Rabu, 11 Januari 2017

My Little King, Baby El

Bisa menjadi working mom dan tetap bareng anak itu adalah surga versi lain bagi beberapa Ibu (yang memang ingin atau harus terus bekerja), especially saya. Tetap bekerja setelah hampir 40hari dirumah adalah pilihan yang (cukup) sulit, malah jadi baper gitu. Harus ninggalin anak saat lagi nikmat2nya ngurus anak itu rasanyaa -.-

Cita-cita banget bisa ngurus anak sendiri, bisa lihat langsung tumbuh kembangnya, bisa jadi orang pertama yang tau bakatnya, jadi care givernya yang utama dan semua hal kepingin banget bisa dilakukan bareng anak, sambil bawa anak.

Alhamdulilah, punya tempat kerja (read : RS) yang cukup ramah anak. At least gak ngelarang bawa anak dan orang-orangnya juga mendukung. Sempat takut untuk besarin baby El di tempat infeksius, tempatnya penyakit, tapi dengan banyak pertimbangan saya bertekad untuk tetap maju jalan. Bismillahirrahmanirrahim, Allah yang jaga El, ya sayang.

Dan jadilah saya, half working mom -walaupun bekerja nya full dan bawa anaknya full juga- sedangkan Baby el sekarang jadi dokter kecil, kesayangannya para suster dan bidan di RS.

Bisa ngikutin tiap detiknya dia adalah kebahagiaan tersendiri bagi saya, berikut ringkasan perkembangan el yang insyallah akan terus bisa saya dampingi :

Usia 0 bulan +
Baby el masuk Perinatologi dan gak bisa rawat gabung sama Umi nya karena hasil laboratorium post lahir kurang begitu bagus (high CRP). Tapi tenang sayang, Umi selalu jaga baby El di perina. Hampir tiap berapa jam sekali datang kesana untuk menyusui dan lihat El. Oya, disana el jadi bayi paling ganteng, karena yang lain perempuan :P si newborn el tau banget tiap Umi nya dateng mesti nangis, setelah dipegang umi langsung deh anteng. I love you my dearest baby boy :3

Tantangan banget adalah saat 2 hari pertama, ASI Umi belum begitu banyak. Walaupun sempet stress tapi Umi dan Abi terus berusaha untuk bisa memberikan el Asi, daaaan berhasil :)

Kebahagiaan kesekian bagi saya adalah saat bisa bawa el untuk pertama kalinya ke rumah. Welcome home baby sayang... Semua orang sudah menantikan El pulang, mau lihat baby ganteng katanya.

Baby el butuh 30 hari untuk bisa beradaptasi dan punya siklus tidur yang lebih teratur. Selama 30hari itu malam jadi siang, siang jadi malam, malah sering gak ada bedanya. Tapi alhamdulilah, saya gak sendiri, masih ada mama (read : nenek). So, up and down nya saya sebagai Ibu baru gak sendirian banget lah. Walaupun harus sering elus dada lantaran banyak hal yg cuma sebatas tradisi gak bisa saya terima dari segi medis dalam merawat el.

Semua Ibu pasti mau yang terbaik bagi anaknya, begitu pun saya, juga keluarga yang lain. Semua perdebatan ini karena sayang yang sangat sama el. Semua orang sayang el...

Usia 1 bulan +
Ternyata 40 hari dirumah aja dan gak bisa kemana-mana gak enak banget yah. Bosen, suntuk, ditambah efek hormon yang naik turun jadi makin emosional. Bener banget yang bilang Ibu RT lebih butuh piknik, I feel that.

Diumur 40 hari, untuk kali pertama El diajak keluar rumah (jauh). El nemenin umi dan abi rapat di sebuah hotel. Foilaaaa, el bisa bekerja sama dengan baik, anteng :) El jadi satu-satunya bayi disana. Hehe ...

Rutinitas baby el yang sudah uminya rutinkan adalah pijat setelah mandi dan dibacakan buku atau dongeng. Tebak apa reaksinya el kalau didongengi? Luar biasa responsif, seakan ngerti apa yang uminya ceritain :)

Usia 2bulan +
Berat badan el naik drastis, bikin saya semakin semangat untuk mantau chart pertumbuhan dan milestone di buku nya El. Selain itu, el udah lebih anteng dari sebelumnya, makin pinter. Pandangan el mulai jauh, udah bisa senyum saat diajak senyum. Senyum el manis sekali nak.

Baby el udah gak bisa tuh pakai bedong atau kain2. Mesti diberantakin dengan gerakan ulet nya yang menggeliat-geliat.

Diumur 2 bulan ini baby el untuk pertama kalinya berenang. Dari yang awalnya cuma diem aja, sampai akhirnya baby el bisa kesenengan di air. Gayanya baby el gemesin banget pokonya, apalagi saat udh nungging2 atau muter2 gak jelas. So, rutinitas el bertambah satu dengan berenang 2x seminggu.

Kondisi lain yang ikut berubah adalah tangan uminya yang jadi kaku, sering sakit dan pegal karena sering angkat2 el yang makin berat. Akhirnya saya sudah jadi Ibu RT sesungguhnya dengan menderita Carpal Tunnel Syndrom dan Trigger Finger, but I'm really happy mother 👸

Usia 3 bulan +
Pertama kali nya baby el diajak traveling keluar pulau. Tantangan nya banyaak banget, dari mulai bawaan barang, jadwal tidur dan mandi el yang sudah sangat teratur, dan nangisnya el yang ngagetin orang sekampung. Tapi gak masalah sekali buat Umi nak, I know you so well :)

Kalau besar baby el bisa ingat, pertama kali baby el berenang di kolam besar ya diumur 3 bulan, saat diajak traveling.

Di usia ini, untuk kali pertama baby el dibawa jaga di RS. Kadang anteng, kadang penuh dengan drama. Satu-satunya yang saya pikirin sih telinganya tante perawat, hehehe. Kalau saya? I'm oke baby, malah seneng karena bisa bareng sama el :) alhamdulilah selama diajak jaga El selalu sehat. El bayi kesayangan Umi yang kuat.

Usia 4 bulan +
Tepat diusia 4 bulan baby el bisa tengkurap sendiri, walaupun diawal penuh perjuangan sampe teriak2 segala. Happy banget liat semangat baby el, usahanya yang gigih and I'm proud of you sayang.

Baby el udah bisa banget narik2 mainan, nyentuh2 wajah, narik-narik rambut siapapun yang gendong, teriak-teriak, mulai merambat ambil mainan, udah bisa angkat badan untuk duduk dan banyak hal lain yang nanti bisa el lihat sendiri di buku kesehatan El, semua sudah tercatat rapi karena saking berharganya. Milestone baby el sangat pesat perkembangannya. Uminya makin bangga sama baby el.

Terus semangat kesayangan💏 !

............ To be continue karena baby el baru aja masuk di bulan ke 5.

Harapan Umi mungkin adalah harapan semua Ibu di dunia ini. Umi berharap bisa selalu bareng sama baby El, bisa terus liat pinternya baby El, bisa terus dampingi El dalam berbagai keadaan.

Umi love you my little king to the moon and back and back again again again again ...

🌼🚼🎊♥

Posted on by Astri Sulastri Prasasti | No comments

0 komentar:

Posting Komentar