Selasa, 03 Desember 2013

Keyakinan :)

Sampe sekarang, saya cuma tau tentang keyakinan ya dari pengertian di buku-buku
dan dari pengertian yang saya definisikan sendiri
Keyakinan adalah saat kamu percaya total, gak ada lagi keraguan
Yang bahkan antara ucapan, hati dan perbuatan bisa sejalan
Yang bahkan tanpa kamu tau bentuknya, atau tanpa kamu kenal lebih dalam kamu bisa percaya
Sama kayak keyakinan kita sama Tuhan
Sama kayak keyakinan kita sama Rasul
Sama kayak keyakinan kita sama Takdir
Sama kayak keyakinan kita sama Hari Akhir
Belom pernah ketemu, belum pernah ngerasain, tapi percaya :)

Dalam suatu hubungan, keyakinan itu satu hal yang penting
Kalo udah yakin, pasti bisa patuh kan ?

Tapi, yang saya belum paham adalah bentuk keyakinan dalam hubungan itu sendiri
Ada beberapa orang yang belum kenal lama tiba-tiba udah yakin aja
malah cenderung ke arah obsesif, tapi pada akhirnya berpisah
Ada juga yang gak yakin-yakin banget, tapi akhirnya malah menikah
dan langgeng sampe sekarang
Ada lagi pasangan yang gak terlalu yakin juga, gak yakin juga enggak
ya selagi bisa dijalanin ya dijalanin, tapi toh nyatanya bertahan
Ada malah pasangan yang sama-sama gak yakin
tapi karena mungkin belom ada pilihan lain, lanjut aja, mereka bertahan dengan ketidakyakinan mereka dan ketidakyakinan itu juga bertahan di diri mereka

Terus kalo saya sekarang tanya, keyakinan dalam hubungan itu apa, mana pasangan yang pas sesuai definisi ?
Apa harus saya medapatkan keyakinan dulu baru menjalin hubungan ? Atau menjalin hubungan dulu baru yakin kemudian ?
Tapi siapa yang bisa jamin kapan saya bisa dapet keyakinan itu ? Mau nunggu sampe kapan ?
Atau keyakinan itu bisa dibuat atau malah gak pernah ada sebenernya ?
Jangan-jangan emang bener, gak pernah ada pasangan yang terlalu yakin untuk bersama tapi entah karena keadaan atau karena kondisi atau karena faktor apapun, mereka tetap memutuskan untuk bersatu ?

Karena pada dasarnya kita ini, manusia cuma wayang
Kita udah punya jalan cerita sendiri-sendiri
Tiap orang punya cabang dan terserah kita sendiri, mau pilih cabang yang mana buat dijalanin
Tergantung dari cara kita hidup, cara kita mikir dan cara kita menanggapi masalah

Mungkin misalnyapun, saya memutuskan untuk bersama dengan orang yang tidak saya yakini saya akan tetap punya kehidupan entah bahagia atau malah menderita
Dan misalnyapun, saya memutuskan untuk menunggu keyakinan saya, ya hidup saya juga akan tetap berjalan entah bahagia atau malah menderita
Jadi, dengan atau tanpa keyakinan gak akan jauh beda karena pilihannya cuma dua bahagia atau menderita ...
Itupun tergantung kepada bagaimana kita menjalaninya kan?
Toh kebahagiaan maknanya luas
Begitu juga menderita
:)

Maka dari itu, gak usah terlalu pusing dengan yakin atau gak
Gak usah terlalu mikirin nanti akan bahagia atau gak
Justru kita yang harus ngerubah semua yang gak enak jadi enak
yang gak yakin jadi yakin
yang menderita jadi bahagia
Hidup kita, ya kita sendiri yang nentuin ~
 

3 komentar:

  1. itulah hidup, mau kita bahagia ato engga sama saja itu tetap namanya hidup
    kehidupan bukanlah masalah bagi manusia yang tau bahwa hidup sudah terencana
    sekalipun itu belum terjadi
    percaya?

    BalasHapus
  2. Bener banget, jadi ya biar aja ngalir. Tinggal kita sendiri yang nikmatin, berusaha ngelakuin yg emg harus dilakuin sebaik-baiknya. makasi lo bang :)

    BalasHapus
  3. buka postinganku yg jadul tentang ibu dek heh linknya http://robinperdana.blogspot.com/2010/04/bunda-aku-mohon-maaf.html

    BalasHapus