gak ?
Pas liat orang untuk pertama kalinya, kamu langsung yakin, itu orang kamu banget. Sampe akhir, mau yang lain bilang apapun, gak ada yang bisa ngapus keyakinanmu itu. Entah kenapa ...

Pernah, Gak ?
Kamu udah tau, gak mungkin bisa saling memiliki dan gak mungkin bersama. Tapi, kamu tetep suka sama orang itu walaupun gak ada keinginan untuk berbuat lebih. Suka ya suka aja ...

Pernah, Gak ?
Kamu udah mendem rasa 4 tahunan atau lebih, tapi orang yang kamu suka gak pernah tau kalau ada orang yang udah mendam rasa buat dia lama banget. Dan kamu gak ada niatan juga buat bilang atau ngapain gitu. Cuma nyerahin semuanya sama takdir ...

Kalo semua pertanyaan diatas dijawab dengan Pernah, Hey You Selamat kamu udah jadi Secret Admirer :3
and I have to say that,
kadang jadi Secret Admirer itu menyenangkan, tapi ...
Secret Admirer itu  rada menyakitkan  dalam beberapa hal,
Sekali udah Secret Admirer, selamanya akan begitu
Karena orang lain gak akan pernah tau perasaan kita selama kita gak bilang
Atau minimal, minimal, nunjukin lah kalo emang suka
Terserah dengan cara apa ...

Ya kalo nih, nunjukkin udah, ngasih kode udah, modusin udah tapi orang yang kamu suka tetep anteng dan kamu tetep berakhir pada Secret Admirer sejati, bisa ada beberapa kemungkinan :

Satu, orangnya emang gak suka sama kamu dan yaa dia berusaha nyaman dan berusaha bodoh aja walaupun dia tau kamu udah ngarepin dia abis-abisan

Dua, orang yang kamu suka mungkin udah punya komitmen dengan orang lain lagi terlebih dulu, dia gak mungkin dong ngelepasin komitmen nya gitu aja...Cowo itu harus bertanggung jawab. Dan kalo udah gini, kamu mening yaudah berenti sampe situ aja. Tapi gak perlu sedih. Karena berarti kamu pantes jadi secret admirernya dia, cowok setia dan bertanggungjawab :)

Tiga, orang yang kamu suka mungkin juga suka cuma dia gak ada keberanian buat berbuat lebih. Mungkin dia juga gak terlalu yakin sama perasaannya, yaa daripada malu dan dibilang kegeeran ya mending diem aja. Dan buat kalian, selamat ya! Kalian sama-sama suka tapi sama-sama pengecut :)

Empat, orang yang kamu suka bener-bener GEPEKA alisa gapeka. Yaudah kamu akan bener-bener dinobatkan jadi Secret Admirer seumur hidup ! Congrats!

Mungkin ya mungkin,
Kalo saya ada di posisi itu, saya akan lebih memilih diem
Sesekali boleh lah nunjukin perasaan softly, misalnya bbm duluan nanya kabar atau nanya apa lah biar ada pembicaraan. Tapi gak tiap hari dan gak bikin ilfiil juga, sesekali aja. Buat nunjukkin kalo hey ada loh orang merhatiin dan peduli sama kamu, disini :)
Tapi kalo untuk bilang suka, hmmm I dont think so. Kayaknya never never and never !
Yaaa, prinsip hidup sih kalo ini
Buat saya, cewek itu cuma punya kebebasan untuk menerima atau menolak, bukan buat bilang duluan...
Dia gak tau selamanya kalo saya suka dia ?
Dia juga suka tapi akhirnya saya juga gak tau ?
Saya cuma berakhir jadi secret admirer ?
Ya itu sih konsekuensi :)

Soalnya kayak lagunya Afgan yang Jodoh Pasti Bertemu :

Jika aku ... Bukan Jalanmu
Ku berhenti mengharapkanmu
Jika aku ... Memang tercipta untukmu
Ku kan memilikimu
Jodoh Pasti Bertemu

HAHAHA !

Rabu, 09 Oktober 2013

Dek Koass

Apa Kabar ?
Jawabannya tetep, masih jadi dek koass yang sukanya berbuat salah dan gemarnya cari celah

Koass adalah masa-masa dimana hampir semua temen-temen seumuran udah pada nikah bahkan punya anak, tapi kita masih sibuk sama journal reading, manajemen kasus, follow up pasien dan jadi babu ~

Koass adalah masa-masa dimana hampir semua temen-temen seumuran udan bisa beli baju, sepatu, bahkan rumah pake uang gajinya sendiri, sementara kita masih nunggu kiriman orang tua, siklus makannya masih sama kayak anak kost, dimana mie adalah jalan keluar paling oke di tanggal tua ~

Koass adalah masa-masa dimana hampir semua temen-temen seumuran udah punya waktu sendiri buat liburan, kerja atau ngelakuin apapun yang dimau, bebas. Sementara, kita masih aja ngabisin waktu dengan jaga IGD, nungguin pasien pengawasan, malah ngasibin waktu seharian di bangsal buat nunggu dokter konsulennye visite, liburan ? lupain aja deh daripada sakit hati ~

Koass adalah masa-masa dimana hampir semua temen-temen seumuran udah bisa cerita tentang istri, anak, bos, rekan kerja yang gak pernah ada abisnya karena pasti setiap hari berganti kisah. Sementara kita cuma terjebak antara obrolan "udah sarapan belom, mau makan apa ntar siang, nanti malem yang jaga siapa?" ~

Koass adalah masa-masa dimana kasur jadi benda yang paling setia dan tempat tercurahkannya segala kegundahan hati. Yang habis dimarahin konsulen. Yang habis dimarahin perawat dan bidan senior. Yang habis diomongin mas dan mbak internship atau PPDS. Jalan keluarnya cuma satu, T I D U R. Pacaran sama kasur ~

Koass adalah masa-masa dimana akan ketauan mana yang suka cari nama, mana yang suka cari muka dan mana yang suka cari makanan doang. Mana yang bener-bener bisa dan mana yang bisanya bener-bener deh. Mana yang setia dan mana yang gak. Mana yang diseriusin dan mana yang cuma dimainin. Mana yang bener-bener bisa jadi temen dan mana yang cuma cukup di say "Hello.." ~

Koass adalah masa-masa penuh intrik, tikung menikung dan itu curam. Kapal bisa karam, kapten ! makanya gak heran banyak banget pasangan yang putus pas koass, ya karena ada orang ketiga, keempat, kelima atau malah karena bingung pilih yang mana dan pangen bebas. Ada juga yang kejebak cinta segi tiga, segi empat, selingkuh atau diselingkuhin atau malah saling selingkuh ~

Kalok belom salah, bukan Dek Koass namanya
Kalok belom dimarahin, bukan Dek Koass namanya
Kalok belom pernah patologis, bukan Dek Koass namanya
Kalok belom pernah dibilang "Koe ra lulus!!!" juga bukan Dek Koass namanya

Koass adalah masa-masa yang cuma lewat sekali, bisa jadi sesuatu aja atau sesuatu banget. How about you? ~

Selasa, 08 Oktober 2013

J O D O H

Ya Allah,
tentang jodoh, mati, dan segala urusan saya serahkan semuanya pada Mu
siapapun, kapanpun dan bagaimanapun, saya pasrahkan dan saya terima insyaAllah dengan ikhlas
karena saya yakin, semuanya terjadi dengan banyak pertimbangan yang mungkin tidak bisa saya ataupun manusia lain mengerti
karena yang saya pikir baik, belum tentu baik dihadapanMu
karena yang saya cinta, belum tentu yang Engkau cinta
karena yang orang lain percaya, belum tentu Engkau percaya
maka...saya pasrahakan segalanya, se ga la nya, tanpa terkecuali ...

Saya tidak mengharapkan orang yang sempurna,
saya tidak mengharapkan orang yang berkecukupan,
saya juga tidak mengharapkan orang yang IQ nya diatas rata-rata,

Yang saya inginkan,
orang yang bisa menyempurnakan keimanan dan keteguhan saya terhadapMu
orang yang bisa membimbing saya untuk semakin dekat padaMu
orang yang dapat saya percayakan untuk membawa saya ke surgaMu
orang yang dapat membawa amanah yang tidak sedikit sebagai kepala keluarga

Yang saya inginkan,
orang yang benar-benar menginginkan saya lebih dari yang saya tau untuk menyempurnakan hidupnya
orang yang benar-benar menginginkan senyum saya untuk meneguhkan jalannya
orang yang benar-benar menginginkan kata "iya" dari saya untuk dia bergerak maju dan mencapai keridhaan Mu
orang yang benar-benar menghargai saya sebagai istri yang akan mendampinginya disaat senang maupun sedih, saat susah maupun berkecukupan
orang yang benar-benar mengetahui bahwa apapun yang dia katakan adalah titah bagi saya, dan dia tidak akan menyia-nyiakan kepatuhan saya

Saya mengerti, apapun yang diberikan dan diputuskan mungkin bukan yang saya inginkan
mungkin juga tidak sesuai dengan harapan dan mimpi-mimpi saya
karena,
Allah lebih mengetahui apa yang benar-benar saya butuhkan
Jadi... meski tidak sesuai dengan keinginan dan harapan saya, saya akan tetap menerima dan menjalani takdirMu dengan sebaik-baiknya
Saya percaya,
Saya yakin,
PilihanMu jauh lebih baik dari yang saya harapkan

Amin :)

Senin, 07 Oktober 2013

Like a Cappuccino

Saya suka susu, pake banget
Gak peduli itu susu sapi, susu kambing atau susu kuda, mau yang penurut atau yang liar sekalipun
Susu tuh, enak banget, bisa bikin tenang, bisa bikin ngantuk dan bergizi tentunya hihi
Semua rasa susu bikin seger dan gak ngebosenin
Hampir tiap hari saya musti minum susu, mau di kost, di rumah, dimana-mana
Mau susu bubuk atau susu kemasan
Jadi kalo pas pulang ke rumah trus mau balik ke kostan pasti dibekelinnya susu berdus-dus
Ya buat persediaan aja, kata mama dia kayak punya anak bayi yang sukanya minum susu
Peduli ? gak
Soalnya emang suka, gak mau berhenti dan gak niat buat berhenti
Daripada suka mabok mening suka nyusu kan ? :D

Orang bilang, orang yang suka susu biasanya gak suka minuman yang agak pahit, kopi misalnya
Saya sih beda, suka-suka aja
Cuma gak kopi kentel yang hitam juga,
Saya suka kopi campur krim atau susu gitu, semacam cappuccino
Rasanya lembut, bikin mata melek dan enak diminum kapan pun

Cappuccino itu kayak kamu,
Ada bagian hitam dan bagian putih, semua nyatu dengan lembut makanya warnanya agak coklat
Ada bagian yang pahit dan bagian yang bikin manis
Bisa dibikin ice atau bisa juga diminum hangat
Gak enak kalo cuma didiemin, enaknya ya pas jadi langsung diminum
Lebih enak lagi diminumnya gak sekaligus, sedikit-sedikit tapi gak kelamaan juga karena nanti bisa dingin, gak ngerubah rasa sih cuma ngerubah kenikmatannya aja
Rasanya gak berubah walaupun ada makanan pelengkapnya, entah kue, entah buskuit atau roti
Tetep enak :)

Kamu itu,
Bisa bikin betek sebetek-beteknya, bisa juga bikin seneng seseneng-senengnya
Bisa bikin ketawa sengakak-ngakaknya, bisa juga bikin sedih sampe sesenggukan
Bisa ngangenin, bisa nyebelin
Bisa pendiem banget, bisa cerewet dan bikin jengkel
Bisa diajak main-main, trus susah diajak serius sih tapi yaa oke lah
Bisa diajak ketempat-tempat informal bisa juga ke tempat formal
Bisa bikin terharu, bisa bikin sebel
Dan semuanya jadi satu, nyampur, gak bisa dipisahin
Kalo mau terima kamu ya satu paket itu, gak bisa dipilih-pilih
Kalo lagi sama kamu gak enak kalo diem gitu, enaknya ya sambil ngapain ke, ngobrol ngalor ngidul
Sama kamu bisa ngomong apapun, dari yang serius banget sampe yang gak banget
Dari yang nyambung sampe yang gak nyambung
Dari yang ngomongin orang sampe ngomongin kejelekan diri sendiri
Gak takut kamu ilfeel, gak takut kamu betek, gak takut kamu marah
Sama kamu bisa ngobrol siang malem gak abis, bisa ngabisin waktu dari pagi sampe malem buta
Ngelakuin yang gak bisa dilakuin pas sama orang
Random gak jelas, tapi dapet semua yang dimau
Pengennya lama-lama tapi entah kenapa waktu kayaknya gak suka banget kita bareng jadi pasti berlalu dengen sangat cepet

Kamu itu Cappuccino :)


Minggu, 06 Oktober 2013

thankYOU !

thankYOU,
udah mau selalu ada ga peduli gimana keadaannya
udah mau ada pas lagi ngambek banget, yang sampe kekanak-kanakannya keluar
udah mau ada pas lagi susah banget, yang sampe gak ngerti lagi harus ngapain
udah mau ada pas lagi sedihnya gak ketolongan, sampe kayak anak bayi
udah mau ada pas lagi galau dan bimbang banget, sampe gak tau harus dengerin omongan siapa

thankYOU,
selalu ada buat menghibur
selalu ada buat ngisi kekosongan
selalu ada buat bantu dan nolong apapun masalahnya
selalu ada buat ngedengerin pas lagi cerewet-cerewetnya
selalu ada buat ngomong pas lagi bener-bener harus banyak ngedenger
selalu ada buat cerewet pas lagi salah dan butuh orang buat ngingetin
selalu ada buat ngasih apapun yang bisa dikasih sampe senyum lagi
selalu ada buat ngwujudin semua yang dimau, padahal mungkin gak kayak yang kamu mau

thankYOU,
buat kesabarannya yang gak ada bandingannya lagi so far,
buat kebaikanya yang gak ada tandingannya lagi so far,
buat ketulusannya yang gak bisa dibayar dengan apapun
buat kasih sayang yang gak pernah putus
buat nyebelinnya yang kadang lucu dan bikin sepi kalo pas lagi gak ada
buat ngeselinnya yang gak ada duanya juga tapi ngangenin
buat berantemnya
buat geregetnya
buat ngomongnya yang kadang gak jelas ngalor ngidul bikin jengkel
buat cerewetnya yang kadang gak penting
thankYOU,
buat semuanya ...

thankYOU,
dari kamu saya belajar banyak tentang caranya setia
dari kamu saya banyak belajar tentang caranya ngebedain sikap
dari kamu saya belajar banyak tentang menerima apa adanya
dari kamu saya belajar banyak tentang cinta yang sebenernya bukan kayak di sinetron
dari kamu saya belajar banyak tentang arti peduli dan pengorbanan
dari kamu saya belajar banyak tentang sedihnya perpisahan walaupun cuma sebentar
dari kamu saya belajar banyak tentang pentingnya tiap detik yang ada
dari kamu saya belajar banyak, banyak banget ...

Bahwa yang penting bukan bagaimana diperlakukan tapi bagaimana meperlakukan dengan sebaik-baiknya
Bahwa semua yang gak jelas itu gak penting, dibandingin orang yang bener-bener ada meski kadang gak sesuai dengan yang kamu mau
Bahwa menerima apapun yang ada dan menjaganya jauh lebih baik, dibandingin ngarepin yang sempurna tapi gak bisa saling menyempurnakan
Keadaan yang sekarang mungkin gak akan pernah kamu dapet andai aja gak ada dia, orang yang buat kamu banyak kekurangan
Karena dari kekurangan-kekurangan itu kalian bisa saling mengisi dan melengkapi
thankYOU,

Sabtu, 28 September 2013

Hectic Stase !

Saya pikir ya yang paling hectic itu stase Bedah kemaren, ya kalo pas lagi jaga IGD sih. Gimana gak, tiba-tiba lagi anteng gitu mobil-mobil dateng, ternyata ada kecelakaan dan korbannya banyak banget. Ada yang patah ini itu, harus dijahit disana disini dan lain-lain.

Tapi ternyata gak, yang paling Hectic itu ya stase Obsgyn ini. Pasien dateng ada yang udah keliatan kepala bayi nya, ada yang lagi terika-teriak gak jelas, ada yang tenang trus tiba-tiba mbrojol, ada yang dikira mau mbrojol ternyata lama. Yah macem-macem lah dan semuanya bikin kaget.

Jadwal jaganya juga gak main-main. Baru kali ini ya saya jaga 2-3 hari full gak pake jeda. Pulang cuma numpang mandi, berangkat. Kalo besok-besok malah niatnya mau mandi di rumah sakit aja biar gak keburu-buru atau malah gak mandi aja. Trus boleh juga bawa beberapa baju ke RS supaya makin gampang, gak lupa bawa bantal, selimut dan pindah kost sekalian. Hahahaha.

Terus tau gak, pertama kali nolong partus atau ngelahirin, saya sampek gagal fokus. Yang saya liatin bukan bayinya yang baru aja loncat dari dalem perut ibunya, tapi ekspresi suaminya yang keliatan banget antara seneng, lega, puas dan bersyukur yang tiba-tiba nyium kepala istrinya. Standar sih. Tapi itu so sweet banget (buet gueee sih :p) daaaan tau dong segala pake nangis sayanya ngeliat kayak gitu doang. Duuuh maluuu bangeeeet ketauan ibu-ibu bidannya. Semenjak itu saya diledekin terus abis-abisan. Saya dibilang kebanyakan nonton film korea yang dikit-dikit so sweet -.-

Udah deh, intinya kesimpulan dalam 2 minggu pertama ini, sayaaa bener-bener ngantuuk, capeeek, lemees, dan berasa badannya itu melayang-layang di udara. Selama jaga tidurnya bisa diitung cuma 2 jam, paling maksimal 3 atau 4 jam lah, abis gitu masih langsung visite, poli, operasi belom kalo ada melahirkan lagii. Hooooaaahm. Bloooodyyyy sleeepyyy :o

Senin, 23 September 2013

Harusnya Sih ya ...

Paling gak suka deh sama kalimat "Harusnya sih ya "
Karena kalo ada harusnya, pasti ada cobaa kalo ....
Itu berati yang udah kita lakuin atau kita omongin salah
Karena bikin nyesel, dan udah terjadi...gak bisa diubah
Terus buat apa dong kalimat harusnya sih ?

Soalnya ya, orang yang bikin salah atau ngomong salah bukan berarti dia gak tau harusnya gimana
Bisa jadi tau tapi gamau dilakuin dan diomongin
Bisa jadi tau tapi gabisa diomongin dan dilakuin
Bisa jadi tau tapi keadaan gak mendukung
Bisa jadi ...

Kayak tentang urusan pasangan diumur diatas kepala 2 gini nih ...
Ya, harusnya sih di usia segini gak perlu lagi kayaknya berantem-berantem gak jelas cuma karena masalah kecil, masalah yang gak prinsip dan gak ngerubah apapun
Masalah yang bisa dilupain sebenernya tapi karena ego sendir jadi berasa gede banget
Ya, harusnya sih di usia segini gak perlu lagi ada masalah tentang bingung milih, bingung melangkah, dan semuanya yang serba bingung ...
Harusnya sih, kita udah tau mau sama siapa, dan mau gimana kedepannya
Harusnya sih, kita udah bisa mutusin mau ngejalanin apa dulu dan abis itu mau ngapain
Harusnya sih, kita udah bisa bedain mata temen mana bukan
Harusnya sih, kita udah bisa memilah sikap dan bedain mana pake perasaan mana enggak
Harusnya sih, kita udah punya pegangan dan gak usah belak belok lagi
Harusnya sih, begitu ...

Tapi namanya hidup gak ada yang sempurna kan ?
Gak ada yang mulus 100%
Gak ada yang ideal
Makanya kata harusnya sih  bakalan tetep ada 
....

Usaha tetep, buka mata juga harus :)

Jumat, 20 September 2013

Jalan-Jalan Men !

Pada tau gak youtube nya jebraw sama Naya yang judulnya Jalan-Jalan Men ! Mereka bedua tuh couple romantis abis men, yang ngejelajah Indonesia yaa gak semua sih cuma kota-kota yang punya harta karun terpendam gitu. Eh gak couple juga ding, cuma pasangan ngarep.

Saya udah tau Jalan-Jalan Men sejak kurang lebih setaun yang lalu, rada random sih apalagi kalo Jebraw udah lagi keatwa-ketawa gak jelas gitu.
Tapi gatau kenapa, seru aja. Yang paling jitu tuh sebenernya si kameramennya, gilaaak shot nya tepat banget. Tepat di tempat yang epic abis. Pokonya pecah to pecah to pecah !!!

Daaan videonya Jebraw dkk udah menginspirasi banget, gimana kalo pas liburan nunggu hasil UKDI kita jalan-jalan. Ya karena berdomisili di Purbalingga yang ngapakers, judulnya boleh banget kali ya diganti jadi Inyong Jalan Meeen!! *krik*

Eh bentar, tapi emang bener bakalan ada liburan ? Emang iya bakalan punya waktu kosong banyak gitu ? hmmmfttttttt hopeless. 
Perlu banget nih ganti dunia atau minta ke doraemon buat bikin remote waktu yang besa ngepause, jadiiii kita bisa Jalan-Jalan Men !

Serru banget pasti bisa touring ke tempat-tempat yang baru gitu. Yang belom pernah dijamah orang. Yang masih perawan dan masih bujangaaaan. Trus bisa ngelakuin hal-hal yang seru gitu, trus bisa makan macem-macem, nyobain kulineran, dan gak perlu takut gendut. 

Gatau deh ya ini mimpi bisa kewujud atau gak, tapi sumpaaaaah kalo sampe jadi kenyataan. THANKS GOD BANGEEEEEET.

Minggu, 15 September 2013

New World (again)

Yap tuntas deh stase Bedah yang penuh hmffft ...
Gak akan ada lagi bersihin luka-luka, ulkus-ulkus atau jaitan yang gagal dan busuk
Gak akan ada lagi yang nyuruh nyanyi di ruang operasi sambil njahit
Gak akan ada lagi panggilang aneh-aneh yang tiap minggu berubah
Gak akan ada lagi visite pasien sampek jam 3 sore bahkan jam setengah 5 sore, saat koas yang lain udah pacaran sama kasur, koass bedah masih keliling RS men !
Ya saya harap, gak akan ada lagi ...
Menyenangkan sih, banyak tindakan tapi too slow, dan saya terbuai ~
Dokternya yang luar biasa,
Pasiennya yang banyak,
TERNYATA GAK BISA SAYA MANFAATIN DENGAN BAIK
Yang kesisa sekarang cuma nyesel
Nyesel pake banget -.-
Tapi yaaa gak guna juga sih nyesel, hahaha udah lewat kan ya

Cuma berharap ...
Semoga walopun dalam buaian, masih ada lah beberapa ilmu yang nempel, gak mental lagi begitu masuk ...
Semoga walopun too slow tapi tetep nyantol di hati, di kepala dan gak menguap ...

Besok, Welcome to the new world !!
Dunianya ibu-ibu hamil, melahirkan, gangguan di kandungan dan lain-lain
Dunia yang kata anak-anak koass lain paling banyak tindakan
Dunia yang nuntut buat melek semalem suntuk kalo pas ada pengawasan atau nunggu ibu yang mau melahirkan
Dunia yang sumfaah ana belom siap buat hadepin

Tapi, mau gimanapun saya harus berkaca dari stase bedah kemaren yang hmmfftttt...
All I can say is just POOR me  :(
Kali ini saya gak boleh terbuai, bagaimanapun keadaannya.. karena seriously, saya ngerasa rugi banget
Hey me, pleaseeeee SADAR !
Tiap stase cuma bisa dirasain sekali, dan gak bisa diulang
Tiap kesempatan cuma dateng sekali
Tiap moment gak ada replay-nya
Kalo sampe terbuai (lagi), buang-buang waktu, buang-buang kesempatan itu sama aja jatoh di lobang yang sama untuk kedua kalinya ...

So, 
Saya harus bisa nikmatin, senikmat-nikmatnyaa
Anggap aja 6 bulan terakhir yang kesisa buat koass (3 bulan obsgyn, 3 bulan anak) ini jadi gold time buat dapet ilmu sebanyak-banyaknya sebelum memasuki dunia antah berantah yang udah menanti didepan...
Saya harus bisa siap, sesiap-siapnya, gak peduli mau atau gak
Anggap aja 3 bulan buat stase Obsgyn ini kesempatan terakhir yang kalo gak diambil bakal nyesel seumur hidup ...
Rio bilang, saya harus bener-bener nikmatin Obsgyn karena entah kenapa dia satu-satunya orang yang percaya kalo saya bisa klop sama stase ini
Dan, walopun baru dapet 1 dukungan... Ini bisa jadi moodboster buat saya
Thankyou :)

Hello Obsgyn, I'll catch you :3



Sabtu, 14 September 2013

Jahat !

Banyak banget yang bilang saya ini jahat, yaa terutama orang-orang yang gak pernah tau cerita tentang saya secara lengkap (buat apa, gak penting juga :p) ...
Orang-orang yang cuma liat dari kejauhan dan tau cerita sepotong-sepotong ...
Orang-orang yang gak pernah tau dalemnya gimana ...
Orang-orang yang cuma denger dari bisikan-bisikan gaib
yang gak jelas asalnya
bisa dilebihin atau dikurangin

So, thats why SAYA SIH CUEK :)

Buat apa dipikirin kalo emang gak bener
Buat apa diambil pusing kalo emang gak gitu yang sebenernya
Buat apa diambil hati kalo cuma bikin nyesek
Ya, apapun yang dibilang orang
I'm still on my way  :)

Saya dibilang jahat karena dibilang gak punya perasaan
karena tega-an
karena gak punya hati
karena mainin perasaan orang
karena gak menghargai usaha orang
karena bikin orang sedih
karena semaunya sendiri
karena semena-mena
daaaaaaan bla bla bla ....

Dulu, saya pernah pake hati sehati-hatinya, sedalem-dalemnya, sepolos-polosnya, semurni-murninya, daaaan apa?
SAKIT...
Dulu, saya pernah bener-bener totalitas, bener-bener menghargai, bener-bener mikirin, bener-bener nyenengin, bener-bener sungguh-sungguh, daaan apa?
KECEWA...
Dulu, saya pernah berusaha keras bertahan, berusaha banget supaya gak ngelakuin kesalahan, berusaha banget supaya selalu bikin seneng, daaaan apa?
NOL...

Sampe pada akhirnya saya sadar, bahwa semua yang berlebihan gak baik
Sampe pada akhirnya saya ngerti, gak semua orang pake perasaan
dan gak semua orang bener-bener pake hati
Sayang banget itu gak baik
Cinta banget itu juga gak baik
Baik banget kadang juga gak baik
Jahat banget juga yaa gak baik sih :p

Semua yang udah saya lewatin,
Semua yang udah saya jalanin,
Semua yang udah saya liat,
Semua yang udah saya tau,
ikut ngebentuk diri saya yang sekarang
Saya gak mau bergantung pada orang yang salah untuk kedua kalinya
Saya gak mau perasaan saya sia-sia
Saya gak mau ngerasain, sakit dan kecewa kayak yang dulu udah pernah saya rasa
Saya gak mau jatuh di orang yang salah

Saya yang sekarang harus bisa lebih kuat lagi,
Gak mau terlalu pake hati
Gak mau terlalu pake perasaan
Ya walopun kadang kecolongan sih, tapi bisa sangat minimal
Beda banget sama dulu yang bisa dibilang DUNGU
sekarang,
Everything has changed !

Saya tau, semua ini akan berakhir juga pada waktunya
Sampe pada akhirnya sampai di satu titik, dimana saya bener-bener tau perasaan saya gak akan sia-sia dan sampai pada orang yang tepat
Orang yang mentalnya kuat,
Yang bisa ngelindungin saya
Yang bisa bela saya sekedar didepan temen-temennya
Yang gak jatuhin saya dari belakang
Yang gak buka aib yang udah saya percayakan 
Yang bener-bener bisa saya pegang semua yang dia bilang
Disitu, semua bisa kembali berubah

Janji :)

Minggu, 01 September 2013

Gak Takut Sih :D

Dulu aja pikirannya kalo nikah itu so sweet banget, apalagi lamarannya, prosesnya, dan semuanya. Eh giliran ada yang mau serius, takut :p

Sebenernya gak takut juga sih namanya, lebih tepatnya mungkin belom siap (alesan). Ya gimana enggak, buat mikirin koass aja masih susah, belom kalo pas ujian, apalagi ngebayangin besok setelah sumpah, mau gimana hidupnya, mau praktek dimana belom kebayang banget kalo udh harus berkeluarga. Belom siap buat hidup serius seserius orang nikah yang udah punya tanggung jawab lain, sebagai istri. Harus ngurus suami, harus mikirin keluarga, dan lain-lain. As I talked before, nikah tuh bukan asal nikah, nikah gak gampang. Banyak hal yang harus dipikirin dan disiapin, ya mental, hati, ya kemapanan, semuanya.

Kalao diliat dari umur, 23. Hmm ada yang bilang tua ada juga yang bilang masih muda banget.
Tapi emang buat saya kayaknya too young to serious, too old to play juga (labil :p)

Yang jelas, saya serius tapi gak buru-buru mau nikah juga. Let everything go with the flow. Kesiapan emang gak dateng gitu aja harus dibentuk dan dicari, and I already do that. Saya selalu banyak nanya dan rewel sama temen-temen yang udah duluan melangkah jauh sama pasangan juga sama mbak-mbak perawat yang udah berkeluarga bahkan mbak perawat yang umurnya udah sangat cukup tapi belom juga berkeluarga. And, dari mereka semua, saya banyak banyak banyak banget belajar.

Tentang bagaimana kesiapan itu, kayak gimana milih pasangan, pertimbangan untuk nikah apa aja, gimana sama keluarga dan macem-macem. Now, I've known better than before. Semakin banyak tau, banyak efek juga buat saya pribadi. Saya jadi semakin tau kemana harus melangkah, saya jadi semakin ngerti apa sebenernya yang dibutuhin bukan cuma sekedar yang saya mau, bahwa keyakinan kadang gak selalu kita dapet di awal ketemu orang, Allah selalu punya cara dan alasan tersendiri :)

Dan, yaa nimatin aja prosesnya. Sama kayak proses perubahan manusia dari anak-anak, remaja, alay lalu dewasa. Begitu juga perkembangan pemikiran manusia. Mulai dari main-main, labil, sok-sok dewasa, dan baru dewasa yang sesungguhnya. I really enjoy every second which I have, it's great :)

Terima Kasih Allah udah ngasih banyak pelajaran lewat apa yang saya denger, apa yang saya lihat, juga apa yang saya alamin sendiri
dari mulai sering banget salah, salah banget, nyesel, sampe yang gak ada penyesalan apapun...
Lewat orang-orang di sekitar saya yang juga punya andil dalam proses berpikir saya
:)

Jumat, 30 Agustus 2013

Gitu sih, tapi gak gitu-gitu amat :p

Beberapa hari belakangan, saya dan kelompok saya lagi sibuk-sibuknya nyomblangin salah stau temen kami yang juga sama-sama koass di Purbalingga, agung namanya... Agung ini mau kita jodohin sama, sebut saja dia Cumi (mawar udah banyak). 

Cumi baru aja putus dari pacarnya yang juga anak koass, tapi di tempat lain dan itu jauh dari Purbalingga. Mungkin karena hubungan jarak jauh kali ya, si Cumi gak ngerasa diperhatiin dan gak ngerasa dipentingin, sampe 6 bulan malahan mereka gak ketemuan, jadi yaaa menurut saya sih putus adalah jalan yang paling bijaksana, mening gak punya pacar tapi bisa bebas daripada pertahanin hubungan yang gak jelas dan terkekan.

Proses perjodohan yang kita lakuin gak mulus sama sekali. Banyak banget halanganannya. Kalo yang saya amatin sih salah satu penghalangnya justru temen-temen yang pengen bantu tapi terlalu berlebihan jadi malah menghambat dan bikin ilfeel. Keduanya yaa, dari sisi Agungnya sendiri yang terlalu selow, gak punya keberanian, daan cuma bisa malu-malu kucing. Sampe dibilang dia gak punya Tit*t cobaa !! hahahha 
 
Sering banget kita ngadain rapat terbuka buat ngebahas hal ini dan selalu kesimpulannya adalah, dia gak punya Tit*t, karena cuma ngedeketin cewe aja gak bisa.

Tapi... untuk ini, saya sih punya pandangan sendiri...
Bahwa tiap laki-laki punya cara yang berbeda untuk ngedeketin atau sayang sama ceweknya. Tiap laki-laki punya gayanya sendiri yang gak bisa disamain satu sama lain dan gak bisa disalah-salahin juga karena gak ada cara yang paling bener juga gak ada cara yang paling salah. Semua baik sesuai porsinya. Ada laki-laki yang slow but sure, tapi selalu bisa ada saat di butuhin dan ini menurut saya yang paling oke banget, pedekatenya mengalir sampe si cewek gak sadar kalo ternyata seluruh hari-harinya selalu ada laki-laki itu. Ada juga laki-laki yang terlalu ngasih perhatian dan ujung-ujungnya malah bikit takut karena si cewek ngerasa dikejar-kejar trantib. Malah ada juga laki-laki yang cuek bebek entah karena dia emang cuek, atau ngerasa punya kesempatan sangat besar jadi gak perlu ngeluarin daya yang besar karena udah pasti dapet, atau malah kebalikannya dia sadar kesempatannya kecil banget jadi yaudah lah seadanya aja :p

Yang jelas, apapun cara pendekatannya, apa paun cara sayangnya yang penting buat cewe cuma rasa nyaman si sebenernya. CUKUP NYAMAN. Simple :)

Emang sih banyak banget yang bisa bikin cewek ngerasa nyaman ya perhatian, pengertian, greget, dan macem-macem. Catetannya cuma gak terlalu berlebihan aja, seseuai waktu dan porsinya.
Buat apa ngasih banyak barang, anter jemput tiap hari tapi bikin ilfeel dan gak bikin nyaman
Buat apa deket, ngasih perhatian terus, tapi terlalu over dan akhirnya gak bikin nyaman
Buat apa terlalu ngejar-ngejar, selain capek juga selalu bikin gak nyaman
Telalu cuek dan malah bikin jauh juga gak bikin nyaman
Terlalu sendiri-sendiri dan bener-bener gak dipeduliin apalagi
Yaa segala yang berlebihan emang gak baik :)

Cewek emang gitu sih rada kompleks, tapi gak gitu-gitu amat ko.
Tetep aja ada celahnya, daaaaan cuma laki-laki yang punya Tit*t yang bisa tau :)

Selasa, 13 Agustus 2013

Hubungan Patologis, Jika ...

Patologis dalam bahasa kedokteran itu punya arti gak seharusnya atau gak sehat atau sakit...

Sebuah hubungan dibilang patologis, jika ...

Satu, udah bikin salah satu antara pasangan itu jadi anti sosial

Dua, udah bikin salah satu antara pasangan itu jadi berubah ke arah yang gak "beres" ya minimal menurut orang-orang sekitarnya

Tiga, udah bikin salah satu antara pasangan itu ngerasa tertekan dengan hubungan tersebut

Empat, udah bikin salah satu antara pasangan itu jauh sama dunianya yang dulu apalagi sampe jauh dari keluarga

Lima, udah bikin salah satu antara pasangan itu jadi ngerasa terbebani atau ngerasa ada keterpaksaan dalam hubungan tersebut

Ini bener-bener terjadi ya sama salah satu temen saya, yang tadinya orangnya nyenengin, easy going, suka cerita, seru lah. Sekarang doi berubah jadi tukang telfon yang tiap jam tiap kosong pasti telfonan, asik sendiri sama hapenya yang dia bilang dunianya, gak pernah ikut kalo yang lain-lain pergi atau kemana, gak pernah gabung seasik yang dulu, gak pernah cerita lagi bahkan tentang hal yang dianggap penting buat diceritain trus akhirnya ketangkep basah sering nangis sendiri, tau-tau matanya bengkak -____-
So, bisa saya simpulin hubungan temen saya sama pacaranya itu udah patologis :s

 Ya bukan maksud mau nyampurin urusan orang, ngomentarin hidup orang atau apa sih ya.
Tapi saya heran sama orang-orang yang bisa-bisanya nyaman dan bertahan dengan sesuatu yang patologis
Oke lah, emang sih cinta
Tapi gak gitu-gitu amat kali ya

Cinta gak akan bikin orang dibenci, gak akan bikin orang anti sosial atau berubah jadi gak beres
Cinta yang bener harusnya bikin orang yang punya cinta itu jadi lebih menyenangkan karena cinta itu bikin bahagia, dan gak bikin susah
Cinta yang bener gak selalu bikin hip hip hura kegirangan juga karena namanya orang tetep aja ada kurangnya, tapi minimal gak tertekan juga kan hidupnya

Dia yang cinta kamu gak akan tega biarin kamu nangis atau terbebani
Dia yang cinta kamu gak akan ngebatesin kamu buat sekedar bahagia sama temen-temenmu
Dia yang cinta kamu gak akan terga liat kamu jadi gak punya temen, anti sosial, menyendiri dan ujung-ujungnya jadi aneh atau ketergantungan sama pacarmu sendiri
Dia yang cinta kamu gak akan biarin kamu putus dengan dunia dimana kamu berada sebelumnya
Dia yang cinta kamu gak akan banyak intervensi hidup kamu, karena itu bagian dari diri kamu
Setelah dia mutusin sama kamu, ya dia harus siap juga dengan lingkunganmu, temen-temenmu, terutama keluargamu
Dia yang cinta kamu gak akan bikin kamu susah, bete tiap hari, kesel dan lain-lain yang gak enak
Dia yang cinta kamu pasti akan bahagia liat kamu bahagia
Dia yang cinta kamu pasti akan seneng liat kamu ceria

Yaaa, menurut saya sih :D

Jumat, 09 Agustus 2013

Semua Orang Berkembang, Kecuali Gue

Satu kakaknya papa punya anak 3, dan tiga-tiganya sekarang udah berkeluarga semua
Tiga-tiganya juga udah punya anak, ada yang masih kecil ada juga yang udah gede
Jadi, kakanya papa udah jadi nenek untuk cucu-cucunya :)

Satu anak dari Kakaknya mama udah punya 3 anak yang kecil-kecil,
Sekarang adek dari anaknya kakaknya mama udah lagi cari istri, dan udah dapet, tinggal dinikahin
Jadi bentar lagi, adek dari anaknya kakaknya mama udah punya tante buat 3 anaknya anak dari kakanya mama :)

Satu anak dari keponakannya Papa sekarang udah gede, udah kerja dan udah minta nikah
Kemaren pas lebaran dibawa dan dikenalin ke semua keluarga
Jadi keponakannya Papa mungkin beberapa tahun lagi juga akan jadi nenek untuk cucu-cucunya yang sekarang masih dalam wujud proposal :)

Banyak dari temen-temen TK, SD, SMP, SMA udah pada nikah bahkan beberapa udah punya anak
Sekarang mantan temen TK yang rumahnya dibelakang rumah juga udah lagi ngadain resepsi pernikahan :)

Semua orang berkembang,
Keluarga saya udah tambah banyak,
Banyak yang udah gak saya kenal,
Banyak yang cuma kenal muka tapi dia juga gak sadar kalo saya itu saudaranya sendiri,

Semua orang, kecuali saya sudah menggenapkan fungsi kemanusiaannya dengan menikah dan berkembang biak memperbanyak keturunan
Keluarga semakin banyak
Banyak dan banyak lagi
Makin gak kenal dan gak kenal lagi
Dari waktu ke waktu
Sementara saya masih aja sekolah
hahaha

Dan kayaknya bener banget ide papa,
Suatu saat harus ada yang bikin acara gede-gedean buat ketemuin semua saudara dari yang saya kenal sampe yang saya gak kenal
Supaya kita bener-bener ngumpul di satu tempat, butuh nyewa lapangan bola mungkin, untuk sama-sama sadar ternyata kita ini saudara :D

Oke, tunggu saya beberapa tahun lagi ya saudara :p


Get Ready or Maybe No -.-

Nikah itu gak sembarangan banget ya ternyata, gak sebates habis ijab kabul terus everything has cleared atau habis pesta-pesta trus selesai...
Habis itu masih ada kehidupan, berdua sih tapi gak bener-bener berdua
Ada keluarga suami, ada keluarga istri
Ada urusan yang bener-bener bedua, ada juga urusan keluarga besar...
BESAR banget -.-

Nikah itu gak sembarangan, yang cuma tinggal lempar perabot rumah tangga
Gak sekedar ngasih-ngasih hantaran
Gak cukup sampe ngasih mas kawin terus semuanya beres
Habis itu ?
Masih ada kehidupan lain, yang jauh banget beda sama pas jadi mahasiswa
atau koass sekalipun
yang semua-semuanya tinggal minta ke orang tua
kadang pulsa aja masih sering ngerengek ke orang tua
Masak udah nikah masih gitu juga, gak banget kan ya ...

Nikah itu gak cuma mikirin nanti sore makan apa atau enaknya ngapain
Besok gimana, besoknya lagi, besoknya lagi...
Belom lagi kalo udah punya anak
Semua harus diprepare dan dipikirin secara matang
Yaa belajar banget lah dari pengalaman banyak orang yang kurang persiapan
semuanya kacau -.-
Gak mungkin dong masih mau ngulang kesalahan orang

Rasanya, saya emang belom get ready lah buat berkeluarga
Buat mikirin hal lain selain masa depan diri sendiri dulu, dan keluarga saya sekarang
Berhubung saya masih punya tanggungan adek-adek yang masih belom jelas mau jadi apa kedepannya
Kayaknya ko egois banget kalo saya masih aja mikirin kebahagiaan diri sendiri, kuliah, lulus, nikah -.-

Banyak target yang masih belom tercapai, banyak hal yang masih belom kewujud dan itu jadi PR besar buat saya
Saya gak mau mikirin diri sendiri dulu sebelom semuanya jelas prognosisnya gimana
Emang sih, namanya cewe pasti takut banget kan sama umur
Tapi bukan berarti saya gak punya end point
Yaa, finalnya insyaallah usia 25 lah ya

Semoga semua berjalan sesuai rencana
Toh jodoh juga udah ditentuin
Tinggal kapan dan bagaimananya aja yang belom tau
:)

Happy Eid Mubarak !

Allahuakbar, Allahuakbar, Allahuakbar ...
La ilaa hailallahuallahu Akbar
Allahuakbar Walillahilham ...

Alhamdulilah ya Allah bisa merasakan Aidl Fitr ini lagi, dengan keadaan berbeda dan rasa syukur yang teramat sangat...

Setelah lama di Rumah Sakit, saya mengerti betapa pentingnya sebuah kesempatan
Kesempatan untuk bisa pulang
Kesempatan untuk bisa berkumpul dengan keluarga dalam keadaan sehat
Kesempatan untuk makan enak tanpa takut mikirin penyakit ini itu
Kesempatan untuk bisa silaturahmi
Kesempatan yang banyak orang gak bisa dapetin karena masih harus menjalani pengobatan

Setelah melihat bagaimana proses orang menjadi sembuh atau bahkan menemui kematian, saya belajar banyak tentang artinya keikhlasan
Ikhlas untuk menerima kehilangan
Ikhlas untuk menerima kekurangan
Ikhlas untuk menjalani musibah
Ikhlas untuk berada dalam kesusahan
Ikhlas untuk selalu bersabar

dan dalam keadaan saya yang sekarang, saya harus juga ikhlas menerima semua susah senang sedih... karena ada banyak orang yang harus menelan keihklasan yang lebih :)

Alhamdulillahirabbil alamin ...
Terima kasih Allah atas segala nikmat yang tiada henti
Keluarga yang kecil dan menenangkan
Keluarga yang tidak berlebih tetapi menyejukkan, saling mendukung dan tidak henti saling mendoakan satu sama lain ...
Terima kasih atas lebaran Mu ini,
yang meski tidak berlebih tetapi sungguh menyenangkan karena besarnya rasa syukur yang ada di dada :)

Semoga masih ada kesempatan untuk lebaran-lebaran selanjutnya dengan keadaan yang InsyaAllah lebih baik lagi, lebih syukur lagi dan lebih khidmat lagi
Amiiin :)

Senin, 15 Juli 2013

23

23. Alhamdulilah.

Hmmm apa ya, gatau mau ngomong apa karena gak ada apa-apa. Gak ada yang bisa diceritain. Ya biasa aja :)

Terima Kasih aja buat Allah yang udah Maha baik
buat segala nikmat yang sering lupa disyukurin sampe detik ini
Buat nafas, bangun pagi, kesempatan dan segalanya

Terima Kasih Allah 

Semoga kedepan bisa jauh lebih baik lagi dalam segala hal
Amin :)

Minggu, 14 Juli 2013

B E D A

B E D A itu ya kita,
saya dia, beda...

Saya paling gak suka ngerjain sesuatu yang gak jelas, gak jelas buat apa, gak jelas hasilnya, gak jelas gimana-gimananya, kalo dia gak semua dikerjain aja, walopun ujung-ujungnya ngeluh ...

Saya pasti jalanin semua kerjaan yang udah disanggupin, gak pake bilang-bilang atau ribut-ribut tau-tau jadi, karena ngerasa udah kewajiban, kalo dia hampir tiap hari ngomong dan hasil kerjaannya gak ada, serba lama ...

Saya gak suka banget kalo jalan gatau tujuan dan gak ada planning, kalo dia semua serba gak jelas, bisa ini bisa itu, bisa juga tiba-tiba kemana ...

 Saya suka semuanya pake planning, dari mulai tempat sampe jamnya walopun pada akhirnya bisa ada perubahan planning tapi semua harus tetep rapi, dia gak gitu, semua serba fleksibel dan akhirnya berantakan...

Saya orangnya lebih general, gak terlalu detail, gak mau ribet dan sukanya cak cek. Kalo dia, detail nya minta ampun, itu kenapa selalu lama dan gak bisa tepat waktu ...

Saya gak suka yang terlalu serius atau terlalu bercanda, ya tau waktu aja mana saat serius mana saat bercanda, mana hal yang harus diseriusin dan mana yang gak bisa dibecandain. Dia gak, semua hal sama kalo seruus ya serius terus, pas bercanda gak bisa serius. Terlalu nyantai dan kadang ngegampangin sesuatu yang pada akhirnya berantakan (lagi)...

Saya serba pemikir, semua dipikirin, semua dipertimbangin sebelum semua terlanjur berjalan, kalo dia gak, semua serba diomongin dan dipikirin sambil jalan...
 
K I T A
Sama-sama perfeksionis tapi pada hal yang berbeda
Sama-sama santai tapi pada hal yang berbeda
Sama-sama fleksibel juga pada hal yang berbeda
Sama-sama mikir pada saat dan keadaan yang berbeda

Tapi,
Saya gak sesabar dia
Saya gak sebaik dia
dan saya gak sekuat dia buat bertahan

Kata orang, perbedaan ada bukan untuk memisahkan tapi untuk menyatukan dan saling mengisi
Satunya rame satunya agak diem misalnya, beberapa orang melihat itu sebuah kecocokan
Kata orang, justru lebih seru kalo pasangan itu gak sama, karena nantinya bisa dinamis dan gak monoton
Dan banyak lagi kata orang yang lain, yang melihat perbedaan itu sebagai sesuatu yang positif
tapi kalo bedanya banyak, apa masih bisa positif ?

Kadang setelah saya pikir, saya sadar bahwa
Mungkin kalo kita sama-sama gak sabaran, gak akan selama ini
Mungkin kalo kita sama-sama gampang sebel, gak akan selama ini
Mungkin kalo kita sama-sama gamau bertahan, gak akan selama ini


Daaan akhirnya saya setuju, berbeda itu gak selalu negatif ko
Ada sisi positif yang kadang gak disadarin
:)



Jumat, 12 Juli 2013

Welcome, my Lovely Ramadhan

Ramadhan, alhamdulilah :)

Ramadhan udah berjalan sejak hari Selasa kemaren, tanggal 9 Juli 2013, dan sekarang udah menginjak hari ketiga. Seneng banget bisa puasa ramadhan lagi, seneng banget bisa ngerasain sahur, buka puasa, dan tarawih meski dengan keadaan yang berbeda.

Beruntung deh orang-orang yang bisa kumpul bareng keluarga, tinggal satu atap sm orang-orang yang disayang pas Ramadhan gini, karena pasti lebih ngerasain gimana meriahnya saat sahur, buka dan tarawih. Kalo di perantauan apalagi Koas, beeeh datar banget men. Gak meriah-meriah amat dan sama aja kayak hari-hari biasanya. Kalo pas lagi gak jaga IGD ya bisa buka bareng diluar, atau masak-masak bareng, sampe sahur bareng, walopun kadang gak tarawih bareng. Kalo pas lagi jaga IGD, yaudah terima nasib aja deh :)

Tapi, mau gimanapun keadaanya toh gak ngubah esensi dari Ramadhan itu sendiri. Kita tetep bisa menjalani ibadah dengan baik, selama bisa ngatur waktu. Target saya bulan ini gak macem-macem deh, mengingat jadwal jaga saya yang agak padat. Yang penting, saya udah bisa maksimalin detik demi detik yang ada, kiarena saya tau pasti, detik-detik ini akan sangat berharga pada waktunya nanti.

Selamat berpuasa ya bagi semua umat Islam yang menjalankan
Semoga di Ramadhan kali ini, ibadahanya bisa lancar dan bermanfaat
Semoga semua amalan diterima di sisi Allah SWT dan menjadikan kita orang yang jauh jauh jauh lebih baik lagi....
Amiiiin :)
Posted on by Astri Sulastri Prasasti | No comments

Move on ke Bedah itu ....

Agak sedih ninggalin stase Interna, sedih banget sih gak, agak aja ... 
Anak-anak bilang, stase Interna adalah stase terbaik buat saya sepanjang perjalanan koas yang udah lewat. Di stase Interna saya keliatan bener-bener nge-Soul, keliatan banget lah exited dan sukanya, katanya ...

Menurut saya sendiri, waktu stase Interna saya lebih karena tertantang. Tertantang ketemu kasus yang aneh-aneh, unik, banyak, dan bervariasi. Tertantang dapet dokter pembimbing yang JENIUS banget. Tertantang dapet bangsal kelas III yang punya daya tarik lebih. Tertantang dikelilingin perawat-perawat senior yang kritis dan banyak tanya. Saya jadi ngerasa punya keharusan buat nguasain semua yang saya liat. Daaan, alhamdulilah, hasilnya memuaskan :)

Sempet ada adegan nangis (ya walopun nangis buat saya hal yang biasa bangeet sih, karena saya agak cengeng dan melow) di akhir pamit-pamitan. Sampe ibu-ibu perawatnya ikutan seg-segan. hahahha. Apalagi waktu pamitan sama dokter pembimbing yang saya ngefans banget itu, rasanya.....sedih, gak mau ninggalin (karena banyak banget hal yang belom saya dapet dari beliau), bangga juga, dan campur aduk.

Sekarang, saya ada di stase bedah. Minggu-minggu awal bener-bener masih gambling. Saya ngerasa "BUKAN GUE BANGET". Bukan karena tindakannya, karena saya suka yang berbau-bau macho dan rambo. Bukan juga karena pasiennya gak seru karena namanya juga pasien ya pasti adalah aneh-anehnya, lucu-lucunya, nyebelonnya dan serunya. Atau bukan juga karena pembimbingnya, karena saya suka semua. Ada dr. Muhammad Leonardo Sp.Ot yang hobbynya ngebuli dan ngerjain saya, tapi kata mbak perawat dia sayang banget sm koas-koasnya, makanya kalo pas ngajarin nih bener-bener ngajarin dan lembut. Ada juga dr. Amry Trriyono Sp.B yang bener-bener kebapak-an, cool, bijaksana, berwibawa, pinter dan teteeep suka banget ngegodain saya, jadi gak mungkin dong saya gak suka. Dan yaaa walaupun saya tau, setiap orang punya passionnya sendiri pada stase tertentu dan mungkin akan gak menguasai pada stase tertentu pula tapi saya ngerasa harus bisa menikmati apapun yang saya jalanin, ya termasuk stase bedah ini.

Tiga bulan akan kerasa lama banget dong ya kalo saya terus-terusan ngerasa gak banget. Dan wasting time gak sih kalo selama 3 bulan cuma asal ikut tapi gak nikmatin. So,saya akan berusaha gimana caranya supaya bisa enjoy, dan dapet passion yg saya dapet di Interna. Saya masih yakin saya bisa, walopun sekarang udah jalan minggu ketiga dan belom dapet ;p

Salah satu dokter pembimbing saya di bedah, dr.Amry Triyono Sp.B bahkan bilang, saya bisa jadi dokter bedah. Bukan bedah besar atau bedah tulang pastinya karena postur dan kekuatan gak mendukung, minimal spesialis bedah anak lah. Dan, I dont know why, hal-hal kayak gini selalu membuat saya tertantang. How dare I am to answer that questions. Saya jadi makin berniat buat nguasain stase ini, yang tiap hari kegiatannya operasi, operasi dan operasi :D
Posted on by Astri Sulastri Prasasti | No comments

Minggu, 26 Mei 2013

Bersamalah,

Bersamalah dengan orang yang saat dengannya kamu tidak perlu takut terlihat jelek, karena kamu tau pasti, dia akan selalu menerima kamu seburuk apapun itu...
Bersamalah dengan orang yang selalu bisa membuatmu merasa berharga, karena dia selalu bisa memperlakukan kamu dengan sangat baik...
Bersamalah dengan orang yang tidak pernah malu bersamamu, meski saat itu kamu mungkin tidak sedang dalam keadaan yang baik

Bersamalah dengan orang yang selalu ingin mendampingi kamu, meski kamu sudah memintanya pergi, berkali-kali ...
Bersamalah dengan orang yang tetap ada untukmu, meski kamu pernah berniat untuk meninggalkannya ...
Bersamalah dengan orang yang selalu sabar menghadapi kelakukanmu yang bahkan bagi sebagian orang sangat menyebalkan ...

Bersamalah dengan orang yang sedikit menuntut,
banyak membimbing,
belajar bersama,
dan tidak menggurui ....

Bersamalah dengan orang yang siap menghadapi masa depan,
bukan yang terjebak dengan masa lalu
dan mengutuk

Bersamalah dengan orang yang sanggup menerima kamu, kemarin, sekarang dan nanti
bukan yang hanya mau baikmu
teapi juga mau kekuaranganmu

Bersamalah dengan orang yang tidak hanya ingin menikahimu,
tetapi hidup bersama mau sepanjang usianya
tidak terbatas didunia
juga akiratmu...

Bersamalah dengan orang yang mampu saling berbagi dalam kekuarangan
mengisi dalam kesepian
tertawa dalam kebahagiaan
bahkan menangis dalam kesedihan

saya, sudah...insyaallah :)

Minggu, 12 Mei 2013

The Man Who Really Loves You

The man who really loves you is the man who never leave you alone in every moment
Ya minimal, dia selalu memastikan kamu berada dalam kondisi aman
Bukannya yang sibuk dengan kegiatannya, lalu entah kamu ada dimana, bagaimana ...

The man who really loves you is the man who always beside you even high or down
Ya walopun gak bisa bantu, tapi dia selalu berusaha untuk gak membuatmu semakin jatuh
Dia selalu menemani kamu saat yang lain pergi
Dia selalu siap mendengarkan, meski juga banyak cerita
He knows when he has to talk to you

The man who really loves you is the man who can accept you in your worst
Tidak banyak menuntut, tetapi sabar menuntunmu menjadi manusia yang lebih baik
Menemani di setiap proses perubahanmu dari buruk menjadi lebih indah
Melindungimu dari semua keburukan yang semakin membuatmu semakin terseret arus
Tidak menyalahkan, tidak mencaci, tidak membuat putus asa bahkan menjudge
He will behind you all the time to push you up

The man who really loves you is the man who can treat you best
Dia tau bagaimana kamu ingin diperlakukan
Dia mengerti apa yang kamu suka dan tidak suka
Dia sadar dengan perannya sebagai pemimpin dalam sebuah hubungan, apapun jenis hubungannya...

The man who really loves you is the man who always make you feel that "you dont need anaything else, just be with him ...."
The man who really loves you is the man who always make you feel that "you are the happiest person, beside him ..."
The man who really loves you is the man who has known the worst of you but he still wanna you
The man who has known the real of you but he still in your hands
The man who has known your world, but he didn't change anything, he colouring and fulfilling it well ....

The man who has the eyes which can said "I love you so and I'm happy with you" in every time... 




Yah, Pada Akhirnya...

Yah, pada akhirnya waktu lah yang akan menjawab apa-apa yang tadinya semu menjadi lebih jelas....
Semua yang tadinya masih buram, akan menjadi lebih terang pada waktunya
Begitu juga dengan semua yang tidak pasti, akan menjadi sebuah kepastian cepat atau lambat
Time will show you everything

Yah, pada akhirnya semua kebimbangan juga akan menemukan titiknya
Titik dimana tidak lagi ada kata bimbang
Titik dimana yang ada hanya keyakinan dan keteguhan
Tidak bisa dipaksakan, perlahan... dan pasti ...

Pada akhirnya, semua keraguan juga akan terbuka
Yang benar akan tetap menjadi kebenaran, begitu juga sebaliknya
Kebaikan dan ketulusan akan terlihat
Entah dalam proses yang bagaimana, tidak terpikirkan namun bisa dirasakan :)

Yes, You !
Sampai pada hari ini, cuma kamu yang masih terus bertahan
Sampai pada detik ini, cuma caramu yang selalu membuat saya beringasan
Kadang senang tidak terbendung, sedih tidak tertahankan
Sampai pada masa ini, cuma kamu yang tau bagaimana cara memperlakukan saya dengan sangat amat baik

Bismilah,
Semoga waktu akan semakin dan semakin menguatkan posisimu
Yah, pada akhirnya...
Entah kapan, jika memang kamu, akan tiba masanya

-thankYOU for everything -

Posted on by Astri Sulastri Prasasti | No comments

I Love Interna :3

Gatau mulai dari kapan saya punya ketertarikan yang sangat ini buat stase Interna. Selain dapet bangsal yang enak, perawat yang baik-baik, pasiennya beragam dan nyenengin, dokternya juga bikin saya bilang WOW tiap hari :)

Ya, Interna itu salah satu stase besar yang kata anak-anak lain paling enak dibandingin stase besar yang lain. Dan sekarang saya udah ngerasain dimana letak "enak'nya itu. 

Bangsal yang saya jaga adalah satu bangsal kelas III, Lavender namanya. Bangsal lavender terdiri dari 5 kamar besar. Satu kamar isinya sekitar 6-8 pasien. Jadi tiap follow up ya minimal meriksa sekitar 30 pasien dalam 1 jam. Belom nulis status. Belom kalo pasiennya baru, jadi harus meriksa lengkap, nulis statusnya juga lengkap. Agak gemfoor brooh. Ya namanya juga kelas III, pasiennya juga pasien-pasien kelas III. Tantangannya adalah kalo pas ngasih penjelasan tentang penyakit. Selain harus dengan kalimat yang sangat amat sederhana, juga pake bahasa jawa yg agak sedikit kental. Dan you knoe what, itu agak syusaaaaaah. Gak jarang, keluarga pasien gak ngerti sm penjelasan kita karena saking sederhananya keadaan yang udah gawat banget berasa ringan. Kadang malah kebalikanya. Ujunya bolak-balik harus kasih edukasi. But, saya masih sangat amat menikmati interaksi saya bersama pasien-pasien kelas III ini. Apalagi kalo mbah-mbah yang udah sepuh. Aaaaaah, lucu, nyenengin, bikin sayang, bikin inget sama Aki saya sendiri :")

Perawat-perawat di bangsal Lavender ini bikin saya tambah betah aja. Mereka baik-baik, ramah, dan bener-bener mengharagai koas disana. Ada Mbak Giatri yang hiperaktif, rame dan calon besan saya. Mbak Gi punya kura-kura perempuan, yang tadinya mau dinikahin sama kura-kura saya, Bruno. Tapi ternyata cinta mereka agak terlarang, karena beda sub species, jadi gak bisa bikin anak :( Dan saya gagal jadi besan Mbak Giarti. hmmm ..

Ada juga Mas Eko yang aseliiii yaa ni orang, otaknya harus dikuras pake Wipol. Kotor dan karetan abiis. Hahaha. Adaaaa aja yang bikin ngakak ketawa. Tapi yang saya salut, walopun kalimat yang keluar dari mulutnya kadang gak tertata, dia nih Family Man banget. Dia gak malu tuh bantu-bantu istrinya cuci baju atau gantiin popok anak. Dia juga sayang dan setia banget sama istrinya. Istrinya yang sekarang adalah pacara pertama dan terakhirnya mas Eko, mereka udah pacaran sejak 10 tahun yang lalu sebelum akhirnya menikaah. Woooooww kaan. Sekarang mas Eko jadi besan saya, karena akhirnya Bruno cocok sama kura-kura perempuannya mas Eko, nih mereka lagi proses bulan madu di kost. Yaa semoga menjadi keluarga Samara. Saya sama mas eko udah gak sabar punya cucu kura-kura yag lucu-lucu :p

Ada Bu Utami, kepala ruang yang rajin, keibuan dan perfeksionis. Yang saayaaang banget sama saya, katanya :p Bu Utami udah kayak ibu sendiri, tiap saya laper, dibawain makan, pernah juga dibeliin jamu supaya saya sehat terus, katanya. Tiap saya tepar, sampe ketiduran di bangsal, Bu Utami ini yang gak pernah lupa nyelimutin saya. Aaaah Bu Ut :3

Ada Mbak Sumi yg gak kalah carenya, Mbak Dewi, Buk Muji, Pak Budi yang selalu ngasih wejangan dan gak sayang ngebagiin pengalamannya, dan lain-lain. Semuanya lovable bangeeet :)

Alasan saya yang terakhir dan utama suka stase ini adalah karena dokternya yang super duper jenius. Dr.Indra Adhi Sp.Pd M.Sc. Ini dokter masih muda, low profile, pinter, rajin kerja dan family man juga. Semua yang kita tanya, dia selalu bisa jawab. Kadang bentrok sih gara-gara kita beda sumber, tapi cara dr.Indra mikir itu yang bener-bener bikin nganga. Runut, terperinci, dan MANTAP. Saya malah ngerasa pasien-pasien kelas III disini sangat amat beruntung dirawat dr.Indra, karena pengobatan dr.Indra itu holistik abis. Dia ngobatin dari segala sisi dan dari berbagai cara.Dia gak cuma ngobatik yang keliatan tapi juga proses-proses yang gak keliatan. Makanya obatnya emang rada banyak. Buat yang gak tau mungkin terkesan polifarmasi, tapi padahal gak. Obat-obat yang dipake beda semua cara kerjanya. Saya rasa otaknya sejenis otak komputer deh. Kesimpulan saya, saya bener-bener-beneraan ngefans sama dokter Indra. Saya kagum sampe ke ubun-ubun.

Beberapa kali saya udah maju manajemen kasus sama beliau, mulai dari Sirosis Hepatis, Tetanus sampai yang terakhir kemaren Kardiomiopati. Entah kenapa, tiap mau maju saya jadi punya tantangan dan semangat tersendiri. Saya harus bisa nguasain materi semantep-mantepnya, didepan dokter Indra. Saya minimal harus nyambung apa yang dia omongin nanti. Yaa walopun gatau, tapi minimal ngeh lah. Kayaknya insyaAllah usaha saya agak berhasil sih. Karena proses manajemen kasus saya mengalami peningkatan. Mulai dari manajemen kasus I yang saya agak dibantai, dikasih banyak pertanyaan dan gak semua bisa jawab, akhirnya ngango dan babak belur. Berasa dipukulin buku yang tebel. Sampe akhirnya kemaren, saya maju manajemen kasus III daaaaaan saya dikasih pujian sama beliau. Hmmm beliau bilang, beliau bangga, bangga men bangga sama sayaa. Alamaaaaaak, rasanya kayak terbang ke langit seribu warna, pas balik lagi kebumi mendarat dilautan susu yang ada es krimnya, maniiisssss broooo! :)))

Yaa, alhamdulilah...ternyata perjuangan saya emang gak sia-sia. Gak percuma deh tiap hari bangun jam dua pagi, ngantuk-ngantuk follow up, maboook di bangsal dan jaga IGD, telfon-telfon konsul, dan semuanyaa. Rasanyaaaaaa maniiiiiisss :3

Oke, saya harus makin makin makin keras lagi berusaha. Stase Interna cuma kesisa 5 minggu. SEMANGAAAT Hap hap hap ! Bodo amat deh gak ada libur. Bodo amat deh badannya berkali-kali ambruk. Bodo amat sering sakit kepala, bodo amat. BREAK A LEG, BREAK A HEAD :))

 

Posted on by Astri Sulastri Prasasti | No comments

Minggu, 07 April 2013

*Bersihin Sarang Laba-laba di Blog*

Hoaaaahhhm, rasanya kayak baru bangun setelah tidur panjang selama 3 bulan dari lalu lintas dunia tulis menulis, dan sosial media. Genap 3 bulan saya vakum tanpa internet (sosial media dan blog khususnya) karena sibuk ini itu,  disamping terjebak di dunia tanpa sinyal. Padahal niatnya sih mau bagi-bagi ilmu tentang Forensik trus lanjut Ilmu Kesehatan Masyarakat, tapi apa daya, saya bukan pawang sinyal yang bisa manggil sinyal internet, kapanpun dimanapun.

Sedikit sharing. Stase Forensik kemaren adalah stase paling indah ternyata dari kesemua stase yang udah saya lewatin. Bukan indah karena mayatnya yang udah pada busuk dan harus diotopsi, bukan juga karena baunyanempel di baju dan gak hilang berminggu-minggu, tapi karena santainya yang gak ketolongan. Santai kayak di Hawai :D Ya meskipun ada jam jaga, tapi tetep aja nyantai. Kalo gak ada kasus yang harus otopsi yaaa gak ngapa-ngapain. Main-main keliling Semarang, tidur-tiduran dikost, dan gak lupa makan. YES, mantap banget deh :)

Beda banget sama stase setelahnya, Ilmu Kesehatan Masyarakat. Stase pertama teribet, dan terempot yang saya lewatin. Stase IKM harus saya lewatin selama 8 minggu, gak singkat dan gak lama juga. Seminggu pertama di Jogja, Minggu ke2 sampai minggu ke7 di Sragen, dan minggu ke-8 di Jogja untuk ujian akhir. Ngos-ngosan, buang energi di jalan. Bolak-balik aja kerjaannya :(

Kalo nih yaa, kalo ajaa lebih simpel dan gak pake bolak-balik mungkin saya akan lebih nikmatin karena pada dasarnya kegiatan di IKM beda banget dari stase yang lain. Gak berbau klinis, gak ketemu penyakit tapi kita diajarin untuk bantu nyelesain masalah warga, untuk jadi decision maker, untuk bisa bermasyarakat dan ngamalin semua ilmu yang udah kita punya. Bukan cuma ilmu klinis, tapi semuanyaaaa. Bahkan ilmu sosial, politik, teknik, agama dan segalanya. So, It was really fun actually!!

Saya bersama 3 teman sekelompok (Dila, Jim, dan Hengki) ditempatin di satu puskemas yang mengampu pelayanan kesehatan satu kecamatan, namanya Puskesmas Sambirejo, letaknya di daerah Sragen perbatasan Ngawi. Tapi, kita cuma ditugasin untuk bertanggung jawab pada satu desa yang kami tinggalin dan disitulah kami diminta untuk mengabdi. Alhamdulilah kami sekelompok dapet desa yang lumayan jauh dari peradaban, desa Jetis. Desa jetis ada di kaki Gunung Lawu,pemandangannya indah banget, ada gunung, air terjun, pemandian air panas, kebun teh, kebun durian, sungai-suangai....aaah indah lah pokonya. SAYA SUKA PAKE BANGET!

Tapi, konsekuensinya adalah jalanan di desa tersebut sangat amat berkelok, naik turun, jungkir balik. Notesnya : saya perna terbalik bareng dila di salah satu jalan desanya pas mau ke rumah Bapak Bayan untuk sosialisasi puskesmas. Kebanyakan jalan disana cuma bisa pake kendaraan roda dua, bahka beberapa jalan gak bisa dilalui kendaraan sama sekali. Ya selain konsekuensi tanpa sinyal tentunya. Ini dia sumber permasalahan yang saya hadepin sampe bikin saya gak eksis lagi :p

Kami tinggal bersama satu keluarga yang cukup terpandang di desa itu, keluarga Bapak Parman (kalo gak salah namanya). Bapak parman adalah seorang kopral TNI yang gak pernah bisa naik jabatan karena beliau punya penyakit darah tinggi, jadi setiap ikut seleksi selalu kalah di tingkat pertama. Tapi bapak Parman nyatanya masih enjoy-enjoy aja dengan keadaan beliau dan keluarga sekarang. Satu hal sih yang saya bisa pelajarin dari kelurga bapak Parman, bahwa apapun keadaannya selalu bisa disyukuri dan bahagia itu emang bener-bener kita yang cipta. Walaupun perekonomian mereka gak berlebih (gak kurang juga), tapi semuanya berjalan apa adanya, mengalir, tetap berbagi dan berbahagia. Keren lah. Beliau punya satu istri, dan tiga anak (dua cewe, satu cowo). Saya lumayan deket sama anak pertama beliau, Intan namanya. Intan ini adalah mahasiswa kebidanan di salah satu Universitas swasta, karena jarak rumah ke tempatnya kuliah deket, jadi dia sering banget pulang ke rumah. Makanya, kit ajadi sering ngobrol dan main keluar bareng. Anak terakhir bapak Parma ini salah seorang yang paling saya sayang di desa Jetis, namanya Atika, anak perempuan usia 2 tahun yang lucccuuuuu, pinter, ngegemesin, cerewet, dan kangen-able :)

Di desa itu, kami diminta untuk ikut beberapa perkumpula warga, kegiatan-kegiatan puskesmas, penyuluhan dan lain-lain. Hampir mirip dengan KKN yang udah saya lewatin hampir 3 tahun yang lalu. Bedanya, laporan IKM ini lebih banyak dan lebih ribet, ini alasan kedua kenapa saya rada sibuk untuk sekedar buang waktu buat internetan. Bener-bener bikin stress dan bikin pusing. Tapi alhmadulilah sekarang sih udah lewat dan all is well :)

Yang menarik lagi adalah pengalaman magang saya di Lembaga Permasyarakatan II B atau biasa disebut Lapas Cebongan. Sleman selama satu minggu. Disana saya bener-bener banyak belajar dan ngeliat langsung sisi lain dari dunia yang sebelumnya belum pernah saya temui. Tentang pelayanan kesehatan, tentang narapidana, tentang kehidupan lapas dan semuanya. Beberapa kali saya sempet ngobrol dengan napi-napi disana, seru, menyenangkan daaaan hmm I don't know harus percaya atau gak sama semua yang mereka bilang. Ya diambil sisi positifnya aja, karena sama seperti kita, mereka punya dua sisi kehidupan, dan jalan hidup mereka harus melewati Lapas dulu :)

Selang satu minggu setelah magang, kaget banget denger ada berita penembakan narapidana di lapas itu. Mengingat, saya liat dan ngerasain sendiri berlapisnya keamanana disana, Ya diluar perkiraan lah, dan gamau saya bahas juga.

Setelah selesai stase IKM cuma ada tiga hal yang saya inget, ATIKA, TUGAS LAPORAN, DAN PENJARA. 

Sekarang saya masuk stase besar pertama dari 4 stase besar lain, Ilmu Penyakit Dalam atau biasa disebut Interna. Kalo pas IKM jalanan desanya yang jungkir balik, sekarang giliran saya yang jungkir balik sendiri. Jadwalnya padet mulai jam set-6 pagi sampai waktu yang tidak bisa ditentukan, sering jaga IGD 24 jam, materinya segunung, daaaaan satu lagi dokter pembimbing saya semacam perpus berjalan.Apa aja yang ditanya, pasti bisa. Apa aja yang dilihat pasti ketebak. Apa aja penjelasannya pasti persis sama kayak buku. Oh maaaaii, saya ngerasa beruntung bisa kenal beliau.Kesan pertama, menggoda banget, saya suka stase ini, Insyallah :)


Yap! Semuanya itu, ya semuanya itu jadii magnet tersendiri buat saya. Saya harus bisa menang dan gak pake jungkir balik berkepanjangan. Salam Interna untuk 11 minggu kedepan, tanpa jeda, tanpa hela, tanpa nafas panjang. SEMANGAAAAAATTT !!!

 
Posted on by Astri Sulastri Prasasti | No comments

Jumat, 18 Januari 2013

Pembunuhan Anak Sendiri - Infanticide

      Yang dimaksud pembunuhan anak sendiri adalah pembunuhan yang bersifat umum bagi setiap perbuatan merampas nyawa bayi diluar kandungan. Sedangkan Infanticide (yang dikenal di negara-negara Common Law) menurut Undang-undang di Indonesia adalah pembunuhan yang dilakukan seorang ibu atas anak kandungnya sendiri pada saat dilahirkan atau tidak lama setelahnya karena takut ketauan melahirkan seorang anak. Batasan waktu saat dilairkan-tidak lama setelahnya adalah saat dimana partus (proses persalinan dimulai) dan sampai adanya tanda-tanda perawatan. 

     Beberapa undang-undang KUHAP terkait pembunuhan anak sendiri antara lain : Pasal 341 (membunuh dengan motif takut ketauan tanpa ada perencanaan, hukuman maksimal 7 tahun) atau disebut dengan Kinderdoodslag, Pasal 342 (membunuh dengan motif ketauan dengan perencanaan, hukuman maksimal 9 tahun) atau disebut dengan Kindermoord, Pasal 343 (jika ada orang yang membantu baik pada pasal 341 dengan hukuman maksimal 15 tahun penjara, maupun pasal 342 dengan hukuman maksinal 20 tahun penjara), Pasal 181 (melahirkan anak lalu anak tersebut dibuang), dan Pasal 308 (menelantarkan anak sampai mati).

    Kesimpulannya, tindak pidana merampas nyawa bayi yang bersifat kusus (Kinderdoodslag atau Kindermoord) harus memenuhi kriteria sebagai berikut:
  1. Pelaku harus ibu kandung
  2. Korban harus anak kandung sendiri
  3. Pembunuhan harus dilakukan pada saat kelahiran atau tidak lama setelahnya
  4. Motifnya harus karena takut ketahuan telah melahirkan anak
Jika, pembunuhan bayi tidak memenuhi syarat-syarat diatas maka dikategorikan sebagai tindak pidana perampasan nyawa yang bersifat umum sebagaimana yang diuraikan pada pasal 338 KUHAP (tentang pembunuhan tanpa direncanakan dengan hukuman maksimal 9 tahun penjara) dan pasal 340 KUHAP (tentang pembunuhan yang direncanakan dengan hukuman maksimal 14 tahun penjara).

     Pada saat pemeriksaan post mortem bayi dengan diduga pembunuhan, ada beberapa hal yang harus ditentukan oleh seorang dokter, antara lain :
1. Bayi tersebut viabel atau tidak
    Viabel adalah keadaan bayi atau janin yang dapat hidup di luar kandungan lepas dari ibunya tanpa bantuan alat yang canggih. Bayi dikatakan viabel dengan melihat tanda-tanda yang dapat diukur dan tanda-tanda yang tidak dapat diukur. Tanda dapat diukur antara lain jika umur kehamilan >28 minggu, panjang badan kepala-tumit >35 cm, panjang badan kepala-bokong 30-33 cm, berat badang 2500-3000 gr, dan ligkar kepala 33 cm. Sedangkan tanda yang tidak dapat dikur antara lain :
  • Jenis kelamin sudah dapat dikenali
  • Bulu badan, alis dan bulu mata sudah tumbuh
  • Kuku sudah melewati ujung jari ( dapat diketahui dengan menggesek ujung kuku pada kulit pemeriksa)
  • Inti penulangan sudah terbentuk minimal pada tulang kalkaneus atau kalus (menandakan usia kehamilan kurang lebih 7 bulan)
  • Pertumbuhan gigi sudah sampai tahap kalsifikasi
2. Bayi lahir hidup atau mati
    Dengan melihat ada atau tidaknya tanda-tanda bayi lahir hidup dan mati. Tanda-tanda bayi lahir hidup :
  • Eritrosit berinti hilang dalam 24 jam
  • Obliterasi arteri dan vena umbilikalis dalam waktu 2-3 hari
  • Obliterasi duktus venosus terjadi dalam 3-4 minggu
  • Foramen ovale tertutup dalam waktu 3-4 minggu
  • Duktus arteriosus tertutup dalam 3-4 minggu
  • Terjadi perubaan kaput suksedenum, yang tadinya bengkak karena terisi cairan menghilang dalam waktu 1 hari 
  • Proses pemutusan tali pusat dari mulai pengeringan lalu pengelisutan dan terbentuk garis pemisah warna merah (red line separation) hingga pelepasan total pada hari ke 4-6.
     Selain beberapa tanda diatas untuk mengetahui bayi lahir hidup atau mati dapat dilakukan dengan menilai sistem pernafasannya. Pada bayi yang sistem pernafasannya perna bernafas, ditemukan :
  • Dada sudah mengembang
  • Tulang iga terlihat lebih mendatar
  • Sela iga melebar
  • Peru-paru telah memenuhi rongga dada
  • Tepi paru tumpul
  • Warna paru berubah dari livid menjadi bercak-bercak pink seperti mozaik (mottled pink) karena terisinya alveolus dengan udara maka membuat darah mengalir pada pembuluh darah
  • Uji apung paru (Docimasia Hidrostatica Pulmonum) hasilnya positif (paru mengapung). Tes ini dilakukan dengan membagi atau memisakan bagian paru lengkap menjadi potongan-potongan kecil lalu ditaruh dalam bejana berisi air. Jika mengembang maka paru berisi udara pernafasan. Paru yang belum bernafas memiliki berat molekul 1,040-1,056 sedangkan berat molekul paru bayi yang sudah bernafas menjadi lebi ringan 0,940. Berat paru bayi sebelum bernafas sekitar 1/70 berat badannya sedangkan setelah bernafas menjadi 1/35 berat badannya. Akan tetapi, pada bayi lahir mati yang sudah pembusukan, akan memberikan hasil positif palsu. Maka untuk membedakan keduanya dilakukan pengeluaran udara pembusukan yuitu dengan memberikan tekanan yang besar pada potongan paru tersebut sehingga udara hasil pembusukan akan keluar sedangkan udara pernafasan akan tetap berada pada alveolus. Perlakuan ini tidak dapat dilakukan jika pembusukan sudah berjalan lanjut, karena ketika paru ditekan, kemungkinan akan hancur. Kemudian, untuk mencegah timbulnya artefak karena terlalu banyak perlakuan maka tes ini harus dilakukan dengan teknik no touch (tidak menyentuh paru).
       Namun, beberapa sumber menyebutkan bahwa hasil uji apung paru ini tetap meragukan, karena masih ada kemungkinan bayi bernafas meskipun masih didalam uterus atau vagina (vaginitus uterus atau vaginitus vaginalis) kemudian meninggal saat dilahirkan secara lengkap sehingga bayi tetap dinyatakan lahir mati. hasil yang meragukan juga bida terjadi pada bayi yang telah diberikan nafas buatan sehingga terjadi pernafasan parsial. Oleh karena itu, dibutuhkan pemeriksaan lain, yaitu :
  •  Ditemukan makanan atau bakteri di dalam usus
  • Uji apung lambung-usus (Uji Breslau) yang pelaksanaannya mirip dengan uji apung paru. Pada keadaan bayi lahir hidup, akan terdapat udara dalam usus bayi karena pada saat dia menangis atau hidup ada beberapa udara yang tertelan sehingga akan memberikan hasil yang positif pada uji Breslau. Pemeriksaan ini juga tidak dapat dilakukan pada saat sudah terjadi pembusukan
  • Uji telinga tengah (Uji Wredent Wendt) yaitu dengan membuka terlinga tengah bayi di dalam bejana berisi air, hingga terlihat gelembung udara pada bayi yang saat bernafas telinga tengahnya terisi udara
     Apabila tanda-tanda dan uji yang telah dilakukan diatas tetap meragukan, maka dapat dialukan pemeriksaan mikroskopis paru dengan pewarnaan HE pada bayi yang belum membusuk dan Gomori atau Ladewig pada bayi yang sudah mengalami pembusukan. Hasil pemeriksaan mikroskopis tersebut antara lain : Struktur seperti kelenjar bukan merupakan ciri paru belum bernafas tetapi memperlihatkan paru pada bayi prematur (<6 bulan). Tanda khas paru janin yang belum bernafas adalah adanya tonjolan (projection) yang berbentuk seperti bantal (cushion-like) yang kemudian bertambah tinggi dengan dasar menipis sehingga akan tampak seperti gada (club like). Pada permukaan yang bebas projection, akan tampak kapiler yang berisi banyak darah.
      Sedangkan tanda paru yang lahir mati adalah terdapat tanda inhalasi amnion berupa tampak sel-sel verniks akibat deskuamasi sel-sel permukaan kulit berbentuk persegi panjang dengan inti piknotik berbentuk huruf S. Bila dilihat dari atas samping seperti bawang, juga terdapat sel-sel amnion bersifat asidofilik dengan batas tidak jelas dan inti terlihat eksentrik. Mekonium yang berbentuk bulat berwarna jernih hijau tua mungkin terlihat dalam bronkioli & alveoli, kadang ditemukan deskuamasi sel-sel epitel bronkus yang merupakan tanda maserasi dini atau fagositosis mekonium oleh sel-sel dinding alveoli. Atau akan terdapat tanda-tanda lain yang tidak memungkinkan bayi lahir hidup, misalnya danya perdarahan, pneumothoraks dan lain-lain.
      Setelah diketahui bayi lahir hidup, maka selanjutnya perlu diamati berapa usia bayi dan berapa lama bayi hidup diluar kandungan. Usia bayi dapat dihitung menggunakan rumus de Hass yaitu untuk 5 bulan pertama panjang kepala sampai tumit (cm) adalah kuadrat dari umur (bulan). Sedangkan untuk bulan selanjutnya dilakukan penghitungan = umur gestasi (bulan) x 5. Atau dapat juga dengan melihat tabel panjang tulang (sistem Steetr). Untuk mengetaui lama bayi hidup diluar kandungan dapat dinilai dari :
  • Kondisi bayi, masih kotor atau sudah dirawat
  • Mekonium yang akan keluar dari usus maksimal dalam 2 hari
  • Tingkat proses pelepasan tali pusat
  • Ikterus yang akan tampak pada hari ke-4-10
  • Terdapat udara pada usus kecil (1 jam setelah lahir), duodenum (6-12 jam pasca lahir) dan usus besar (12-24 jam pasca lahir).
3. Apakah sudah ada tanda-tanda perawatan
      Jika sudah tampak tanda perawatan maka pembunuhan yang dilakukan oleh ibu tidak dapat dikatakan sebagai infanticide, tetapi pembunuhan biasa. Tanda perawatan tersebut antara lain :
  • Pemotongan tali pusat dengan alat : dapat dilihat pada ujung pemotongan tali pusat terlihat rata, apabila tidak dapat dinilai karena sudah mengelisut penilaian dilakukan dengan memasukan ujung tali pusat didalam air. Sehingga dapa terlihat apakak ujung pemotongan tersebut rata atau terkoyak.
  • Verniks kaseosa pada leher, lipat ketiak dan lipat paha sudah dibersihkan
  • Adanya makanan atau susu dalam labung
  • Adanya pakaian yang dikenakan oleh bayi
4. Sebab kematian
      Penentuan sebab kematian dapat dilihat dari tanda-tanda jeratan, luka atau pun tanda kekerasan lain pada tubuh bayi. Cara yang paling sering dilakukan adalah dengan pembekapan dan penjeratan.

5. Hubungan ibu dengan bayi
Macam-macam tes yang dapat dilakukan untuk menilai hubungan ibu dengan bayi, antara lain :
  • Test marker Genetik dari Antigen Eretrosit (Sistem ABO, Sistem Mn, Sistem Kell, Sistem Duffi, Sistem Rh, dan Sistem Kid)
  • Test marker Genetik dari Serum protein (Sistem Gc, Hr, dan Dm)
  • Test marker Generik dari enzim eritrosit (PGM, 6GPD, dan lain-lain)
  • Test marker genetik dengan HLA
  • serta, Penerapan metode Dna