Kamis, 07 September 2017

Serba Serbi per-MPASI-an

MP ASI atau makanan pendamping ASI adalah makanan yang diberikan setelah bayi siap untuk memulai makanan padat, disamping ASI. Kesiapan ini dapat dilihat dari segi fisik, seperti sudah mulai mampu mengkoordinasikan tangan untuk masuk ke arah mulut, sering keluar air liur, mampu duduk tegak, dan terlihat excited saat melihat makanan. Sesuai rekomendasi WHO dan IDAI kesiapan makan ini bisa dilihat rata-rata pada saat usia 6bulan, artinya pada usia ini bayi sudah bisa diberikan MPASI.

MPASI juga diberikan atas pertimbangan beberapa kandungan mikronutrien pada ASI sudah sangat berkurang dan tidak dapat mencukupi kebutuhan bayi seperti kandungan zat besi dan seng, maka bayi membutuhkan asupan tambahan lain untuk mengkompensasi ke kurang an tersebut. Makanan ini tidak untuk menggantikan ASI. ASI tetap diberikan hingga bayi berusia 2 tahun.

Pemberian MPASI terlalu dini tanpa melihat kesiapan bayi atau menundanya bisa mengakibatkan banyak masalah, terutama masalah pencernaan dan yang paling ekstrim mengganggu tumbuh kembang bayi akibat gizi yang salah maupun kekurangan gizi. Maka akan sangat baik jika sebelum memberikan MPASI betul-betul dicek and ricek apakah bayi kita memang sudah siap. Untuk beberapa kasus memang sering kali dokter menganjurkan untuk mpasi dini tapi tentu mpasi dini ini memang atas dasar indikasi medis, ditentukan oleh dokter spesialis anak bukan Semata2 anjuran nenek atau tetangga. 

Pemberian MPASI banyak macamnya, yang saya gunakan untuk El adalah metode spoon feeding atau disuapi langsung plus baby led weaning atau membiarkan bayi makan sesuai keinginannya sendiri. Saya menggunakan dua metode campuran ini dengan pertimbangan untuk mengoptimalkan gizi yg masuk Karena dikhawatirkan jika hanya menggunakan satu metode belum mencukupi. Maklum saya tipe makemak perfeksionis  πŸ˜…
Jadi setiap memberikan El makan, ada yang saya suapi ada juga yang berbentuk finger food atau makanan yang dipotong sesuai genggaman tangan bayi lalu biar kan El makan sendiri πŸ‘ΆπŸ»

Teknik BLW ini sekalian ngelatih koordinasi tangan el untuk masukin makanan ke mulut. Emang sih banyak banget yang kebuang karena cuma dibejek2 paling yang masuk mulut bs dihitung lah. Jangan kaget juga kalau akan sangat messy alias berantakan acakadul. Walau gitu tetep ada belajarnya ko, dia ngelatih saraf2 sensoris di tangannya untuk rasain berbagai macam tekstur makanan. So gak usah risau moms insyallah ada manfaatnya kok! Lagipula untuk memenuhi asupan gizinya kan udah dibantu disuapin Umi. Itulah sebabnya saya lebih pilih dua metode daripada satu.
EL Happy Umi Happy ✌🏻

Masing-masing metode ada kelebihan dan kelurangannya tapi cari lah yang pas di hati dan disesuaikan dengan kebutuhan bayi ya moms ☺️ Gak bisa cuma sekedar ikut-ikutan atau supaya anaknya keliatan hits. Gak perlu Lah berlomba-lomba hits kalau pada akhirnya anak kita yang jadi korban. Ikutin aja maunya anak. Anaknya mau pegang dan ubek2 makanan sok monggo, anaknya mangap2 minta disuap silahkan. Selama itu baik, gak masalah insyallah.

Awal MPASI alhamdulilah El gak banyak kesulitan untuk cicip2 rasa baru Selama waktu nya pas. Pas dia laper, pas dia lagi happy dan pas dia gak ngantuk atau ke pengen main. Susah ya ? Hahahaha.
Awal2 emg saya susah banget nentuin waktu yang 'pas' ini tapi seiring proses makan saya mulai bisa memetakan waktu-waktu tersebut yaitu tidak pada waktu setelah menyusu, setelah dia bangun tidur, dan setelah capek main. Dari awal saya memang menyetel waktu makan El 3x sehari sehat awal agar terbiasa.  Kadang diantara makan saya sisip dengan Cemilan juga. So lama kelamaan di jam dia biasa makan biasa nya dia udh mulai nagih tuh, mulai keliatan rewel eh disuapin diem πŸ˜„

EL juga dibiasakan untuk makan sambil duduk di kursi makan walaupun sering failed gegara di RS kan gak ada tempat duduknya, jadilah kita makan di kasur kamar jaga dokter untuk makan siang. Sorenya tiap pulang RS selalu mampir rumah nenek supaya EL bisa mandi dan makan sore tepat waktu (kalau udh jamnya kelewat EL gak mau makan lagi dan jarak RS rumah terlalu jauh kalau harus langsung ke rumah). Nah tau sendiri cucu pertama dibawa ke rumah nenek mesti banyak yang ajak main jadilah EL makan sambil main walaupun gak sambil jalan2 diluar juga sih. Hancur sudah ideal nya Umi nak πŸ˜‚ karena sikon gak mendukung, ya sudah lah yang penting EL makan ya nak.

Sedangkan untuk menu makanannya saya memutuskan untuk memberi MPASI homemade alias makanan dibuat sendiri dengan menu yang sering dimakan keluarga atau semua jenis makanan bisa dibuat untuk bayi. Tentu tekstur menyesuaikan ya! Untuk anak 6-7 bulan makanan dibuat bubur halus atau diblender, mulai 8 bulan sudah bisa agak kasar, 9 bulan bisa dicoba lembek atau tim, hingga 12 tahun sudah bisa makan masakan keluarga alias nasi utuh. El sudah mempraktekkannya, alhamdulilah mulai 11 bulan dia sudah terbiasa makan nasi dan memang kurang suka yang terlalu lembek.










Untuk mp ASI ini saya sudah konsultasi juga nih ke salah satu guru hebat saya di Yogya, yaitu Prof dr Soeroyo SpA (K) beliau bilang gak usah kepedean gizi makanan yang dibikin sendiri lebih baik karena mesti ada yang hilang karena proses masak dan penyajian, siapa yang jamin gizinya masih 100% ? jadi boleh Lah sesekali diselingi pabrikan. 

Baiklah, saya setuju si Prof gausah terlalu pede juga. Toh yang jadi goal dalam hal makan ini kan gizi anak terpenuhi toh. EL juga sesekali saya kasih cemilan biskuit, dan EL suka banget. Sedangkan untuk makanan instan lainnya EL nolak, bener-bener nolak karena terbiasa makanan biasa, mungkin di lidah EL distraksi rasanya terlalu jauh. Masakan Umi tetep juara di hati EL walaupun hambar πŸ˜‚

Kelebihan dari mpASI homemade ini, anak sudah dikenalkan variasi rasa asli makanan sejak awal dia makan. So, kebanyakan anak dengan mpASI homemade bukan termasuk anak yang pemilih dalam hal makan. Alhamdulilah setelah EL lulus mpASI homemade terbukti sih EL dikasih apapun masuk. Timun, terong, ikan, ayam, bebek, semua oke asal kering alias gak berkuah. Tapi tetep favorit EL ayam goreng dong macam Upin Ipin dan ngemil mentimun πŸ˜„πŸ‘ΆπŸ»

Kekurangannya ?
Agak butuh perjuangan untuk tetap konsisten masak buat working mom atau IRT tanpa PRT dan punya anak lebih dari 1 yang masih kecil, apalagi bagi ibu double Job seperti saya. Bisa belanja cuma malem di supermarket (minim makanan fresh padahal πŸ˜”) atau weekend dan sudah mesti bangun pagi untuk masak. Kadang sering gak sempet masak buat diri sendiri dan abinya tapi yaudahlah kita toh bs makan apa aja dengan gampang tanpa mikirin micin dan sebagainya, jd makanan EL tetap prioritas utama ☺️

EL pernah gak GTM alias nolak makanan dan tutup mulut ? Sering πŸ˜„
Karena sakit, tumbuh gigi atau tekstur makanan gak sesuai sama yg dia mau. Di sinilah kesabaran dan kreativitas Umi diuji. Dalam sehari saya sangat sangat sangat usahakan membuat lebih dari 1 jenis makanan dengan beda tekstur saat EL GTM. Nah tinggal saya perhatikan mana2 jenis makanan yang dia mau makan. Dari hasil riset itu saya simpulkan saat GTM EL sih lebih suka makan roti2an daripada nasi-nasian dengan tekstur yang cenderung padat plus renyah. Jadi deh Umi berkreasi dengan menu roti πŸ˜‚ setiap hari puter otak biar EL gak bosen.
Kadang pun EL gak mau makan cuma karena makan sendiri alias gak ada temen, jadi saya dan abinya sebisa mungkin untuk makan bareng setiap hari, meski direcokin makannya dan jadi reriweuh kadang dia ikut icip dan akhirnya mau ikut makan. Alhamdulilah sejauh ini GTM terlewati ☺️☺️

Selain GTM tantangan dalam pemberian MPASI ini beragam bergantung umur anak. Anak yang baru 6-9 bulan tantangannya adalah memetakan waktu makan, kapan dia mau makan, kapan dia udah selesai makan dan seringkali tersedak. Untuk waktu makan, ini bener-bener butuh proses yang gak cuma sekali dua kali. Untuk langkah awal, kita coba dulu aja untuk memulai makan di jam-jam kita makan kita sambil lihat sikon, anaknya ngantuk kah, lagi rewel kah atau lagi sibuk main. Lama kelamaan kepekaan Ibu mesti terlatih seiring dengan banyak percobaan dan kebersamaan saat makan. Anak tersedak ? Setelah teratasi tersedaknya lanjutin makan selama gak sampe heboh proses tersedaknya, insyallah aman. Pun bayi yang sehat sudah punya mekanisme canggih sendiri di mulutnya, jd walaupun tersedak dikit-dikit masih oke lah. 

Untuk anak yang lebih dewasa kesulitannya adalah si anak sudah terlalu aktif bergerak jadi sulit untuk duduk, So sebisa mungkin anak dibuat rileks dan nyaman saat makan. Saya sih anti banget maksa EL makan sampe berlama-lama. Khawatir trauma dan malah jadi momok sendiri buat EL karena di mata dia makan adalah pemaksaan bukan kebutuhan. Kalau EL gak mau dan gak mood ya udah dicoba lagi nanti. Kalau EL bete Yaudah selesai deh makannya, biasa saya batasi tiap sesi makan adalah setengah jam karena diluar itu EL udah gak betah duduk dan pengen kemana-mana lagi. Hehehe.

Kemudian tantangan selanjutnya adalah makanan yang udah di mulut dilepeh. Aaaaaa ini nih yang suka EL lakuin belakangan. Gak perlu worry moms selama anaknya masih mau mangap suapi aja terus sambil di perhatiin kapan dia ngelepeh. Kalau EL, makanan yg dia lepeh kalau terlalu banyak dan terlalu lembek. See ? Anak-anak emang unik punya self defense nya sendiri, semua harus pas πŸ˜‚

Semoga bermanfaat. Tulisan ini saya rangkum dari banyak materi yang saya baca. Kalau ada yang mau kepo menu-menu EL bisa dibuka ig Umi nya EL ya @asprasasti πŸ™πŸ»

Tidak ada komentar:

Posting Komentar