Jumat, 23 November 2012

Cinta itu Butuh Rasionalisasi

Cinta itu emang kerjaan hati,
Kita gak akan pernah tau kapan dan bagaimana cinta itu datang
Kita juga gak akan pernah bisa nebak, siapa yang akan kita cinta
Gak bisa dipilih
Itu kerjaan hati...

Tapi tau gak sih kamu, bahwa kerja hati itu sangat kompleks
Bukan dengan tiba-tiba hati bisa nentuin, kamu akan cinta dengan siapa
Selalu ada proses, selalu...
Entah itu singkat banget, atau bahkan lama banget
Bergantung..
Dalam proses itu juga akan sangat banyak faktor-faktor yang berpengaruh
Entah efeknya menguatkan atau melemahkan..
Ada intensitas, ada kebiasaan, ada kebebasan, ada persamaan, ada perbedaan, dan banyak faktor lain

Saat udah jatuh cinta, orang sering lupa diri dan gak kadang gak bisa bedain mana baik dan mana gak
Semuanya dilakuin dengan alasan cinta
Semuanya dibilang perjuangan untuk dapetin cinta
Semua bisa dikasih berdasarkan cinta
Semua-semua bisa dilakuin, kalo udah cinta...
Karena, logika kamu udah kalah dengan perasaan
Iya, perasaan...
Perasaan yang kadang gak logis
Perasaan yang kadang buta
Perasaan yang kadang pincang sebelah

Makanya, saya berpikir cinta itu emang butuh rasionalisasi
Supaya perasaan gak kerja sendiri
Supaya masih ada balancing 
Supaya masih ada pertimbangan-pertimbangan lain sebelum ngapa-ngapain
Supaya indera yang lain masih fungsi saat pandangan mata kita udah ketutup
Supaya logika bisa ikut campur
Supaya semuanya bisa berjalan dengan lebih bijak, gak pincang ...

Rasionalisasi itu berasal dari hati nurani, yang jauh lebih dalam dari tempat cinta berasa
Hati nurani yang bisa bedain mana yang bener dan gak gak
Hati nurani yang kadang ketutup dengan nafsu

Rasionalisasi juga berasal dari akal yang kita punya
Akal yang bisa menimbang untung rugi
Akal yang bisa tau hubungan sebab dan akibat
Akal yang bisa mengarahkan kita ke tempat yang lebih bermanfaat

Rasionalisasi berasal dari kedewasaaan...
Yang bisa memutuskan lebih bijak
Yang gak egois cuma mentingin kepentingan diri sendiri
Yang gak cuma mengedepankan kebutuhan pribadi

Hati nurani, akal dan kedewasaan itu bisa bawa kita ke jalan yang benar hanya dengan tuntunan Allah
Iya, karena pada Haq nya semua akan kembali kepada yang Maha Mengetaui
Maha Pemilik Cinta
Maha Bijaksana
Maha Pembolak-balik Hati
Allah SWT...

Saat bingung, itu cinta yang benar atau salah
Saat logika dan perasaan lagi gak singkron
Saat benar dan salah jadi abu-abu
Saat gak tau yang harus dipilih
Saat kepentingan pribadi dan kepentingan yang lain perang
Saat bimbang, galau maksimal..
Saat gak tau mana pendapat yang harus dijalanin
Allah tau segalanya, yang kamu atau manusia lain gak tau...
Mendekat dan selalu ada jawaban, disana :)

0 komentar:

Posting Komentar