Jumat, 21 Agustus 2015

Ilmu Pengetahuan dalam Al Qur'an

Well, beberapa waktu lalu saya sempet posting beberapa hal dalam Al Qur'an. Al Qur'an bukan ilmu pengetahuan, tapi suatu tanda, peringatan, pembawa kabar dan sebagainya. Ada banyak hal dijelaskan dalam Al Quran termasuk didalamnya ilmu pengetahuan meski beberapa tidak eksplisit. Masya Allah, Alhamdulilah ... :')

1. Bidang Astronomi

- Teori Big Bang

 QS. Al-Anbiya : 30
"Dan apakah orang-orang kafir tidak mengetahui bahwa langit dan bumi keduanya dahulu menyatu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya; dan Kami jadikan segala sesuatu yang hidup berasal dari air; maka mengapa mereka tidak beriman ?"

- Orbit Matahari dan Bulan 

QS. Al-Anbiya : 33
"Dan Dia-lah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing beredar pada garis edarnya."

- Alam semesta berkembang

QS. Az-Zariyat : 47
"Dan langit Kami bangun dengan kekuasaan (Kami), dan Kami benar-benar meluaskannya."

- Langit memiliki 7 lapisan

QS. Nuh : 15
"Tidakkah kamu memperhatikan bagaimana Allah telah menciptakan 7 langit berlapis-lapis?"

- Bumi memiliki 7 lapisan seperti langit

QS. Al Maarij : 12
"Allah yang menciptakan tujuh langit dan dari (penciptaan) Bumi juga serupa.”

- Matahari bersinar (memiliki sinar sendiri), bulan bercahaya (tidak memiliki sinar sendiri)

QS. Nuh : 16
"Dan disana Dia menciptakan bulan yang bercahaya dan menjadikan matahari sebagai pelita (yang cemerlang)."

QS. Yunus : 5
"Dia-lah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya, dan Dia-lah yang menetapkan tempat-tempat orbitnya agar kamu mengetahui bilangan tahun, dan perhitungan (waktu). Allah tidak menciptakan dengan demikian itu melainkan dengan benar. Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada orang-orang yang mengetahui."

- Bintang sebagai petunjuk

QS. Al-An'am : 97
"Dan Dia-lah yang menjadikan bintang-bintang bagimu, agar kamu menjadikannya petunjuk dalam kegelapan di darat dan laut. Kami telah menjelaskan tanda-tanda (kekuasaan Kami) kepada orang-orang yang mengetahui."

-Ruang hampa (tanpa gravitasi) di angkasa

QS. Al-Hajj : 65
"Tidakkah engkau memperhatikan bahwa Allah menundukkan bagimu (manusia) apa yang ada di bumi, dan kapal yang berlayar di lautan dengan perintah-Nya. Dan Dia menahan (benda-benda) langit agar tidak jatuh ke bumi, melainkan dengan izin-Nya? Sungguh, Allah Maha Pengasih, Maha Penyayang kepada manusia."

2. Water Cycle

QS. At-Thariq : 11
"Demi langit yang mengandung hujan."

QS. An-Nur : 43
"Tidakkah engkau melihat bahwa Allah menjadikan awan bergerak perlahan, kemudian mengumpulkannya, lalu Dia menjadikannya bertumpuk-tumpuk, lalu engkau lihat hujan keluar dari celah-celahnya, dan Dia (juga) menurunkan (butiran-butiran) es dari langit, (yaitu) dari (gumpalan-gumpalan awan seperti) gunung-gunung, maka ditimpakan-Nya (butiran-butiran es) itu keada siapa yang Dia kehendaki dan dihindarkan-Nya dari siapa yang Dia kehendaki. Kilauan kilatnya hampir-hampir menghilangkan pengelihatan."

QS. Ar-Rum : 48
"Allah-lah yang mengirimkan angin, lalu angin itu menggerakkan awan dan Allah membentangkannya di langit menurut yang Dia kehendaki, dan menjadikannya bergumpal-gumpal, lalu engkau lihat hujan keluar dari celah-celahnya, maka apabila Dia menurunkannya kepada hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki, tiba-tiba mereka bergembira."

QS. Az-Zumar : 21
"Apakah engkau tidak memperhatikan, bahwa Allah menurunkan air dari langit, lalu diaturnya menjadi sumber-sumber air di bumi, kemudian dengan air itu ditumbuhkan-Nya tanam-tanaman yang bermacam-macam warnanya, kemudian menjadi kering, lalu engkau melihatnya kekuning-kuningan, kemudian dijadikan-Nya hancur berderai-derai. Sungguh, pada yang demikian itu terdapat pelajaran bagi orang-orang yang memiliki akal sehat."

QS. Al-Mu'minun : 18
"Dan Kami turunkan air dari langit dengan suatu ukuran; lalu Kami jadikan air itu menetap di bumu, dan pasti Kami berkuasa melenyapkannya."

3. Geologi

- Lempengan besar bumi

QS. An-Naba : 6-7
"Bukannah Kami telah menjadikan bumi sebagai hamparan, dan gunung-gunung sebagai pasak?"

- Gunung-gunung sebagai penahan guncangan

QS. Al-Anbiya : 31
"Dan Kami telah menjadikan di bumi ini gunung-gunung yang kukuh agar ia (tidak) guncang bersama mereka, dan Kami jadikan (pula) disana jalan-jalan yang luas agar mereka mendapat petunjuk."

QS. Luqman : 10
"Dia menciptakan langit tanpa tiang sebagaimana kamu melihatnya, dan Dia meletakkan gunung-gunung (di permukaan) bumi agar ia (bumi) tidak menggoncangkan kamu; dan memperkembangbiakkan berbagai macam jenis mahluk bergerak yang bernyawa di bumi....."

4. Oceanologi 

QS. Al-Furqan : 53
"Dan Dia-lah yang membiarkan dua laut mengalir (berdampingan); yang ini tawar dan segar dan yang lain sangat asin lagi pahit; Dia jadian antara keduanya dinding dan batas yang tidak tembus."

QS. Ar-Rahman : 19-20
"Dia membiarkan dua laut mengalir dan (kemudian)bertemu, diantaranya ada batas yang tidak dapat dilampaui oleh masing-masing."

5. Biologi

-Mahluk hidup dari air

QS. Al-Anbiya : 30
"Dan apakah orang-orang kafir tidak mengetahui bahwa langit dan bumi keduanya dahulu menyatu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya; dan Kami jadikan segala sesuatu yang hidup berasal dari air; maka mengapa mereka tidak beriman ?"

- Air memberi nutrisi pada mahluk hidup

"Dengan (air hujan) itu Dia menumbuhkan untuk kamu tanaman-tanaman, zaitun, kurma, anggur, dan segala macam buah-buahan. Sungguh pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berpikir."

- Siklus mati dan hidup 

QS. Al-An'am : 95
"Sungguh, Allah menumbuhkan butir (padi-padian) dan biji (kurma). Dia mengeluarkan yang hidup dari yang mati dan mengeluarkan yang mati dari yang hidup. Itulah (kekuasaan) Allah, maka mengapa kamu masih berpaling ?

- Siklus Daun

QS. Az-Zumar : 21
"Apakah engkau tidak memperhatikan, bahwa Allah menurunkan air dari langit, lalu diaturnya menjadi sumber-sumber air di bumi, kemudian dengan air itu ditumbuhkan-Nya tanam-tanaman yang bermacam-macam warnanya, kemudian menjadi kering, lalu engkau melihatnya kekuning-kuningan, kemudian dijadikan-Nya hancur berderai-derai. Sungguh, pada yang demikian itu terdapat pelajaran bagi orang-orang yang memiliki akal sehat."

- Manusia dari saripati tanah

QS. Al-An'am : 2
"Dan Dia-lah yang menciptakanmu dari tanah, kemudian Dia menetapkan ajal (kematianmu), dan batas waktu tertentu yang hanya diketahui oleh-Nya. Namun demikian kamu masih meragukannya."

- Genetika dan proses fotosintesis

QS. Al-An'am : 99
"Dan Dia-lah yang menurunkan air dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan, maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau, Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang kurma, mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan tidak serupa, Perhatikanlah buahnya pada waktu berbuah, dan menjadi masak. Sungguh, pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman."

- Manfaat Zaitun

QS. Al-Mu'minun :20
"dan (Kami tumbuhkan) pohon (zaitun) yang tumbuh dari gunung Sinai, yang menghasilkan minya, dna bahan pembangkit selera bagi orang-orang yang makan."

6. Zoologi

- Manfaat Kulit Hewan

QS. An-Nahl : 5-6
""Dan hewan ternak telah diciptakan-Nya untuk kamu, padanya ada (bulu) yang menghangatkan dan berbagai manfaat, dan sebagian kamu makan. Dan kamu memperoleh keindahan padanya, ketika kamu membawanya kembali ke kandang dan ketika kamu melepaskannya (ke tempat penggembalaan)."

- Manfaat Hewan sebagai kendaraan

QS. An-Nahl : 8
"dan (Dia telah menciptakan) kuda, bagal, dan kedelai, untuk kamu tunggangi dan (menjadi) perhiasan. Allah mencipatakan apa yang tidak kamu ketahui."

- Hewan untuk dimakan dan menghasilkan perhiasan (mutiara, ex)

QS. An-Nahl : 14
"Dan Dia-lah yang menundukkan lautan (untukmu), agar kamu dapat memakan daging yang segar (ikan) darinya, dan (dari lautan itu) kamu mengeluarkan perhiasan yang kamu pakai ..."

- Hewan menghasilkan susu

QS. An-Nahl : 66
"Dan sungguh pada hewan ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum dari apa yang ada dalam perutnya (berupa) susu murni antara kotoran dan darah, yang mudah ditelan bagi orang yang meminumnya."

- Kulit Hewan untuk dijadikan kemah dan alat rumah tangga

QS. An-Nahl : 80
"Dan Allah menjadikan rumah-rumah bagimu sebagai tempat tinggal dan Dia menjadikan bagimu rumah-rumah (kemah-kemah) dari kulit hewan ternak yang kamu merasa ringan (membawa)nya pada waktu kamu bepergian dan pada waktu kamu bermukim dan (dijadikan-Nya pula) bulu domba, bulu unta, dan bulu kambing, alat-alat rumah tangga dan kesenangan sampai waktu (tertentu)."

- Jenis-jenis Hewan

QS. An-Nur : 45
"Dan Allah menciptakan semua jenis hewan dari air, maka sebagian ada yang berjalan diatas perutnya dan sebagian berjalan dengan dua kaki, sedang sebagian (yang lain) berjalan dengan empat kaki. Allah menciptakan apa yang Dia kehendaki. Sungguh, Allah Mahakuasa atas segala sesuatu."

7. Kedokteran 

- Embriologi dan Siklus hidup manusia

QS. An-Nahl : 4
"Dia telah menciptakan manusia dari mani, ternyata dia menjadi pembantah yang nyata."

QS. Ali Imran : 6
"Dia-lah yang membentuk kamu dalam rahim menurut yang Dia kehendaki. Tidak ada Tuhan selain Dia, Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana."

QS. Al-Hajj : 5
"Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang telah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai pada usia dewasa, dan diantara kamu ada yang diwafatkan, dan (ada pula) diantara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya...."

QS. Al-Mu'minun : 14
"Kemudian, air mani itu Kami jadikan sesuatu yang melekat, lalu sesuatu yang melekat itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang-belulang, lalu tulang belulang ittu Kami bungkus dengan daging. Kemudia, Kami menjadikannya mahluk yang (berbentuk) lain. Mahasuci Allah, Pencipta yang paling baik."

- Manfaat madu untuk pengobatan

QS. An-Nahl : 69
".....Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, dan didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berpikir."

- Pentingnya ASI (Air Susu Ibu) bagi anak

QS. Al-Baqarah : 233
"Dan ibu-ibu hendaklah menyusui anak-anaknya selama dua tahun penuh, bagi yang ingin menyusui secara sempurna..."

- Mencegah dekubitus pada pasien tirah baring 

QS. Al-Kahf : 18
"Dan dengkau mengira mereka itu tidak tidur, padahal mereka tidur; dan Kami bolak-balikkan mereka ke kanan dan ke kiri ..."

- Anatomi Tubuh

QS. Al-Ahzab : 4
"Allah tidak menjadikan bagi seseorang dua hati dalam satu rongganya..."

- Sidik Jari

QS. Al-Qiayamah : 3-4
"Apakah manusia mengira, bahwa Kami tak mampu mengumpulkan kembali tulang belulangnya? Bukan demikan, sebenarnya kami kuasa menyusun kembali jari jemarinya secara sempurna.”

- Reseptor Nyeri (Nosiseptor) 

QS. An-Nisa : 56
"Sesungguhnya orang-orang yang menolak dengan ayat-ayat kami, kelak akan kami masukkan mereka ke dalam neraka. Setiap kali kulit mereka hangus, Kami ganti dengan kulit yang lain, supaya mereka merasakan adzab. Sesunggguhnya Allah Maha Pekasa lagi Maha Bijaksana.”

8. Food and Diet 

- Mengharamkan makanan yang (ternyata sekarang kita tau) tidak baik bagi kesehatan

QS. An-Nahl : 115
"Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan atas kamu bangkai, darah, daging babi, dan (hewan) yang tidak disembelih atas nama Allah, tetapi barangsiapa terpaksa (memakannya) bukan karena menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang."

QS. Al-Baqarah : 219
"Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang khamar dan judi. Katakanlah "Pada keduanya terdapat dosa besar dan manfaat bagi manusia. Tetapi dosanya lebih besar daripada manfaatnya...."

QS. Al-Maidah : 96
"Dihalalkan bagimu hewan buruan laut dan makanan (yang berasal) dari laut sebagai makanan yang lezat bagimu, dan bagi orang-orang yang dalam perjalanan, dan diharamkan atasmu (menangkap) hewan darat, selama kamu sedang ihram. Dan bertakwalah kepada Allah, yang kepada-Nya kamu akan dikumpulkan (kembali)."

9. Fisika

- Relativitas Waktu

QS. As-Sajdah : 5
"Dia mengatur segala urusan dari langit ke bumi, kemudian (urusan) itu naik kepada-Nya dalam satu hari yang kadarnya (lamanya) adalah seribu tahun menurut perhitunganmu."

QS. Al Ma'aarij : 4
"Para malaikat dan jibril naik (menghadap) kepada Tuhan, dalam sehari setara dengan lima puluh ribu tahun”

10. Geografi

- Gunung bermacam warna (dan sekarang kita tau keberadaan gunung tsb di Tiongkok)

QS. Fatir : 27
"Tidakkah engkau melihat bahwa Allah menurunkan air dari langit, lalu dengan air itu Kami hasilkan buah-buahan yang beraneka macam jenisnya. Dan diantara gunung-gunung itu ada garis-garis putih dan merah yang berbagai macam warnanya, dan ada (pula) yang hitam pekat."

0 komentar:

Posting Komentar