Kamis, 30 Agustus 2018

#NiceHomework1 (NHW 1)

Adab Menuntut Ilmu  

Materi pertama dalam Matrikulasi IIP ini mengenai adab yang didahulukan dalam mencari ilmu dengan quote yang saya garis bawahi "Menuntut ilmu adalah salah satu cara meningkatkan kemuliaan hidup kita, maka carilah dengan cara-cara yang mulia".

Berikut beberapa poin pertanyaan dalam NHW1 dimana sebelum menuntut ilmu kita harus tau dulu ilmu apa yang ingin kita miliki, apa asalan terkuat untuk kita belajar ilmu tersebut dan apa strategi yang akan dilakukan,


Tentukan satu jurusan ilmu yang akan anda tekuni di universitas kehidupan ini?
 
Salah satu ilmu yang akan terus kita jalani sampai akhir hayat adalah Seni Menjadi Orang tua. Rata-rata dari kita mungkin termasuk kategori well educated tetapi tidak menjamin sudah menjadi orang tua yang baik, dalam kaca mata umum. Karena, menjadi orang tua tidak ada sekolahnya, tidak ada batas waktu belajarnya, dan tidak ada benar sekali atau salah sekali. Maka pantas dikatakan bahwa menjadi orang tua adalah seni. Bagaimana bisa menjadi orang tua dari satu, dua bahkan sepuluh anak dengan sifat dan karakter yang berbeda. Bagaimana menjadi orang tua dengan satu bahkan puluhan kemungkinan kondisi berbeda antara satu dengan lainnya. Tentu ada perlakuan berbeda, ada tantangan dan jawaban yang berbeda, disitulah diperlukan seni menjadi orang tua.


Alasan terkuat apa yang anda miliki sehingga ingin menekuni ilmu tersebut?
 
Tidak ada alasaan yang lebih kuat untuk menguasai seni menjadi orang tua selain melunaskan kewajiban sekaligus bentuk kesyukuran pada Allah SWT karena telah menitipkan mahluk luar biasa ada dalam jangkauan kita. Alasan untuk menjadi orang tua yang baik, alasan membahagiakan anak, alasan mengedukasi anak, sungguh semuanya bermuara pada satu titik dimana hanya ridha Allah SWT sebagai tujuannya.


Bagaimana strategi menuntut ilmu yang akan anda rencanakan di bidang tersebut?

  1. Mencari kelompok maupun komunitas yang sesuai dengan visi misi keluarga sehingga keinginan menuntut ilmu bisa selalu terpupuk. Selain itu, dalam kelompok atau komunitas akan tercipta take and give balance, bisa saling menyemangati, bisa saling support dalam kebaikan satu sama lain.
  2. Menghadiri majelis-majelis ilmu yang diminati atau dirasa perlu dikuatkan dalam menjadi orang tua dan mendidik anak.
  3.  Sabar dan rileks dalam semua proses implementasi ilmu, karena mungkin jauh dari idealisme dan ilmu teori. Ingat kembali pada konsep bahwa menjadi orang tua adalah seni, yang tidak ada sekolah dan tidak ada batas waktu belajarnya.
  4. Serahkan kembali semua pada Allah SWT, bahwa manusia berkewajiban mengusahakan sesuai dengan kesanggupan sedang pemilik dan penentu segalanya tetap Sang Maha Kuasa.

Berkaitan dengan adab menuntut ilmu,perubahan sikap apa saja yang anda perbaiki dalam proses mencari ilmu tersebut?

Sebagai seorang dokter yang terbiasa belajar dan membaca lalu mencari literature secara mandiri karena sudah terbentuk dalam sistem pendidikan dokter serta tuntutan menjadi dokter sebagai log life learner terkadang membuat saya ‘merasa sudah tau’akan suatu hal. Padahal sayapun sadar bahwa hal tersebut adalah fatal bagi seorang pembelajar. Maka hal pertama yang harus diperbaiki adalah adab pada diri sendiri. Ketika adab pada diri sendiri sudah mampu dituntaskan maka tentu adab-adab yang lain sangat penting untuk dikuasai. 
Astri Sulastri Prasasi
NHW1
IIP Batch 6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar