Sabtu, 04 April 2015

Welcome to Sulawesi Selatan !!!!

Hel to the lo ....
Menjadi dokter internship adalah sebuah kewajiban dalam program pendidikan dokter
Kami, dokter lulusan baru disebar ke seluruh wilayah di Indonesia, katanya untuk mematangkan hasil pendidikan 6 tahun kemarin tapi kenyataannya di lapangan gak gitu-gitu juga tuh :p
Suka duka di tiap daerah beda-beda
Rasa air dan makanan nya juga beda-beda
and NOW IM HERE, Luwu Timur, Sulawesi Selatan !!!!!




Gak pernah kebayang bisa ada di 'selangkangan'nya pulau Sulawesi
Pulau yang cuma pernah liat di peta jaman SMP
Pulau yang mirip huruf 'K' dan keliatannya deket banget sama pulau Jawa eh ternyata perjalanannya jauh banget

Saya berangkat dari Jogja (JOG) fligt ke Makassar (UPG) dengan perjalanan sekitar 2 jam
Dari Makassar sempet jalan2 dulu ke pantai LOSARI dan icip-icip cotto, sop saudara, dan pisang mpe sambil nunggu bus yang berangkatnya cuma malem untuk menuju ke Luwu Timur
Bus malemnya ngebuut banget coy karena jalanannya sepi tapi keadaan busnya jauh lebih bagus dibandingin bus paling mahal di Jawa
Jadi walopun perjalan Makassar-Luwu 12 jam jalur darat, gak kerasa sama sekali
Sebenernya dari Makassar kita bisa sih naik pesawat ke Sorowako (1 jam dari ibu kota Luwu), cuma jarang banget flightnya karena pesawatnya cuma pesawat domestik punya pabrik Nikel di Sorowako dan harganya relatif lebih mahal 600-800rb per orang

Yap, saya disini sekitar 1 tahun kedepan dan sekarang udah berjalan 1 bulan lebih
Empat bulan pertama saya di kota Malili, Ibu Kotanya Luwu Timur
Delapan bulan selanjutnya baru deh di Wotu, kota yang jaraknya sekitar 1 jam dari Malili

Sebulan disini,
Rasanya menyenangkan :)
Saya sekelompok ada 7 orang yang akan sama-sama terus selama 1 tahun
Yaaa namanya juga baru kenal, ada lah beberapa kendala
Tp so far so good (saya rasa sih, gatau juga kalo yang lain rasanya gimana) ;p

Kesan saya pertama disini adalah PANAS banget bro !
Padahal secara geografis ada di sekitaran gunung dan bukit tapi panasnya berasa di tengah pulau yang di kelilingin pantai, asli TROPIS banget
Walaupun hujan hampir ada di setiap malam, tapi siangnya itu loh gak nahan
But, yang bikin betah disini adalah orang-orangnya yang baik-baik ngelebihin orang-orang di Jawa
Mereka disini guyub dan saling kenal satu sama lain, mungkin karena kotanya kecil kali ya
Hampir setiap hari ada makan gratis disana sini
Entah sekedar makan biasa sampe syukuran dan akikahan
Apapun semua makan !

Menu yang khas dari sini namanya Kapurung,hampir seluruh acara makan disini selalu ada Kapurung
Kapurung adalah makanan sejenis sayur yang didalemnya terdiri dari bola sagu kenyal-kenyal, sayur sayuran, kuah ikan dan rasanya seger-seger asem gitu
Masalahnya, lidah saya belom kebiasa makan Kapurung, jadi sepanjang disini baru sekali aja nyicip, itupun cuma kuahnya, kalo disuruh makan bola sagunya ampun dah, gak sanggup :( geli geli kenyal gitu liat nya. wkwkwkwkw
Tapi temen-temen yang lain gak masalah tuh mereka bisa nikmatin dengan lahap :D

Makanaan lain kayak Dange (batang sagu) yang jadi campurannya kalo makan Parede (Ikan bandeng kuah kuning rasanya asem-asem seger), Lawa (kalo di jawa sejenis urap), dan berbagai makanan lain yang dibuat dari seafood
Maklum, disini banyak pengusaha tambak jadi sering banget deh kami makan udang dan kepiting
Harga seafood disini jauh lebih murah dibandingin harga ayam potong saking produksinya melimpah ruah :)

Kalo saya lebih suka makanan camilannya yang kebanyakan dibuat dari pisang, kayak Saggara Balanda alias pisang goreng campur gula hitam, Pisang pepe ( pisang goreng dicocol sambel) dan banyak lagi olahan pisang yang enak-enak
I'M FALLIN IN LOVE W BANANA HERE !!!

*Tapi jujur nih ya sekarang saya kangen banget sama makanan jawa, pengen banget makan nasi uduk, makan ayam geprek (yang ini udah keturutan saking kangennya sampe bikin sendiri), kangen rasanya daging, buah-buahan seger kayak mangga dkk (disini lagi musimnya durian, langsat, rambutan dan cempedak jadi buah2 lain gak ada -.- ), dan banyak lagi makanan jawa yang saking kangennya sampe kebawa mimpi :( *

Selain orang-orangnya yang guyub, makanan seafoodnya yang melimpah, olahan pisang yang beraneka macam, Luwu Timur juga terkenal dengan Danau-danau besar dan BUAYA-nya
Disini banyak banget danau besar salah satunya yang udah pernah saya kunjungin di kota Sorowako namanya danau Mantano
Airnya bening, bersih dan biasa dipake warga disini buat berenang :)
Tapi, jangan salah nih ...
Di banyak sungai dan danau yang bagus, tenang dan bersih tersimpah banyak buaya liar
Yap !
Disini buaya nya masih asli, bebas berkeliaran, berjemur dan berkembang biak
Pengen banget ngeliat langsung sih kayak apa bentuknya Buaya Sulawesi, i hope someday :)

Last but not least,
Saya berusaha menikmati setiap detik disini
Walaupun sering kangen dan keinget semua makanan dan wajah-wajah orang Jawa
I MISS YOU ALL, sampe ketemu satu tahun lagi
 
*LEBAY BANGET YAK BERASA DI LUAR NEGERI YANG SUPER JAUH PADAHAL CUMA DI SULAWESI :* 

0 komentar:

Posting Komentar