Rabu, 29 Juli 2015

Internship RSUD I LAGA LIGO

RSUD I Laga Ligo adalah RSUD di Kabupaten Wotu, Luwu Timur, Sulawesi Selatan. RSUD tipe C dengan pelayanannya yang udah lumayan oke (menurut saya) telah beroperasi sejak Desember 2008. RSUD ini melayani pelayanan Poli klinik, UGD Umum dan UGD Bersalin 24 jam, Rawat Inap, Laboratorium, USG dan lain-lain yang kesemuanya cukup mendukung pelayanan pasien. Selama 4 bulan saya harus bertugas di UGD Umum dan UGD Bersalin, 4 bulan kemudian di Rawat Inap dan Poli Pelayanan. Sampai hari ini terhitung 28 Juli 2015 sudah sekitar 1 bulan saya disini dan kesannya so far so good :)

Ini dia penampakannya :

Diambil dari : http://limamenitnews.com/uploads/RSUD1.jpg
Kami, dokter internship alhamdulilah tinggal di asrama yang khusus disediakan bagi para pegawai RS termasuk dokter, perawat dan bidan. Letak asramanya deket banget, cuma tinggal kepeleset terus nyampe, hehehe alias disebrang RS nya langsung. Lingkungannya rame terutama hari pasar. Di Wotu ini pasar cuma ada 2x dalam seminggu yaitu hari Senin dan Jumat. But kalau mau cari makan gampang aja karena banyak warung dan toko di sekitaran RS. So, walaupun gak punya kendaraan cincay lah, masih bisa hidup :D

Gak kayak yang saya bayangin dari cerita orang-orang sebelumnya, damai banget hidup disini, gak terlalu panas (karena kebanyakan siang hari di RS sih :p) dan gak ribet. Untuk makan kami pesan jasa katering karena kebetulan ada perawat di RSUD punya jasa katering. Nah suami saya adalah tipe orang yang doyan makan plus requestnya aneh-aneh, jadi walaupun berdua, kami cuma pesen satu katering, supaya bisa tetep masak setiap suami punya request makanan. Kayak misalnya nih beberapa waktu lalu doi minta dibuatin oseng mercon ala Jogja, cireng dan cimol ala Bandung, nasi uduk ala Betawi dan makanan lain yang disini gak ada. Sekarang doi minta saya belajar masakan Sulawesi, oke fix saya belajar!! Mulai dari dangkot, parede, palekko, ayam burak .... sikaaaaat bray !

Letak Pasar ?

Ooo jangan khawatir walaupun cuma ada 2x dalam seminggu, kita bisa belanja dengan gampang. Karena letak pasar tepat disamping komplek asrama, dibatesin tembok aja. Jadi nih tiap hari pasar mulai jam 4/5 pagi udah kedengeran tuh suara ibu-ibu sama tukang jualan serba ada. Mau ngintip? Bisa. Caranya cm ambil tangga, taro ditembok belakang asrama, yap keliatan deh :D Misalnya nih bukan hari pasar di Wotu dan ada barang yang mau dibeli di pasar, tinggal naik ojek atau pinjem kendaraan buat ke Tomoni (Kabupaten tetangga yang jaraknya sekitar 30menit), ada pasar yang lumayan lengkap walaupun bukan hari pasar. FYI : hari pasar di tiap kabupaten beda-beda, saya sendiri kurang hapal :p

Tugas Internship ?

Tugas disini juga alhamdulilah menyenangkan. Kami dapet partner dokter-dokter tetap yang oke dan ramah. So, walaupun awalnya agak-agak kikuk karena masih porses adaptasi, lama-lama udah bisa enjoy. Malah dokter tetapnya mau banget buat ngasih tau ini itu tiap kami ada kesalahan hehehe. Personel dokter tetapnya ada dr.Hadjreah, dr.Irmawati, dr.Wulan, dr.Astria, dr. Nurhidayah -alias dr.Daya-dr.Misjunaling -alias dr.Misna- dan dr.Ismail -satu-satunya dokter tetap laki-laki di IGD- Oya, sama kayak di Puskes disini juga kami punya dokter pembimbing : dr.Nurhidayah yang super cantik dan ekspresif, dan dr. Misjunaling yang super care dan baik :) Tiap kami ada masalah atau apapun, ya mereka berdua deh yang sibuk-sibuk ngaturin. Thankis dokter :3

Untuk dokter spesialisnya ?

Wow wow wow ... gak usah ditanya. Semuanya baik-baik banget dan kami gak dianggap orang baru sama sekali. Kayak ada tulisan welcome aja gitu di wajahnya, semuanya oke :D
ada dr.Sikrong Sp.B yang super cool dan santai, dr. Nasrum M. Sp.PD yang super baik dan gaul, dr. Asmawati Sp.S yang super lembut dan modis, dr. Henne Sp. A yang cantik dan jadi idaman semua dokter Internship cowo, hehehehe. dr. Khobiludin S.An yang super keren dan pinter, dr. Hadiah Sp.Og yang super semangat dan oke, dr. Ari Sp.Og  yang super welcome dan lembut, daaaan banyak lagi yang lainnya :)) Thankis buat semuanya dok :3

Kalau mau ke Kota ?

Hmm kotanya yang rame dan ada mall cuma ada di Palopo. Selama disini aja baru satu kali kesitu, itupun beli alat-alat rumah tangga dan perkakas masak buat di asrama. Untuk sampai palopo kurang lebih jaraknya 3-4 jam pake mobil atau motor atau mobil petepete (sejenis angkot tapi yang dipake mobil keluarga), ya kayak dari jakarta ke bandung lah, bedanya jalanan disini luruuuus doang, gak belak belok, dan gak pake tol. Jadi kalau mau pergi kesana mening dari pagi dan sampe Wotu lagi sore, karena kalau jalan malam....gelap coy :(

Kalau bosen di Asrama ?

Ya kalau saya sama suami sih gak neko-neko, kalau udah di asrama dan gak ada kerjaan biasa kami nonton film yang emang udah disiapin buat ngisi waktu atau main catur. Oya, semenjak disini suami jadi doyan banget main catur, karena dia bosen maen sendiri atau main virtual jadi saya ikut-ikut main juga deh buat dijadiin bahan bulian karena sering kalah :p Atau biasanya kami ngumpul di kamar salah satu temen cuma buat cerita-cerita, bagi-bagi makanan, ngegosip, beberapa kali olahraga bareng supaya tetep sehat, dan ngaji supaya lebih berwawasan islami coy ! hahaha. 

Yah begitu deh serba serbi kehidupan dokter internship yang jauh dari rumah (ceileeeh :p). Over all.... saya cuma berharap hingga akhir internship semuanya berjalan oke dan gak ada halangan apapun. Perjalanan kami udah 5 bulan loh ! Yeyeyeye, berarti sekitar 7 bulanan lagi semuanya selesai. Bismillah ya Allah, semoga lancar :)

0 komentar:

Posting Komentar