Kamis, 10 Februari 2011

Dasar Biologi Keseimbangan

Oleh : Astri Sulastri Prasasti
Fakultas Kedokteran
Universitas Islam Indoensia
2011


 Keseimbangan secara penuh dijaga oleh vestibuli bagian dari labirintis pada telinga yang dibantu oleh mata serta reseptor presiosepsi yang ada di tubuh. Pada akhirnya yang mengontrol seluruh fungsi keseimbangan adalah cerebellum dan cerebrum yang terhubung satu sama lain dan memiliki hubungan langsung dengan organ-organ keseimbangan.
 Konsep secara umum :


 Terminologi Gangguan Keseimbangan :
1. Vertigo : merasa sekelilingnya bergerak dan makin parah pada keadaan gelap. Penyebabnya bisa penyakit-penyakit perifer maupun sentral.
2. Lightheadedness : perasaan pusing  pingsan. Penyebabnya : penyakit cardiovaskuler, sitotoksik obat dan kondisi psikis.
3. Unsteadiness : kesulitan berjalan dengan baik karena gak bisa jalan lurus  belok-belok gitu kaya orang mabuk. Biasanya karena usia yang sudah lanjut.
4. Loss of Conciousness : ada riwayat penyakit tersebdiri. Misalnya : penyakit saraf dan aritmia.

 Etiologi Gangguan Keseimbangan secara umum : Penyakit Telinga Tengah, trauma, BPPV, Meniere’s didease, labirintis ,sitotoksik obat,dan otosklerosis.
 Penyebab Vertigo perifer : Benign positional vertigo, Neuronitis Vestibuler, Labirintiss, Meniere's disease, Ramsay-Hunt syndrome, Sitotoksik obat e.g., Aminoglycosides, Naik Pesawat, Trauma, Penyakit gangguan gerak.

 Kriteria Diagnosis :
Vestibuler Vertigo BPPV
Vertigo spontan karna perubahan posisi, pusing yang rekuren dan bisa diserti dengan mual. Etiologi : sebagian besar karena vestibuli vertigo
Manifest : gejala vetsibuler vertigo yang rekuren, durasi serangan selalu <1 menit, Gejala lain berveriasi yang terkeit dengan perubahan posisi kepala, ga disertai gejala atau kelainan yang lain.
\
 Ada dua Patofisiologi yang dipercaya pada BPPV :
1. Cupulolitiasis  ada penempelan protein pada kanalis semisirkularis posterior sehingga sensitivitas terhadapat perubahan gravitasi meingkat.
2. Canalitiasis ada bagian dari endolimfa yang mengapung bebas pada kanalis semisirkularis posterior sehingga ada dorongan hidrodinamik pada perubahan gerakan.

 Perbandingan durasi serangan :
 Detik = BPPV, Spondilois Servikal, dan Hipotensi Postular
 Menit- Jam = Meniere's disease dan labirintis
 Jam-hari = Kegagalan Labirint, Ototoksisitas, dan penyakit Vestibuli sentral.

 Pemeriksaan BPPV dengan DIX-HALLPIKE MANEUVER
 Terapi  non bedah, Vestibuli habituasi  dengan melakukan gerakan-gerakan yang menstimulasi vestibuli, Liberatori manuver  menyingkirkan debris yang menyumbat

0 komentar:

Posting Komentar