Senin, 09 Januari 2017

New Mom, New World

Menjadi new mom, berjuta rasanya... Ya tentu bukan dimulai sejak melahirkan, tapi jauh sejak kehamilan ...

Banyak calon Ibu bahkan mengalami "penderitaan" hingga 6-9 bulan, dari mulai badmood, susah makan, mual, lemas dan banyak lagi efek perubahan hormonal dalam tubuh. Walaupun gak sedikit juga yang proses hamilnya sangat amat lancar dan damai ...

Enak mana ? Ya gak ada yang enak kalau mau dihitung-hitung, karena sama-sama gak nyaman bawa perut yg makin lama makin menggembung, makin keluar stretch mark, beberapa bahkan berjerawat sana sini, tapi soal rasa ? Tentu sama bahagia nya :)

Baik normal ataupun SC (section caesar) suer dua-duanya penuh pengorbanan, cuma beda cara aja...

Ibu yang kebagian melahirkan normal harus melewati sakit yang luar biasa, berlama-lama dalam sakitnya mengedan. Sedangkan bagi yang SC harus berlama-lama dengan luka bekas SC, bersusah-susah melakukan ini itu. Keduanya sama, sama-sama bertaruh nyawa. Maka layaklah mengapa dalam Islam perempuan sangat ditinggikan derajatnya.

Menjadi Ibu baru di minggu-minggu awal, penuh lika liku terutama bagi pasangan muda. Dicap belum mampu, belum bisa mengurus bayi, yang pada akhirnya terjebak dalam ritual tradisi yang belum tentu dibenarkan secara medis dan agama. Tidak semua, tapi belum tentu ...

Say hallo to begadang, dan welcome to lelahnya lawan kantuk (almost) 24 jam nonstop. Mengingat bayi baru lahir butuh adaptasi dengan lingkungan sekitar dan siklus bangun-tidur (sirkandian) nya belum ada sama sekali, so ? Selamat berjaga ya mom ! Pagi-siang-malam, gak ada bedanya, sama-sama menghadapi tangisan, siap sedia gendong sana sini. Beruntunglah bagi Ibu yang punya pendamping super entah suami, entah orang tua, entah saudara. Sangat amat membantu. Tapi siap sedia juga denger kritikan baik yang menghancurkan hati jiwa raga ataupun yang membangun.

Kapan berakhir ? Ya beda-beda tiap anak, ada yang 2minggu, sebulan, 4 bulan. Berdoa ajalah semoga sekeluarga terutama si new mom dan baby selalu diberikan kesehatan dan kekuatan :)

Selain gangguan tidur, tidak sedikit Ibu yang mengalami gangguan psikis, puting lecet, luka jahitan infeksi, infeksi payudara, dan banyak masalah lainnya. Maka sangat salut bagi mereka yang meski mengalami ini itu bisa tetap istikomah memberikan hak anaknya berupa ASI, namun juga tetap mendukung Ibu lain yang akhirnya harus rela memberikan susu formula.

Cuma mau bilang, Mom, you're not alone. Even your baby drink a "cow milk", you still her/his super power mother. You're the best.

Minggu berganti bulan bahkan tahun , masalah terkait nyeri mungkin beberapa telah hilang. Tinggalah kebahagiaan dan kesumringahan melihat perkembangan bayi kecil kebanggaan kita, para Ibu dengan segala keistimewaannya. Dan kebahagiaan itu terus akan kita rasakan mom sampai bayi itu tumbuh dewasa, I believe that !

Mulai dari bisa melihat wajah kita, bisa tersenyum, bisa mengoceh, berespon saat diajak bercanda, tertawa geli saat digoda, dan selanjutnya... Semuanya membahagiakan kan mom ? Luar biasa perasaan yang bayi kecil itu beri pada kita. Maka sudah sepantasnya kita berterima kasih pada bayi-bayi itu dan merawatnya dg penuh kasih.

Bukan lah dia yang ingin dilahirkan, tetapi kita yang mengundangnya.
Bukan lah kita satu-satunya yg berjasa, justru banyak air mata kita yang sanggup dia hapus dengan kelucuan-kelucuannya.

Ah, betapa ajaibnya Allah menciptakan semua perasaan, chemistry dan semua keindahan ini :)

Dan alhamdulilahirabbilalamin, saya menjadi salah satu perempuan yang diberi kesempatan merasakan dan menjalani semua keluarbiasaan ini, (di umur sebegini).

Percaya banget, bahwa banyak diluar sana pasangan yang harus dengan super super super sabar menanti. Percaya lah hanya orang terpilih dan kuat yang diminta menunggu (agak) lama, karena Allah tau hingga batas apa umatnya menanti.

Semangaaat calon mom dan dad diluar sana, ada kado luar biasa atas usaha dan kesabaran yang luar biasa diujung sana !

Posted on by Astri Sulastri Prasasti | No comments

0 komentar:

Posting Komentar