Selasa, 11 Agustus 2015

Al Qur'an Menjawab (PART 1)

Semakin membaca, semakin tau isi Al Qur'an saya semakin kagum dan takjub
Semakin membaca, semakin tau apa aja yang Al Quran bahas, saya semakin yakin dan percaya bahwa agama ini dan kitab ini adalah tuntunan yang benar
Maha Suci Allah yang telah menurunkan kitab suci ini
Maha Suci Allah yang telah membuat segalanya begitu sempurna, teratur dan terencana
Every little things :")

Al Quran mengatur semuanya tentang kehidupan sehari-hari mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi
Al Quran mengatur mengenai bagaimana bersosialisasi, berdagang, berpakaian, dan beribadah
Al Quran menjawab semua bentuk pertanyaan dalam bahasa yang indah
Al Quran menjawab semua pertentangan yang banyak diperselisihkan

Agar pembahasannya lebih fokus, maka saya bagi bahasannya menjadi beberapa bagian. PART I ini berisi mengenai Al Quran itu sendiri :

Fakta-Fakta Mengenai Al Quran

1. Al Qur'an diturunkan oleh Allah SWT dan dijaga oleh-Nya

 QS. Al Hijr : 9
 "Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al-Quran, dan pasti Kami (pula) yang memeliharanya."

 QS. Hud : 1
 "Alif Lam Ra. (Inilah) Kitab yang ayat-ayatnya disusun dengan rapi kemudian dijelaskan secara terperinci (yang dirurunkan) dari sisi (Allah) Yang Mahabijaksana, Mahateliti."

QS. Hud : 17
" .....Barangsiapa mengingkarinya (Al Qur'an) diantara kelompok-kelompok, maka nerakalah tempat diancamkan baginya, karena itu janganlah engkau ragu terhadap Al Qur'an. Sungguh Al Qur'an itu benar-benar dari Tuhanmu tetapi kebanyakan manusia tidak beriman."

2. Al Qur'an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW

QS. Al Qiyamah : 16-19
" Jangan engkau (Muhammad) gerakkan lidahmu (untuk membaca Al Quran) karena hendak cepat-cepat (menguasai)nya. Sesungguhnya Kami yang akan mengumpulkannya (di dadamu) dan membacakannya. Apabila Kami telah selesai membacakannya maka ikutilah bacaannya itu. Kemudian sesungguhnya Kami yang akan menjelaskannya."

QS. Asy-Syura : 52
"Dan demikianlah Kami wahyukan kepadamu (Muhammad) ruh (Al Qur'an) dengan perintah kami. Sebelumnya engkau tidaklah mengetahui apakah kitab (Al Qur'an) dan apakah iman itu, tetapi Kami jadikan Al Qur'an itu cahaya, dengan itu Kami memberi petunjuk siapa yang Kami kehendaki diantara hamba-hamba Kami. Dan sungguh engkau benar-benar membimbing (manusia) kepada jalan yang lurus.

3. Al Qur'an menerangkan segala sesuatu

QS. Al-A'raf : 52
"Sesungguhnya, Kami telah mendatangkan kitab (Al-Qur'an) kepada mereka, yang Kami jelaskan atas dasar pengetahuan, sebagai petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman."

QS. Yusuf : 111
"... (Al Qur'an) itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya, menjelaskan segala sesuatu, dan (sebagai) petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman."

QS. An-Nahl : 89
" Dan (ingatlah) pada hari (ketika) Kami bangkitkan pada setiap umat seorang saksi atas mereka dari mereka sendiri, dan kami datangkan engkau (Muhammad) menjadi saksi atas mereka. Dan kami turunkan kitab (Al Quran) kepadamu untuk menjelaskan segala sesuatu, sebagai petunjuk, serta rahmat dan kabar gembira bagi orang yang berserah diri (muslim)."

4. Al Qur'an bukan buatan manusia manapun

QS. Yunus : 37
"Dan tidak mungkin Al Qur'an ini dibuat-buat oleh selain Allah; tetapi (Al Qur'an) membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan hukum-hukum yang telah ditetapkannya, dan tidak ada keraguan di dalamnya, (diturunkan) dari Tuhan seluruh alam.

QS Yunus : 38
"Apakah pantas mereka mengatakan dia (Muhammad) yang telah membuat-buatnya? Katakanlah, "Buatlah sebuah surah yang semisal dengan surah (Al Qur'an), dan ajaklah siapa saya diantara kamu orang yang mampu (membuatnya) selain Allah, jika kamu orang yang benar."

QS. An-Nisa : 82
"Tidakkah mereka menghayati (mendalami) Al Qur'an? Sekiranya (Al Qur'an) itu bukan dari Allah, pastilah mereka menemukan banyak hal yang bertentangan di dalamnya."

QS. An-Nahl :103
"Dan sesungguhnya Kami mengetahui  bahwa mereka berkata,"Sesungguhnya Al Qur'an itu hanya diajarkan oleh seseorang kepadanya (Muhammad)." Bahasa orang yang mereka tuduhkan (orang yang mengajari Muhammad) adalah bahasa 'Ajam, padahal ini (Al Qur'an) adalah dalam bahasa Arab yang jelas."

5. Al Qur'an diturunkan pada bulan Ramadhan

QS. Al Baqarah : 185
"Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang didalamnya diturunkan Al Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjalasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang salah). Karena itu, barangsiapa diantara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah...."

QS. Al-Qadr : 1
"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur'an) pada malam Qadr."

6. Al Qur'an dalam bahasa Arab

QS. Yusuf : 2
"Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Quran berbahasa Arab agar kamu mengerti."

QS. Maryam : 97
"Maka sungguh, telah Kami mudahkan (Al Qur'an) itu dengan bahasamu (Muhammad), agar dengan itu engkau dapat memberi kabar gembira kepada orang-orang yang bertakwa, dan agar engkau dapat memberi peringakatn kepada kaum yang membangkan."'

QS. Fusilat : 44
"Dan sekiranya Al Qur'an Kami jadikan sebagai bacaan dalam bahasa selain bahasa Arab; niscaya mereka akan mengatakan, "Mengapa tidak dijelaskan ayat-ayatnya? Apakah patut (Al Qur'an) dalam bahasa selain Arab sedang (rasul) orang Arab? Katakanlah "Al Qur'an adalah petunjuk dan penyembuh bagi orang yang beriman. Dan orang-orang yang tidak beriman pada telinga mereka ada sumbatan, dan (Al Qur'an) itu merupakan kegelapan bagi mereka. Mereka itu (seperti) orang-orang yang dipanggil dari tempat yang jauh"." 

 7. Al Qur'an diturunkan secara bertahap

QS. Al-Kahf : 106
"Dan Al Qur'an (Kami turunkan) berangsur-angsur agar engkau (Muhammad) membacakannya kepada manusia perlahan-lahan, dan Kami menurunkannya secara bertahap."

QS. Al-Furqan : 32
"Dan orang kafir berkata, "Mengapa Al-Quran itu tidak diturunkan kepadanya sekaligus?" Demikianlah, agar Kami memperteguh hatimu (Muhammad) dengannya, dan Kami membacakannya secara tartil (berangsur-angsur, perlahan, dan benar.)"

8. Allah menurunkan Al Quran dengan perantara Ruhul Quddus (Jibril)

QS. An-Nahl : 102
"Katakanlah, "Ruhul Quddus (Jibril) menurunkan Al Qur'an dari Tuhanmu dengan kebenara, untuk meneguhkan (hati) orang yang telah beriman, dan menjadi petunjuk serta kabar gembira bagi orang yang berserah diri pada Allah."

QS. Al Baqarah : 97
"Katakanlah (Muhammad), "Barangsiapa menjadi musuh Jibril, maka (ketahuilah) bahwa dialah yang telah menurunkan (Al Qur'an) kedalam hatimu dengan izin Allah, membenarkan apa (kitab-kitab) yang terdahulu, dan menjadi petunjuk serta berita gembira bagi orang-orang yang beriman."

QS. Asy-Syu'ara : 192-194
"Dan sungguh, (Al Qur'an) ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan semesta alam. Yang dibawa turun oleh Ruhul Amin (Jibril), kedalam hatimu (Muhammad) agar engkau termasuk orang yang memberi peringatan."

9.Al Qur'an bukanlah Syair

QS. Yasin :69
"Dan Kami tidak mengajarkan syair kepadanya (Muhammad) dan bersyair itu tidaklah pantas baginya. Al Quran itu tidak lain hanyalah pelajaran dan Kitab yang jelas."

10. Al Quran membenarkan kitab-kitab sebelumnya dan menyempurnakannya

QS. Ali Imran : 3
"Dia menurunkan Kitab (Al Qur'an) kepadamu (Muhammad) yang mengandung kebenaran, membenarkan (kitab-kitab) sebelumnya dan menurunkan Taurat dan Injil."

QS. Al-An'am : 115
"Dan telah sempurna firman Tuhanmu (Al Qur'an) dengan benar dan adil. Tidak ada yang dapat mengubah firmanNya. Dan Dia Maha Mendengar, Maha Mengetahui.

11. Al Qur'an diturunkan bagi seluruh alam

QS. Al-An'am : 90
"Mereka itulah (para nabi) yang telah diberi petunjuk oleh Allah, maka ikutilah petunjuk mereka. Katakanla (Muhammad), "Aku, tidak minta imbalan kepadamu dalam menyampaikan (Al Qur'an)." Al Qur'an itu tidak lain hanyalah peringatan untuk (segala umat) seluruh alam."

12. Ayat Al Qur'an terdiri dari ayat yang tegas maksudnya (dapat dipahami dengan mudah) dan ayat yang mengandung beberapa pengertian (sulit dipahami/ hanya Allah yang mengetahui) 

QS. Ali-Imran : 7
"Dialah yang menurunkan Kitab (Al Qur'an) kepadamu (Muhammad). Diantaranya ada ayat-ayat yang muhkamat (tegas maksudnya/mudah dipahami), itu lah pokok-pokok Kitab (Al Qur'an) dan ada yang lain mutasyabihat (ayat yang mengandung beberapa pengertian/sulit dipahami/hanya Allah yang tau). Adapun orang-orang yang dalam hatinya condong kepada kesesatan, mereka mengikuti yang mutasyabihat untuk mencari-cari fitnah dan untuk mencari-cari takwilnya kecuali Allah. Dan orang-orang yang ilmunya mendalam berkata, "Kami beriman kepadanya (AlQur'an), semuanya dari sisi Tuhan kami." Tidak ada yang dapat mengambil pelajaran kecuali orang yang berakal."

13. Alasan Al Qur'an diturunkan bukan dalam bentuk kertas 

QS. Al-An'am : 7
"Dan sekiranya Kami turunkan kepadamu (Muhammad) tulisan diatas kertas, sehingga mereka dapat memegangnya dengan tangan mereka sendiri, niscaya orang-orang kafir itu akan berkata, "Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata."

14. Al Qur'an telah disebut dalam kitab terdahulu 

QS. Asy-Syu'ara : 196

"Dan sungguh, (Al Qur'an) itu (disebut) dalam kitab-kitab orang terdahulu."


15. Al Qur'an pemisah antara yang hak dan yang batil

 QS. Ar-Tariq : 13
"Sungguh, (Al QUr'an) itu benar-benar firman pemisah (antara yang hak dan batil).

0 komentar:

Posting Komentar