Selasa, 26 Mei 2015

Hari-hari Akhir Puskesmas :)

Empat bulan emang gak kerasa banget deh. Terhitung tanggal ini aja, 26-05-2015 udah H-20 kami pindah dari Puskesmas Malili ke RSUD Ilaga ligo. Sama kayak semua hal di dunia ini, selalu ada dua sisi, enak gak enaknya, positif dan negatifnya. 

Di Puskesmas Malili enak, kegiatannya lebih jelas. Setiap pagi sampai jam 2 masuk seperti biasa di poliklinik, IGD atau Kandungan. Kalau kebetulan ada jadwal jaga ya berarti hari itu kerjanya 24 jam sampai hari besoknya lagi terus off alias libur. Setiap beberapa waktu kegiatannya diseling dengan kegiatan luar Puskesmas, kayak penyuluhan, posyandu dan kunjungan rumah. Walaupun setiap hari pasti ada kegiatan, tapi jelas, kita punya jadwal. Kelebihannya lagi disini kami dapet hak yang sama dengan dokter tetapnya, mulai dari pemeriksaan pasien, terapi sampai pemberian jasa medis. Ya tentu aja bikin HAPPY ! Secara BHD (Bantuah Hidup Dasar) dari pemerintah yang cuma dikasih per tiga bulan gak bisa diandelin. Ya masa selama BHD belom turun mau makan batu :p Dipikir kami dokter intership bukan manusia yang butuh makan kalik ya sama pemerintah, berasa robot aja. 

Bedanya dengan Puskesmas, di RSUD Ilaga ligo lebih privasi. Kami diberi rumah dinas semacam kos-kosan bentuknya, yang satu kamar ditinggali cuma 2 orang. Alhasil, saya cuma tinggal berdua bareng suami. Tentu aja lebih nyenengin dong, dibandingin tinggal bareng tapi serba ribet :D Tapi, jadwal jaga disini lebih longgar dengan 3 shift per tiga gari dan sisanya libur. Gak kebayang deh tuh kebanyakan waktu kosongnya dipake buat apa. HAHAHA. Berhubung kami gak dapet kendaraan dinas di RSUD, kami cuma bisa pakai mobil jika hanya jika dokter spesialisnya gak pake, dan kesempatan itu jarang banget. So, lebih banyak waktu membusuk di kosan kecuali ikut ambulans rujukan puskesmas atau naik mobil sewaan buat sekedar ke kota (Malili).

But, proses tetep aja proses yang harus dijalanin. Ga peduli enak mana, gak peduli suka yang mana, gak peduli kita masih betah atau kita mau cepet pergi. Yang jelas, saya ingin internship ini cepet selesai dan bisa berkarya lebih maksimal lagi setelahnya, karena masih banyak proses panjang yang harus saya lewati. Saya gak muluk-muluk lah, jalanin, nikmatin, lewatin, selesai :)

Bertepatan dengan hari kepindahan kami ke RSUD juga merupakan hari ke-3 bulan Ramadhan. Rasanya pengen banget bisa pulang, kalau bisa malah sampe lebaran. Tapi gak mungkin banget bisa terwujud. Ya okelah, rasa-rasanya diubah jadi .. rasanya pengen banget bisa pulang di hari lebaran nanti. Kalo kata anak-anak yang sekarang di RSUD sih setiap anak punya jatah libur 10 hari dan letaknya dimana, tergantung kebijakan dari pembimbing. Semoga aja bisa dimajuin dan dipas-pasin sama hari lebaran deh. Karna kalau sampai gak pulang, lebaran kali ini adalah lebaran pertama punya dua keluarga dan gak bisa kumpul dengan kedua keluarga, IRONIS. 
Posted on by Astri Sulastri Prasasti | No comments

0 komentar:

Posting Komentar