Selasa, 26 Mei 2015

Tempat-tempat yang Wajib Dikunjungi di Tana Toraja !

Heyho, akhirnya bisa menulis lagi. Kangen banget rasanya pengen cerita-cerita karena you know, sometime lebih enak ngobrol lewat tulisan dibandingin ngobrol sama orang :p

Beberapa waktu lalu, saya serombongan (terdiri dari anggota iship puskesmas Malili, beberapa perawat dan keluarganya dr. Benny -Kepala Puskesmas Malili-) ngunjungin Tana Toraja. Tana Toraja udah terkenal banget dengan tradisi pemakamannya yang super WOW, tapi sayang cuma ada di bulan-bulan tertentu yaitu di Bulan 6 dan Bulan 12 (Lovely Toraja) karena pada saat tersebut bertepatan dengan libur anak sekolah, jadi anggota keluarga yang tinggal jauh bisa menghadiri acara pemakaman. Konon, acara pemakaman ini bisa ngabisin dana milyaran loh daaan acaranya lebih mewah dibandingin acara pernikahan :)

Hal menarik lain dari Tana Toraja adalah kebiasaan penduduknya beternak kerbau. Kerbau di Tana Toraja bukan kerbau sembarangan. Biasanya kerbau disini berukuran lebih besar dan warnanya bagus (warna kerbau yang bagus menurut masyarakat Toraja adalah kerbau dengan bercak putih di kepala, diekor atau belang-belang diseluruh tubuhnya yang malah mirip sapi). Kerbau tersebut diberi nama Lemo Tedong. Satu kerbau bisa dibandrol seharga mobil Fortuner loh. Bagi masyarakat Tana Toraja punya kerbau bagus dan besar merupakan kebanggaan tersendiri, daaan kalau ada yang sampe ngorbanin kerbau buat acara pemakaman artinya keluarga itu kaya raya. WOW kan ? :)

Dari Malili; kota saya tinggal, Tana Toraja bisa dicapai melalui jalur darat kurang lebih 6 jam. Jalanannya itu gak nahan banget lah, mirip-mirip jalan di Puncak, Jawa Barat dengan kecuraman yang lebih serem dan jumlah tikungan yang lebih banyak. Paling enak sih berkendaranya pagi atau siang, karena kalau terlalu sore bakalan kejebak ujan atau kabut diatas gunung dan jadi gak worth it banget. Padahal di waktu terang, kita bisa menikmati pemandangan yang lumayan cantik di kiri dan kanan sepanjang perjalanan.

Oke, ini sedikit review tentang tempat-tempat menarik di Tana Toraja :

1. Ke'te Kessu : Ke'te Kessu adalah tempat yang biasa digunakan untuk pesta pemakaman beberapa keluarga berdarah biru disini. Selain situs pemakaman, gua-gua dan tempat jualan pernak-pernik ala Toraja, ada juga barisan rumah adat Tana Toraja yang malah jadi bagus banget jadi obyek wisata, padahal rumah-rumahnya masih dipake tempat tinggal sama pemiliknya, jadi jangan kaget kalau dari rumah kedengeran siur-siur musik dangdut melayu :p




Sedikit review, jumlah kepala kerbau yang ada didepan rumah adat melambangkan jumlah kematian yang sudah terjadi di keluarga tersebut. Jadi makin banyak kepala kerbaunya, makin banyak juga anggota keluarga yang udah meninggal.

2. Londa : Secara kasat mata Londa cuma kayak gua-gua biasa, tapi setelah masuk eh ternyata banyak tengkorak dan peti matinya. So, Londa ini adalah tempat untuk pemakaman juga. Walaupun, jumlah mayat dan petinya gak sebanyak di Ke'te Kessu, pemandangan di Londa gak kalah menarik loh. Gak perlu takut gelap masuk gua, karena kita bisa nyewa jasa guide sekaligus lampu petromaknya sebegai sumber cahaya di dalam.






3. Baby Grave : Dari namanya udah bisa dibayangin dong, Baby Grave ini sebuah situs kuno yang pada masa dinamisme-animisme digunakan untuk prosesi penanaman mayat bayi yang belum tumbuh gigi. Bayi-bayi yang meninggal gak dikubur di tanah, melainkan dicangkok di batang-batang pohon besar. Meski kejadiannya udah lampau, tapi pohonnya masih kokoh berdiri :)



4. Makale : Makale ini adalah ibukotanya Tana Toraja. Kotanya yang bersih, gak panas dan gak macet ini cukup enak dijadiin tempat nongkrong. Ya lumayan lah sekedar ngabisin waktu sore sambil nyeruput sara'ba (minuman sejenis bajigur dari Bandung) dan pisang peppe. Disini juga terdapat bukit Simon, yang gak terlalu tinggi dan dipuncaknya terdapat gereja yang masih aktif digunakan untuk tempat peribadatan.

5. Tilanga : Dalam bahasa Indonesia Tilanga berarti air yang memancar. Sebenarnya tilanga ini merupakan mata air yang mengalir terus hingga membentuk danau ditengah pemukiman penduduk. Tempatnya yang alami dan cantik ditambah anak-anak kecil yang dengan rela melompat dari ranting-ranting pohon serta adanya ikan langka yang berukuran besar di dalam nya menambah keunikan tempat ini. Sayangnya, saya gak banyak berfoto karena di sekitaran danau terdiri dari batu-batu yang cukup licin, jadi susah deh mau eksisnya :D

Yap ! Itu semua tempat-tempat menarik yang wajib dikunjungi di Tana Toraja. Yuk deh gausah ragu-ragu untuk berwisata keliling negeri, karena masih sangat banyak tempat menarik yang worth it !!! :)

0 komentar:

Posting Komentar