Rabu, 24 Januari 2018

Balada Daycare (1)

Hah judulnya pake (1) segala ? Iyeee, karna Keknya bakalan panjang pembahasan daycare ini 😢

Finally nemu daycare yg kayaknya pas di hati, namanya Yayasan Pendidikan Annur di Jl Kelinci Raya Cikarang Baru. Yayasan Pendidikan Islam terpadu dari daycare sampe SDIT ada disana. Bikin pas di hati karena No gadget, No kurikulum, dan No aneh-aneh. Beda dengan daycare2 sebelum nya yang ada matematik lah, berhitung lah, kelas seni lah. O my god, I know el belum siap untuk itu 🙈

Awal pencarian dari mbak google lalu lanjut tanya-tanya via telfon. Sore hari nya saya minta Abi nya EL untuk kroscek tempat. Bener-bener gercep alias gerak cepet. Dari cerita abi nya ini lah menurut dia daycare annur ini yg terbaik dibandingkan daycare2 lain yang sudah kita datengin hari-hari sebelumnya. Bunda asuhnya (begitu pendamping disana disebut) terlihat sabar dan profesional. Anak hanya diajarkan untuk kecakapan hidup sehari-hari, makan sendiri, buang sampah, dan sebagainya. Dengar kabar ini, hati Mamak mulai berbunga 😊

Malam hari setelah itu terjadi diskusi panjang, mamak el galau dan maju mundur, lalu gak lupa mamak cari2 referensi tentang dampak anak masuk daycare. Dari hasil pencarian itu, banyak sih positif nya dan gak melulu merusak hubungan ibu dan anak. Bergantung banget pada bagaimana kualitas daycare juga pada orang tua saat anak gak di daycare.

Diskusi panjang serta kegalauan semalam suntuk menghasilkan simpulan, oke kita coba dulu aja sambil lihat respon El. Tibalah pada hari ini, hari dimana EL ikut trial class alias percobaan di daycare. Sedih karena saya gak bisa ikut dan nemenin EL didalam, khawatir proses Adaptasinya malah terganggu, katanya. Dari yang saya amati sekilas, ruangan daycare memang free Gadget, bersih, rapi, bunda asuhnya pun terlihat profesional. Disana ada beberapa anak sekitar umur 1 tahunan juga sedang tidur, kata bunda asuh memang sekarang jam anak-anak tidur. Baiklah.

Awal masuk kelas el langsung mau digendong sama bunda asuhnya. Karena banyak pula mainan disana, el kelihatannya sih mau2 coba tapi malu. Minusnya disana gak ada kulkas atau freezer untuk simpan ASIP, padahal el masih ASI jadi saya agak kerepotan juga untuk taro ASIP beku nya El 😢 mungkin anak-anak yang lain sudah gak minum Asi. Alhamdulilah saya bawa tas ASIP plus ice gel didalamnya, jadi yaaudah ASIP el tetep ditasnya.

Suara tangis El akhirnya pecah saat lihat saya ninggalin ruangan itu. 
Sedih banget ya rasanya ninggalin anak di tempat asing 😢 Kasian dan gak tegaaa banget bangeeet bangeeeeeet. Tapi, ini harus di coba. Ummi berdoa supaya hari ini El lancar, bisa nyaman disana dan bunda asuhnya el bisa jauh lebih sabar dari Ummi. Ummi harap el gak mikir Umminya ninggalin dia 😭 Karena itu gak akan pernah Ummi lakukan sayang 😢 walaupun gak boleh di dalam, Ummi temenin el diluar ya, sambil muter2. Supaya kalau el butuh Ummi, Ummi bisa langsung meluncur. (Hari ini Ummi cuti Khusus untuk trial class el)

Betah atau gak betah. Lanjut atau gak lanjut. Kita lihat dulu bagaimana respon El nanti sore saat di jemput di daycare. Apapun itu semoga yang terbaik buat el dan buat Ummi yang sesungguhnya belum Ikhlas 100% tapi berasa nemu jalan buntu ini 😢

.........
Sore hari jam 16.05
Ummi Baru aja sampai di daycare, sengaja dtg lebih awal Karena gak sabar ketemu el, sampe lobi buka hape, eh ada pesan dari bunda asuhnya EL :
" Bu, ini EL masih hari pertama jadi nangis terus. Bisa diambil sekarang ? "

Saya balas singkat 
"Iya Bu, saya sudah sampai di daycare"

Saya lalu masuk ruangan EL, dan lihat el nangis sesenggukkan, kayaknya memang sudah lama menangisnya saya bisa lihat dari air matanya yg kering dan mukanya yang sebetulnya sudah lelah menangis.

Setelah saya ambil lalu saya peluk, EL diam dipelukan saya langsung ajak umminya keluar. Lalu mau main sama Ummi di playground punya anak TK. Baiklah, EL Maafin ummi ya sayang, yuk main puas2in hasrat main El  ðŸ˜¢

Hari ini mungkin hari yang sangat berat buat EL sepanjang dia hidup. Mesti gak gampang buat dia adaptasi karena terbiasa ikut saya kemanapun pergi. Dari laporan bunda asuhnya hari itu, El gak mau makan sama sekali, minum ASIP pun gak, seharian banyak nangis, diem hanya beberapa menit Karena baca buku, habis itu nangis lagi.

Sedih hati mamak 😢

Begini ya mungkin yang buibu lain sudah rasakan saat menitipkan anak di daycare. Apa lagi kemampuan adaptasi anak beda-beda, mungkin banyak anak-anak yang jauh lebih heboh dari El. Harus kuat dan harus tega, gitu pesen ibu-ibu yang lain pada saya.

Tapi rasanya saya memang belum bisa setega itu sama El. Karena memang secara umur El belum waktu nya untuk "Pisah" sama orang tuanya, dipaksa pula. Secara umur El belum waktu nya untuk "ikut rule" daycare yang semuanya di jadwal, dan main dalam satu ruangan saja. Karena el yang belum waktu nya, cukup fair kah saya jika saya tetap "memaksakan" el ? I'm not ready.

Sampai dirumah El makan super lahap, minum super lahap, makan buah juga sangat banyak. Ya Allah laper banget ya sayang ? Lagi-lagi Ummi mbrebes mili lihat El.

Melihat kondisi El begini, Ummi dan abi putuskan untuk off dulu lah dari keinginan daycare, sambil cari jalan keluar lain, yang semoga lebih baik. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar