Jumat, 21 September 2018

#Nice Homework 8 (NHW 8)

Misi Hidup dan Produktivitas


Tidak terasa sudah memasuki dua pekan terakhir perkuliahan online Matrikulasi Ibu Profesional Batch 6. Pada NHW 8 kali ini, kita diminta untuk menuliskan misi hidup penciptaan kita ke dunia dalam bentuk mimpi-mimpi yg ingin dicapai baik jangka pendek maupun jangka panjang. 

Dalam materi NHW8 dijelaskan bahwa ada 3 elemen yang harus diketahui berkaitan dengan misi hidup dan produktivitas :
a. Kita harus menjadi (memiliki mental) seperti orang yang kita harapkan (be)
b. Kita harus melakukan hal-hal yang seharusnya kita lakukan (do)
c. Kita mempunyai semua yang kita inginkan (have)

Dari aspek dimensi waktu ada 3 periode yang perlu diperhatikan :
a. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu kehidupan kita (lifetime purpose)
b.Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu 5-10 tahun ke depan (strategic plan)
c. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu satu tahun (new year resolution)

from : pinterest

Berikut adalah jawaban-jawaban saya dalam NHW 8 :

a. Satu ranah aktivitas yang saya ambil dalam diagram Suka-Tidak Suka-Bisa-Tidak Bisa (pada NHW 7) adalah menulis. Menulis adalah salah satu kegiatan yang tidak pernah membuat saya bosan bahkan saya terus merasa terpanggil untuk menulis, tentang apapun itu. Menulis bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun saya mau, cukup fleksibel.


b. Setelah dipilih “BE DO HAVE” yang saya susun adalah :
  • BE : Mental yang harus dimiliki oleh seorang penulis adalah mental untuk terus belajar. Belajar membaca banyak buku sehingga kaya wawasan dan kaya diksi, sehingga akan ikut memengaruhi karya yang ditulis. Belajar peka untuk melihat banyak fenomena di sekitar yang sebetulnya menarik untuk bisa dikupas dan dibahas lebih lanjut. Belajar menjadi orang lain agar saat menulis kita bisa melihat sesuatu yang berbeda dari cara pandang yang berbeda terhadap suatu permasalahan, tentu tulisan yang dihasilkan pun semakin baik.
  • DO : Untuk menjadi seperti yang saya harapkan adalah dengan selalu update infromasi dan tidak malas membaca mengenai banyak hal. Luangkan waktu dalam seminggu untuk bisa membuat tulisan yang berkualitas dan bemanfaat bagi banyak orang di media sosial dan di blog. Gunakan semaksimal mungkin keilmuan yang dimiliki sehingga bisa menghasilkan tulisan yang berkualitas dan tepat sasaran juga menjadi sarana belajar tambahan untuk mendalami ilmu yang dimiliki.
  • HAVE : Jika sudah memiliki apa yang saya harapkan saya akan menulis sebuah buku sesuai minat dan bidang yang saya tekuni sehingga apa yang sudah saya pelajari bisa terdokumentasi dengan baik dan lebih luas penyebarannya.

c. Aspek Dimensi
  • Lifetime purpose : Menjadi ibu yang bisa dibanggakan dan dekat dengan anak-anak, Istri yang dibanggakan dan selalu dirindukan oleh suami, serta menjadi orang yang diingat oleh banyak orang sebagai orang yang bermanfaat melalui tulisan-tulisan dan ilmu nya.
  • Strategic plan : Aktif menulis di blog dengan tulisan yang berkualitas, mulai mencoba menulis dengan serius baik di media sosial maupun di offline untuk mengikuti lomba-lomba penulisan agar lebih terasah. Banyak bertanya kepada orang yang paham dunia tulis menulis. 
  • New year resolution : Menerbitkan minimal 1 buku baik sebagai kontributor maupun sebagai penulis utama.
Demikian, semoga apa yang sudah saya tulis ini mampu memacu saya untuk lebih maju dan produktif tanpa mengesampingkan peran utama saya sebagai istri dan ibu. Semoga Allah memberikan saya kesempatan dan kemampuan untuk bisa mewujudkan apa yang telah saya tulis. Amin.

Saya kutip kalimat yang sungguh luar biasa dari materi NHW 8 ini :
Uang akan mengikuti sebuah kesungguhan, bukan bersungguh-sungguh karena uang
adalah bahwa bukan uang dan faktor duniawi yang menjadi tujuan dalam melakukan misi hidup kita melainkan kesungguhan dalam menjalankan misi hidup yang akan membawa kita pada titik kemuliaan, baik di dunia maupun akhirat. Insyallah.
Mulailah dengan PERUBAHAN, karena pilihannya hanya satu BERUBAH atau KALAH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar