Kamis, 19 Juli 2012

Kenapa Takut ???


Kenapa sih harus ada rasa takut ? Siapa sih yang cipta ? Oke, coba kita analisas sedikit tentang rasa takut ya. Menurut Wikipedia  ketakutan adalah suatu tanggapan emosi terhadap ancaman. Takut adalah suatu mekanisme pertahanan hidup dasar yang terjadi sebagai respons terhadap suatu stimulus tertentu, seperti rasa sakit atau ancaman bahaya. Beberapa ahli psikologi juga telah menyebutkan bahwa takut adalah salah satu dari emosi dasar, selain kebahagiaan, kesedihan, dan kemarahan.

Nah dari definisi tadi sebenarnya takut itu berasal dari diri sendiri karena disebutkan takut merupakan mekanisme pertahanan hidup. Tapi kenapa sih mekanisme itu harus muncul dalam bentuk rasa takut? Ya, mungkin sama kali ya dengan munculnya penyakit.Turunnya sistem pertahanan tubuh manusia, masuknya bakteri ke dalam tubuh manusia, paparan virus dan sebagainya juga menimbulkan respon yang bermacam-macam dari tubuh manusia, makanya banyak banget jenis penyakit di dunia ini.

Ya okelah saya cukup mengerti tentang cara terjadinya rasa takut, tapi parahnya adalah saya sendiri penganut rasa takut itu. Aaaaaaak! Nyebelin banget gak sih, kalau kamu tau tentang sesuatu yang gak guna tapi ternyata kamu juga ngerasain itu. Saya lupa sejak kapan, yang jelas saya paling benci sama yang namanya gelap. Benci banget!! Nyeremin :( Buat saya gelap itu semacam keadaan yang bikin suasana mencekam, kita gak bisa liat apa-apa, bahkan nih kasarannya kalau ada monster di balik gelap aja kita gak pernah bisa tau. Terus tiba-tiba kita udah dimangsa. Oh My God! No way banget. Pernah nonton film kartun jaman dulu? Power Puff Girl, itu kartun favorit saya banget tuh. Jadi di kartun itu dijelasin kalo didalam gelap ternyata banyak mahluk-mahluk yang berkeliaran yang disaat terang mereka gak ada. Makanya saya sering bayangin yang aneh-aneh dalem gelap. Kalo sampe kejebak nih, pas mati lampu misalnya, nah dengan tanpa alasan yang jelas nafas saya langsung senin kamis gitu, sesaaaaak banget rasanya. Pernah nih saya dikerjain sama anak-anak, waktu saya mandi, lampu kamar mandi nya dimatiin dari luar daaaaan saya histeris didalem kamar mandi, sejak saat itu gak ada lagi yang berani ngerjain saya :'(

Selain saya yang gak nyaman sama sekali dengan adanya rasa takut itu, saya juga gak enak sama orang-orang sekitar saya yang pasti ikutan repot kalau mati lampu. Mereka harus siap-siap nyiapin telinga dan nyiapin handphone buat nemenin saya, sampe itu lampu nyala. Kasian banget kan :( Saya udah prepare banyak hal loh buat menghadapi mati lampu. Di kamar ini aja, saya punya 2 lampu emergensi, satu ukutan jumbo satu ukuran mini. Tapi entah kenapa, itu lampu kadang gak langsung nyala padahal udah dicas terus sampe ful baterai. Makanya saya tetep aja nyusahin orang :(

Pokonya, saya harus berusaha ilangin rasa takut ini, karena emang gak guna banget. Gak kebayang kalo semua temen-temen saya itu gak bisa dihubungin, gak ada orang lain disekitar saya, dan gak ada apapun disitu. Mau jadi apa saya nanti :( Yap, karena rasa takut itu berasal dari dalam diri kita sendiri, jadi cuma kita yang bisa ilangin. saya harus berlatih untuk gak punya rasa takut lagi, pasti bisa :) Saya gak boleh jadi orang yang ketergantungan sama orang cuma gara-gara gelap, toh nanti waktu saya meninggal juga gak ada kan yang nemenin saya di liang lahat :') Selain itu Allah kan tetep bisa lihat walaupun gelap, jadi Insyaallah dilindungi kan? Siiiiip, SEMANGAT!

0 komentar:

Posting Komentar