Minggu, 27 September 2015

H-2 Go To Paradise in The World !!

Berasa lamaa banget detik jam berjalan,
Tik Tok Tik Tok *eh gak bunyi tik tok ding soalnya pake jam digital ;p*
Udah gak sabaran ngelewatin 2 hari lagi sebelom bisa pulang
Pulang ke tempat yang paling nyaman se duniaaaa ! 
Pulang ke tempat yang paling bikin damai :)
Rumah ...

Gak banyak sih yang direncanain setelah sampai rumah
Pengen makan bareng keluarga besar, udah gitu aja :)
Karena moment itu yang udah saya lewatin di 2 lebaran ini, baik Idul Fitri atau Idul Adha
Karena moment itu adalah moment yang paling saya kangenin selama disini
Karena moment itu adalah moment dimana saya bisa ngobrol banyak hal, bisa ketawa bareng ...
Karena moment itu udah sangat pasti bisa ngapus kesedihan dan kejenuhan apapun ...

Ya paling, planning buat diri sendiri adalah saya mau mengejar beberapa project yang gak bisa dilakuin saat jauh dari peradaban
Ada beberapa acara yang mau saya ikutin and all of them are chalenging me!!!
Semoga aja beberapa project ini kesampean ya Allah ...
Saya pengen ngelakuin banyak hal berguna, karena rasanya udah banyak waktu yang saya buang percuma
Saya pengen ngelakuin banyak hal untuk mempush diri saya, karena rasanya udah banyak waktu yang saya sia-siain tanpa ada progress 
Poor me :'(

Bismillah untuk H-2 ini
Semoga selamat sampai tujuan
Semoga dipermudah segala urusan
Semoga dikabulkan semua cita-cita
Semoga bisa makan bareng keluarga dalam keadaan sukacita
AMIN !

Oh iya, ANW... saya mulai jualan lagi nih. Berawal dari males dan suntuk gak ngapa-ngapain. Berawal dari sekedar cari orang beli barang barengan supaya ongkir lebih murah dan gak ngambil keuntungan apapun. Berawal dari satu orang nitip. Berawal dari ditawarin barang-barang. Finally it happens !

Kangen banget rasanya dipusingin sama orderan-orderan customer yang gak ada lah, gak sabaran lah, barangnya aneh lah, nyasar lah, ini itu.

Kangen banget rasanya berburu harga murah, supaya bisa dapet harga murah dg kualitas sama dan bikin customer nya puas.

Kangen banget rasanya bisa ikut-ikutan nebeng belanja dari barang belanjaan.

Ya, berdagang adalah salah satu usaha yang dianjurkan Rasulullah SAW loh ! selain berkuda dan berenang :) Tapi tetep catetannya adalah kudu jujur. Karena gak bisa dipungkiri godaan untuk bohong ada dimana-mana, ngelebihin timbangan lah, nurunin kualitas lah, tapi yaa nanti semua itu akan berakhir percuma saat kita udah kehilangan pasar. Trus yang rugi siapa ???

Pengen banget berjualan kayak Nabi Muhammad SAW yang dengan jujur ngasih tau harga modal dan keuntungan, yang dengan jujur ngasih tau kualitas barang, yang dengan jujur nerangin segala hal. I wish I can .... Bismillah.

Lancarkan usaha hamba dan suami hamba demi mencapai keridhaanMu Ya Rahman Ya Rahiim :)



Posted on by Astri Sulastri Prasasti | No comments

Rabu, 16 September 2015

HOME

Rumah  ...

adalah tempat dimana kita akan selalu pulang, meski sudah pergi ke banyak negeri ...
adalah tempat dimana semua cerita bermula dan berakhir ...
adalah tempat dimana memori dan perasaan tertinggal, selalu memanggil untuk kembali ...
adalah tempat dimana otak mendeskripsikan sebagai tempat nyaman, penuh kehangatan, dan kebahagiaan ...
adalah tempat dimana hati dan pikiran bertaut ...

Rumah,

bagaimanapun keadaanya akan selalu lebih membahagiakan dibandingkan tempat manapun
bagaimanapun bentuknya akan selalu lebih indah dibandingkan taman manapun
bagaimanapun tampilannya akan selalu lebih nyaman dibandingkan hotel manapun
bagaimanapun fisiknya akan selalu lebih cantik dibandingkan kecantikan manapun

And now, 
I'm MISSING HOME ...


Sabtu, 12 September 2015

Internship = Magang = Tidak Bekerja ?

Internship dalam bahasa Indonesia berarti magang
Ya dengan pengertian itu lah banyak orang men-judge kami, dokter internship ...
Emang ya ngomentarin itu S E L A L U lebih enteng dibandingin yang ngejalanin
dan N G E J U D G E orang emang kerjaan dosa paling gampang dilakuin :)

Kami dokter internship,
Dibilang C U M A magang, dibilang C U M A mahasiswa baru, dibilang ini dan itu
H A L L O !!
Kami udah lulus dokter dengan berbagai usaha dan susah payah
Kami udah ngelewatin 6 tahun perjuangan 
Kami udah ngelewatin masa koas yang penuh cobaan
Kami udah D O K T E R, kami bukan C U M A !

Kami dokter internship,
Dibilang G A K K E R J A, ini sih bagian paling sakitnya
Terus yang setiap hari kami lakuin ini apa, dongeng ?
Setiap kami jaga IGD dan kami berusaha nanganin pasien ini apa, mimpi ?
Setiap tidur pagi dan pulang dari RS ngantuk berat ini apa, rekayasa ?
Berbulan-bulan di tempat asing dan jauh dari rumah ini apa, bohongan ?
-Ya saya harap begitu, tapi nyatanya bukan-

Di Puskesmas... kami bahkan jadi dokter penanggung jawab atas semua pasien yang kami terima
Kami menangani pasien dari awal datang sampai pulang bahkan sampai kontrol
Terus, semuanya ini apa, bercandaan ?

Emang sih, bergantung pada manusia adalah selemah-lemahnya tempat bergantung
Mencari pengakuan dari manusia adalah selemah-lemahnya usaha
Karena apapun yang kami lakukan, (mungkin) akan percuma 
Kalau semuanya udah didasari dengan subyektivitas :)

Padahal... coba deh jangan men-generalisir sesuatu
Coba lihat lebih dekat,
Lihat pakai hati, 
Lihat dengan lebih bijak,
Lihat dengan lebih proporsional,
Lihat dari kaca mata yang lain,
Lihat dari sudut yang lain :)

Saya adalah orang organisasi sejak sekolah (dulu),
Saya suka politik,
Saya suka membahas banyak hal,
Saya suka merumuskan banyak hal,
Saya suka terorganisir,

Meski saya tahu politik itu kotor,
Didepan mungkin menyanjung, tapi dibelakang belum tentu
Didepan mungkin saling mendukung, tapi dibelakang siapa yang tau
Tapi ...
Masih banyak politikus yang berpolitik pakai hati
Masih banyak politikus yang bener-bener kerja
So ... gak bisa semua di-generalisir :)

Begitu juga dengan kami, dokter internship ..., 
Kalimat "Kami tidak terbiasa memberi uang pada orang yang tidak bekerja" yang ditunjukkan buat kami, dokter internship .... bener-bener nguras hati
-kayak lagunya vidi aldiano : cemburu menguras hati, ciyeeee ...-
Kalimat "Dengan adanya dr internship sangat membantu" -didepan kami dan kalimat sebaliknya dibelakang kami, dokter initernship..... bener-bener bikin patah arang
-hayo majas apa itu yang dipake? ;p-

Berasa banget ternyata selama ini kami gak dianggap
Berasa banget ternyata selama ini sebegini penilaiannya terhadap kami
Ya... Alhamdulillahirabbilalamin :')

Pun, misalnya ada kekurangan kami ... banyak cara yang bisa dilakukan sekedar untuk 'menegur' yang membangun
Pun, misalnya ada kesalahan kami ... banyak cara yang bisa ditempuh sekedar untuk 'mengingatkan' kami, dokter baru ....

Ah... tapi yasudahlah ...
Semoga dengan ini, kami semakin kuat 
Semoga dengan ini, kami semakin mengerti
Semoga dengan ini, banyak pelajaran yang bisa kami ambil
Semoga dengan ini, dibukakan pintu-pintu rezeki yang lain, yang jauh lebih banyak, yang jauh lebih baik, dan jauh lebih halal

Saya yakin, Allah SWT tidak tidur dan Dia lah sebaik-baiknya pengadilan ...



* FYI : 
      Kata internship itu hanya sebuah istilah di perundang-undangan alias bagian dari kebijakan pemerintah, kata yang (mungkin) karena bingung kami ini disebut apa, sudah lulus, tapi masih harus melewati satu proses panjang (dan bukan juga bagian dari PTT) demi pemerataan kebutuhan tenaga kesehatan di daerah-daerah terpencil . Program intenship sendiri adalah program pemerintah yang katanya untuk  M E M A H I R K A N dokter baru yang tidak diikuti dengan kebijakan yang komprehensif. Niatnya adalah memuaskan pemerintah dan masyarakat yang pada akhirnya mengorbankan hidup dan penghidupan dokternya sendiri. Dokter di Indonesia ini seperti buah simalakama. Katanya profesi terhormat dan berpendidikan dengan tanggung jawab yang sangat besar terkait nyawa pasien tapi penghargaan yang diberikan sama sekali tidak sebanding *curhat* *bodo amat* :p


Jumat, 11 September 2015

Sampai Pada Tahap ... :)

Semua usaha akan ada lelahnya
Semua jalan akan ada ujungnya
Semua kalimat akan ada titiknya
Semua cerita akan ada akhirnya
Segalanya, selalu ada awal dan akhir ...

Setelah banyak hal dilakukan,
Setelah banyak hal diusahakan,
Setelah banyak hal dikatakan,
Setelah banyak hal didiskusikan, 
Setelah banyak hal dicoba,
Akhirnya saya sampai pada tahap ini ...

Entah ini pasrah, putus asa, atau apapun kesimpulannya

Saat mencintai dan menyayangi seseorang, pasti kita gak akan pernah melukai orang yang kita sayang kan ?
Berusaha menjaga perasaan, berusaha menghindari prasangka, tidak melakukan apa yang tidak disukai, dan sebagainya ... ya normalnya begitu :)

Saat peduli dengan keadaan seseorang, pasti kita akan memperlihatkan kepedulian itu semaksimal mungkin, apapun keadaanya, apapun tanggapannya, kan ?
Berusaha selalu ada, berusaha mengerti, berusaha meredam, berusaha melakukan yang terbaik .... ya seharusnya begitu :)

Mungkin memang benar bahwa pembelajaran tidak melulu harus dari textbook
Pembelajaran tidak melulu harus membaca
Pembelajaran tidak melulu dari tulisan-tulisan panjang

Pembelajaran juga bagaimana berusaha semakin baik dari hari ke hari
Pembalajaran adalah bagaimana berusaha untuk tidak melakukan hal yang sama berulang-ulang
Pembelajaran adalah bagaimana melakukan hal yang benar dari yang sebelumnya salah
Pembelajaran ada setiap hari, ada dimana-mana dan bisa terlihat hasilnya ...

Maka... sampai titik ini akhirnya saya tiba di suatu tahap akhir pembelajaran
Saya hanya akan melihat ...

Seperti seorang guru yang tidak lagi memarahi atau membimbing muridnya
Seperti orang tua yang tidak lagi memberikan arahan pada anaknya
Seperti kakak yang sudah tidak lagi menjagai adiknya
Seperti teman yang sudah tidak lagi mengingatkan temannya

Kira-kira seperti itu lah :)

Selasa, 01 September 2015

Islam Memandang Perempuan :)

Alhamdulillahirabbil'alamin, saya merasa bersyukur berada dalam agama yang sangat melindungi dan menghormati perempuan...
Dalam urusan berpakaian, berbicara, bergaul, pacaran, pernikahan, hamil, menyusui, semuanya diatur dengan baik dan tidak ada satupun bagian yang membuat perempuan menjadi mahluk rendahan ...

Perintah untuk selalu berbuat baik kepada perempuan :

Rasulullah  saw. bersabda, “Siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaknya ia tidak menyakiti tetangganya. Saling berwasiatlah kalian untuk berbuat baik kepada wanita. Pasalnya, mereka tercipta dari tulang rusuk. Yang paling bengkok dari tulang rusuk itu adalah yang paling atas. Jika berusaha meluruskannya, engkau akan membuatnya patah. Dan jika dibiarkan, ia akan terus bengkok. Karena itu, saling berwasiatlah kalian untuk berbuat baik kepada wanita.” (Al-Bukhari)

Perempuan memiliki sisi-sisi keistimewaan yang unik, berperasaan, sensitif, mudah terluka dan sebagainya. Alhamdulillah, Islam memahami semua itu sehingga Rasulullah SAW memerintahkan kepada umatnya untuk selalu berbuat baik kepada perempuan, baik dalam ucapan maupun perbuatan. Karena perempuan diumpamakan seperti tulang rusuk yang paling bengkok, sehingga bila terlalu keras dibentuk maka tulang itu akan patah :)

Perintah untuk menutupi aurat

QS. An-Nur : 31
"Dan katakanlah kepada perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah kalian menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara -saudara laki-laki mereka, .........Dan janganlah mereka mengentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembungikan ...."

QS. Al-Ahzab : 59
"Hai nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mukmin,"Hendaklah mereka menutupkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka." Yang demikian itu agar mereka lebih mudah dikenali, sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang."

Islam sangat menghargai dan menghormati perempuan, sehingga mulai dari padangan hingga tubuhnya harus dijaga dan ditutupi semaksimal mungkin. Tidak hanya dengan pakaian dan kerudung yang tertutup tetapi juga dengan menjaga sikap agar tidak mudah dilecehkan. Dalam ayat tsb juga disampaikan bahwa perempuan mukmin dibedakan dengan perempuan lainnya dari pakaian yang ia kenakan :)

Kenapa menghargai dengan menutupi ? Karena simple, semua barang-barang mahal di toko pasti ada kemasannya tersendiri, gak sembarang dibuka dan gak sembarang orang bisa sentuh. Beda dg barang diskon yang terbuka gitu aja, gak berharga dan gak terlindungi.

Hukum menggunakkan minyak wangi bagi perempuan

Setiap wanita mana saja yang terkena bau wangi, maka hendaklah dia tidak mengerjakan shalat Isya' bersama kami". [Hadits Riwayat Muslim]
"Artinya : Setiap wanita mana saja yang memakai wangi-wangian lalu dia berjalan melewati suatu kaum supaya mereka mencium bau wanginya itu, berarti dia telah berzina". [Hadits ini shahih. Diriwayatkan oleh Imam Ahmad (IV/414) Juga diriwayatkan oleh Abu Dawud (4173). Imam Tirmidzi (2786). Imam Nasa'i (VIII/153) melalui Ghanim bin Qais dari Abu Musa Al-Asy'ari]
Dari Abu Sa'id Al-Khudry Radhiyallahu 'anhu, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam pernah bersabda. "Artinya : Mandi pada hari jum'at wajib bagi setiap orang yang bermimpi, juga bersiwak, dan memakai minyak wangi secukupnya".
Bagi seorang muslimah, memakai minyak wangi tidak lain adalah untuk memenuhi kesenangan suaminya saja. Selain itu bagi yang mungkin mempunyai bau badan yang kurang sedap, malah sangat dianjurkan untuk memakainya. Namun demikian tidak berarti semua minyak wangi cocok dan boleh dipakai oleh muslimah. Rasulullah menganjurkan bagi wanita muslimah untuk memakai minyak wangi yang baunya tidak terlalu kuat, sebagaimana beliau bersabda :
„Sesungguhnya minyak wangi untuk lelaki ialah yang kuat baunya dan kalem warnanya, sedang minyak wangi untuk wanita ialah yang menyolok warnanya dan kalem baunya." (HR An-Nasa'i, Tarmidzi, Abu Hurairah)
Dari Abu Hurairah r.a. katanya Rasulullah s.a.w. bersabda: "Barangsiapa yang ditawarkan kepadanya suatu harum-haruman maka janganlah ia menolaknya, sebab sesungguhnya harum-haruman itu ringan bawaannya serta harum baunya." (Riwayat Muslim)
Dari Anas r.a. bahawasanya Nabi s.a.w. tidak pernah menolak kalau ditawari harum- haruman. (Riwayat Bukhari)  

Beberapa hadist diatas tidak sama sekali berarti bahwa perempuan tidak boleh menggunakan minyak wangi dan Islam tidak suka wewangian. Karena, sekali lagi, Islam sangat melindungi perempuan. Kita tau bahwa wewangian memiliki efek luar biasa sebagai stimulus, maka dikhawatirkan perempuan yang menggunakan wewangian berlebihan akan membangkitkan hasrat orang lain yang berniat jahat. Maka, masyaAllah, perempuan dilindungi dari kejahatan dengan minyak wangi sebagai stimulusnya :)

Larangan menikahi perempuan dengan paksa dan menyusahkan perempuan

QS. An-Nisa : 19
"Wahai orang-orang yang beriman ! tidak halal bagi kamu mewarisi perempuan dengan jalan paksa dan janganlah kamu menyusahkan mereka karena hendak mengambil kembali sebagian dari apa yang telah kamu berikan kepadanya, kecuali apabila mereka melakukan perbuatan keji yang nyata. Dan bergaullah dengan mereka menurut cara yang patut. Jika kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena boleh jadi kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan kebaikan didalamnya."

MasyaAllah, bahkan Allah SWT memerintahkan bersabar jika tidak menyukai sesuatu. Kita sama sekali tidak diperintahkan untuk melakukan kekerasan ataupun keburukan, termasuk kepada perempuan (atau terlebih istri). Sebegitu kuatnya perlindungan yang diberikan oleh Islam, apalagi untuk dikasari, dibentak, dipukul; disusahkan atau dipaksa saja tidak diperkenankan :)

Bukankan perlindungan terhadap perempuan dalam Islam ini begitu romantis ?
Alhamdulillahirabbilalamin :)