Senin, 25 Juni 2018

El, Vespa dan Balance Bike

Kenapa harus Balance Bike ?

Sebenernya gak ada keharusan juga untuk memilih balance bike karena masih ada pilihan lain seperti sepeda roda tiga atau sepeda pedal ukuran mini, yang lebih familiar dilihat masyarakat umum. Tapi, kenapa akhirnya saya memutuskan untuk memilih balance bike untuk El ?

Balance bike adalah sepeda tanpa pedal atau utikan atau gowesan yang diperuntukkan untuk anak usia 18 bulan - 4 tahun. Dulu banget saya kira anak baru bisa main sepeda diatas umur 3 tahun loh, ternyata salah banget ya. Justru ngajarin keseimbangan pada anak itu bisa dari usia yang dini banget dan manfaatnya luar biasa. Dilansir dari website www.theasianparent.com manfaat balance bike antara lain :

1. Merangsang kemampuan pendengaran anak dan mengajarkan anak untuk  memilah suara yang harus didengar atau tidak
2. Melatih otot-otot besar pada kaki dan otot-otot kecil pada tangan
3. Melatih keseimbangan
4. Membangkitkan percaya diri
5. Melatih anak megatur gerak dan koordinasi
6. Mengajarkan anak mengendalikan rasa takut

Daaaaan beberapa dari daftar manfaat diatas gak bisa didapatkan dari sepeda roda tiga atau sepeda dengan pedal ukuran mini yang ditambah bantuan roda jadi roda 4. Selain itu, jika sedari awal anak menggunakan sepeda roda tiga maka anak harus kembali beradaptasi dan belajar keseimbangan saat menggunakan sepeda roda dua dengan pedal.

Buat saya sendiri, pilihan balance bike ini bukan step pertama mengajarkan el melatih kekuatan, koordinasi dan sebagainya. Sejak umur 15 bulan plus el sudah main vespa ukuran mini. Mainan murah, gampang didapet dengan segudang manfaat. Vespa ini jadi salah satu mainan terfavorit El. Setiap hari, entah itu pagi, siang, sore bahkan malem El selalu nyari vespa untuk diajak muter-muter kampung. Selalu, setiap hari, itu vespa pasti keluar kandang buat lihat bebek, lihat saluran air, lihat pipa, lihat masjid, dan semuanya. Bahkan dia bisa meluncur dari lantai 3 gedung RS -dulu saat El masih sering diajak ke RS- (dengan pengawasan) dengan happy-nya.





Nah karena sudah mahir banget main vespanya (menurut saya), jadi saya pikir El layak untuk naik ke fase selanjutnya. Fase selanjutnya pilihan saya jatuh kepadaaaaaaaa (terereng tereng) balance bike dengan segala manfaatnya. Bener aja seperti dugaan saya, El keliatan sangat sangat ecxited dan sangat happy.

Awal main balance bike (Sekitar 2 minggu yll) dia cuma berani muter-muter rodanya, lalu mencoba main dan cuma didalem rumah. Gapake lama waktu dia untuk adaptasi (sekitar setengah jam), dia berani main sepeda keluar, mutar-muter gak ada bosennya. Si vespa-pun akhirnya masuk museum karena sekarang El selalu nanyain sepeda dan si vespa 90% dilupakan (sesekali masih dimainin buat muter-muter dalem rumah). Dalam sehari dia bisa muter kampung main balance bike 3-4x. Walaupun masih sering jatoh-jatoh tapi gak pernah kapok, selalu main dan main lagi. Tiap el keliling kampung, El jadi sorotan.

Orang-orang yang ngelihat selalu nanya, umur berapa itu udah bisa main sepeda ? umur 22 bulan bu. Lah kok gak ada gowesannya ? dan yaaaaaah penjelasannya panjang deh karena emang buat banyak orang balance bike belom terlalu populer. Malah buat sebagian orang kelihatan aneh gitu karena ada sepeda gak ada pedal, ada juga yang kasian lihat anak kecil harus bawa sepeda yang gak pake digowes. Sayapun gatau juga kasihannya dimana -.- Tapi, yaudah lah, gak perlu menjelaskan banyak hal juga, toh anaknya happy-happy aja. Bye netizan. hehehe

Saking lagi happy nya dia main balance bike, itu sepeda kesayangan harus selalu disimpen ditempat yang terlihat oleh pandangan matanya. Bahkan sampai pas liburan pun, itu sepeda selalu dibawa kemana-mana. Kalau sepedanya gak kelihatan atau kalau sampe ketinggalan di suatu tempat, el bisa ngamuk guling-guling :(












Anw, merk balance bike itu banyak banget dengan berbagai level harga, kelebihan dan kekurangan,  tapi akhirnya pilihan saya jatuh pada london taxi. Kenapa ? Selain modelnya yang lumayan familiar, harganya pun cukup terjangkau. Jadi ceritanya El udah minta sepeda dari lama (iya dia udah bisa minta sepeda karena sering lihat orang dewasa main) tapi saat itu gak langsung dibeliin. Sengaja, sekedar mengajarkan el bahwa gak semua yang dia mau harus langsung ada, harus ada prosesnya. Sejak saat itu el mulai nabung (dia udah mulai ngerti juga nabung di celengan :p) tiap dia dikasih uang dari siapapun. Saat hasil tabungannya udah dirasa cukup baru deh kita beliin sepeda. Karena pake tabungannya sendiri, gak tega kalau beli yang harganya selangit. hehehe.

Kalau nanti el udah keren main sepedanya dan udah bisa pake pedal kita nabung lagi ya sayang.
Semangat ya El main sepedanya, semoga El selalu happy dan makin mahir :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar