Sabtu, 14 April 2012

Rintisan Lembaga Pendidikan Anak Kedokteran

Sebenernya bingung sih mau cerita dari mana, yang jelas kami sudah melewati proses yang sudah cukup panjang untuk memulai sesuatu yang besar. Kami sadar, sesuatu yang besar harus dimulai dari hal kecil, kecil sekali. Ya, seperti lembaga ini sekarang.

Bermula, sejak saya dan beberapa teman yang masih duduk di semester awal di FK, ya mungkin sekitar semester 3 atau 4 lah. Pada saat itu, ada beberapa teman dan adik kelas yang meminta saya untuk membantu belajar. Dulu saya masih sangat sungkan, bahkan untuk berbicara tentang uang saja sulit. Namun, saya mengerti bahwa sebagai pengajar, saya sudah harus mulai profesional, dalam hal apapun. Maka, saya mulai tingkat keprofesionalan itu dengan menyusun buku bahan mengajar sendiri, meski masih dalam bentuk yang sedaerhana. Buku itu alhamdulilah bisa bermanfaat, bahkan teman-teman dan adik kelas yang tidak ikut saya bimbingpun ikut membeli buku itu, senang ? Ya, tentu :)

Proses belajar mengajar pribadi itu terus berjalan di kamar kost, hingga saya mengontrak rumah karena murid saya terus bertambah. Hingga sampai suatu saat, kami yaitu saya, rio, ali, jim, dan ussi berencana untuk membuatnya menjadi lebih besar dan profesional. Beberapa kali kami melakukan rapat dan kumpul-kumpul, dan akhirnya terbentuk lah Encephalon-JAR. Lupa tepatnya kapan, yang jelas kegiatan E-JAR sudah berjalan beberapa bulan hingga sekarang. Nama E-JAR ini kami ambil dari gabungan nama kami semua ditambahkan dengan kata "encephalon" yang artinya otak, sedangkan JAR adalah Jim, Astri, Ali, Rio, Russy, ya nama kami berempat sebagai Founding atau kami menyebutnya sebagai Konsorsium.

Kini, E-JAR sudah mulai banyak dikenal, bahkan hingga Jakarta. Kegiatannya adalah belajar-mengajar, latihan keterampilan medik dan try out-try out baik itu try out minikuis dalam setiap minggu maupun try out ujian blok yang diadakan di akhir blok. Sejauh ini, kami baru membuka cabang di Yogyakarta dan murid-muridnya adalah mahasiswa kedokteran dari Universitas-universitas di Yogyakarta. Kebanyak murid yang kami tangani adalah murid-murid yang memang memiliki kesulitan belajar, dan untuk itulah kami ada. Dengan moto "We share, We can" kami punya mimpi agar semua mahasiswa kedokteran di Indonesia memiliki satu kesamaan, yaitu semangat untuk memberi dan berbagi dalam ilmu pengetahuan. 

Pada awal pembentukan E-JAR ada beberapa masalah yang kami hadapi, mulai dari lepasnya dua konsorsium kami yaitu Jim dan Ussi hingga masalah dengan Fakultas kami sendiri, FK UII. Namun, niat kami sungguh bulat untuk terus membantu dalam keprofesionalan kami, dan akhirnya kami bisa bertahan hingga sekarang.

E-JAR akan selalu ada dan akan terus berkembang dengan seiring semakin banyaknya mahasiswa kedokteran Indonesia. We share, we can !


Untuk info dan pendaftaran dapat menghubungi manajemen kami :
Ridho Ardi : 081392016146

Tidak ada komentar:

Posting Komentar