Senin, 03 Desember 2012

Rumput Tetangga Selalu Lebih Hijau, Memang...

Pernah gak envy (pake kata envy, bukan iri dg alasan supaya lebih gaul dan lebih halus padahal artinya sih sama :p) sama keadaan orang lain yang keliatannya lebih enak dan lebih nyaman? Gak kayak keadaanmu yang kadang (kamu rasa) penuh sama cobaan, gak nyaman, dan gak ada enak-enaknya...

Pernah gak envy sama kehidupan orang lain yang kayaknya lebih mulus dan lebih gak bermasalah? Gak pernah ngerasa kesusahan, gak pernah pusing. Ya 180 derajat lah sama yang kamu rasain ...

Pernah gak envy sama hubungan orang yang dari depan keliatan jauh lebih harmonis, gak pernah berantem, saling mengerti dan saling menyayangi satu sama lain? Pokoknya so sweet lah, beda sama hubungan yang kamu punya, yang (kamu rasa) ribet, ruwet dan cuma bikin pusing ...

Pernah gak envy sama pacar orang lain yang rasanya kok jauh lebih perhatian, pengertian, pinter, cerdas, kaya atau apapun lah yang kamu (ngerasa) gak bisa kamu dapet dari pacarmu yang sekarang ? Beda sama dia yang ada sama kamu sekarang, yang  (kamu rasa) cuek abis dan gak ada manis-manisnya, pait pait ...

Pernah gak envy sama jalan hidup orang lain yang lebih banyak beruntungnya daripada buntungnya, yang gak pernah belok-belok, luruuuus terus kayak jalan kereta? Beda sama jalan hidupmu yang (kamu rasa) harus belok kesana kesini, yang harus jungkir balik dulu karena keburuntungan gak pernah datang ...

Selain envy-envy yang udah saya urai tadi
Pasti banyak banget ke-envy-an lain yang sering dirasain di kehidupan sehari-hari
Gak cuma masalah besar-besar loh, sampe masalah yang kecil aja bisa envy...
Contohnya, ada orang makan apa, terus fotonya di upload...kamu envy...
Ada orang kemana gitu, kamu liat fotonya...diem-diem envy...
Ada yang foto mesra sama pacarnya, yang keliatan serasi, rukun dan harmonis... eh envy lagi...
Padahal yang baru kamu liat cuma foto loh, foto men, foto ....:p

dan banyak lagi contoh yang lain....

Dengan tanpa kamu sadari, kamu udah setuju dengan kalimat Rumput Tetangga Selalu Lebih Hijau
Iya, memang....
Karena apa?
Karena kamu gak ngejalanin langsung,
Karena kamu cuma penonton diluar arena ring
Karena kamu cuma penikmat dan yang keliatan cuma yang manis-manis aja

Kamu gak pernah tau kan keadaan rumput itu sebelum dan setelah kamu liat ?
Kamu gak pernah tau kan dalemnya rumput itu ada hamanya atau gak?
Kamu gak pernah tau untuk jadi hijau begitu, apa yang udah dilakuin pemilik rumputnya... ya kan?

Pernah mikir gak sih, pada dasarnya sifat dasar manusia itu sama
Cara manusia menghadapi masalah juga sama, hanya ada beberapa variasi yang berbeda, tapi tetep punya kesamaan
Gak ada manusia yang punya cuma satu tipe kepribadian, pasti campuran...
Makanya, akan ada banyak kesamaan kepribadian antara satu orang dengan orang yang lain
Meski sedikit,

Jadi karena sifat dasar yang dimilikin sama, masalah yang akan dihadapin juga akan cenderung sama ...
Cuma beda variasi dan beda tingkat kesulitan aja
Tergantung, dia udah tahan uji atau belum
Selama seseorang banyak diuji sampe akhirnya tahan uji, kerentanan terhadap masalah akan semakin kecil
Tingkat kesulitan yang tinggipun akan keliatan jadi lebih rendah
Variasi kesulitan pun akan semakin gampang terbaca, sehingga mudah untuk dipecahkan
Begitu juga sebaliknya buat orang-orang yang gak tahan uji....

Kalo kamu melihat rumput tetangga lebih hijau, gak menutup kemungkinan orang lain juga melihat begitu terhadap kamu loh...
Orang lain kan posisi nya sama dengan posisi mu saat envy
Cuma jadi penonton, cuma penikmat, yang ada diluar ring
Yang keliatan cuma yang enak-enak aja
Apalagi kalo kamu gak pernah ngobral masalah kamu
Kalo kamu bisa menyimpan masalah-masalah kamu dengan rapi
Kalo kamu bisa membalut kesedihan kamu dengan senyum
Kalo kamu bisa menyamarkan kemarahan kamu dengan cantik
Dan jadi orang yang tahan uji, tentunya...

Lah, kalo begitu, buat apa envy envy lebay lagi?
Mening waktu yang kamu pake buat envy itu diisi dengan kegiatan yang lebih bermanfaat yaitu bersyukur dan bersyukur atas kehidupan yang udah Tuhan kasih buat kamu
Atas banyak hal yang gak pernah kamu syukurin sebelumnya
Atas masalah yang udah bikin kamu lebih bijak dan dewasa
Atas kesedihan yang memberikan arti lebih bagi kebahagiaan
Atas kemarahan yang membuat kamu lebih sabar, iklas, dan berhati lembut...

karena, semua nikmat itu akan dilipatkan lagi, dilipatkan lagi, lagi dan lagi....
Itu janji Allah, yang gak akan pernah diingkarin..
Tau apa efeknya?
Rumput kamu akan jauh lebih hijau lagi, lagi, dan lagi :)
Meski, kadang kamu gak sadar ....

0 komentar:

Posting Komentar