Jumat, 20 Juli 2012

Marhaban Ya Ramadhan

Alhamdlillahirrabil'alamin, tahun ini masih bisa ketemu Ramadhan :) Seneeeng banget rasanya, karena di bulan Ramadhan, semua yang kita lakuin akan bernilai ibadah. Allah baik banget deh nyiptain Ramadhan. Di Indonesia sendiri ada perdebatan antara beberapa organisasi Islam mengenai penghitungan munculnya hilal atau penetapan Hari 1 Ramadhan. Tahun ini, seperti tahun sebelumnya, dua organisasi besar Islam (Nu dan Muhammadiyah) memiliki perbadaan dalam pelaksanaan H1 Ramadhan,  Muhammadiyah sudah melaksanakan hari pertama terlebih dahulu, yaitu hari ini tanggal 20 Juli 2012, sedangkan Nu baru akan melaksanakan hari pertama puasa besok, tanggal 21 Juli 2012. Unik kan? Iya, walaupun ada perbedaan tapi bukan berarti kita berbeda, Tuhan kita sama, Agama kita sama, cuma beda cara. Toh semuanya sama-sama mengrahapkan ridho Allah. jadi, semoga perbedaan ini gak jadi alasan untuk gak bahagia menyambut bulan Ramadhan.

Buat saya sendiri, Ramadhan tahun ini adalah ramadhan yang paling beda dari 21 tahun belakangan. Biasanya setiap tahun, saya selalu bisa pulang di hari pertama ramadhan, minimal saya bisa sahur, tarawih dan buka puasa pertama di rumah. Tapi tahun ini gak. Bahkan sekarang saya sendirian dikostan ini, di kota ini. Bu saniah yang biasa nemenin juga lagi nikmatin Ramadhan bareng keluarganya, ibu kost juga begitu. Gak ada makanan kayak di rumah, gak ada rame-rame tarawih, gak ada obrolan-obrolan yang seru, gak ada apapun, gak ada siapapun. Sedih banget ya ternyata :') Awalnya saya pikir, saya gak akan ngerasain apapun, karena saya udah gak asing juga untuk jauh dari orang tua, keluarga atau teman. Dari dulu beberapa kali, saya sering harus ninggalin semuanya karena ada tugas ini itu. Tapi ternyata gak, kali ini perasaan saya beda, sedih banget rasanya :') Saya jadi iri sama temen-temen yang sekarang ada di rumah masing-masng, atau minimal ada temen lah yang bisa diajak tarawih bareng, sahur bareng, ngabuburit, dan lain-lain. Pasti rame banget kan??  Pasti kerasa banget ya Ramadhan nya. Apalagi saya sekarng lagi gak bisa ikut tarawih pertama, duuuuh makin-makin aja deh :')

Tapi yaudah, saya harus mulai belajar untuk bisa biasa dengan keadan-keadan kayak gini. Kedepan pasti saya akan lebih sering sendiri dan kesepian kayak gini. Kan cita-cita saya malah pengin ke daerah-daerah pelosok untuk bantu banyak orang, masak kayak gini aja udah cengen :') Gak mungkin kan dalam misi itu saya masih harus ngerepotin orang lain buat nemenin. Saya sadar kok, kehidupan saya nanti mungkin juga akan lebih ekstrim, kehidupan orang dewasa kan emang gitu. Semua serba sendiri. Saya harus belajar untuk menjadi semakin siap dan siap lagi menghadapi apapun. Bagaimanapun keadaan saya sekarang, saya masih bersyukur masih bisa jalanin puasa. Semoga ramadhan kali ini bisa membuat diri saya jauh lebih baik dari sebelumnya. Semoga ramadhan kali ini bisa membawa berkah untuk seluruh umat muslim, dimanapun berada. Marhaban Ya Ramadhan :)

Oya, saya jadi inget pengalaman saya waktu kecil pas jalanin ramadhan, ya waktu itu usia saya sekitar 8-9 tahunan lah. Saya ini pecinta susu banget, susu apapun saya suka, temasuk susu kuda yang rasanya pahit naudzubilah saya masih suka. Jadi, kebiasaan saya dulu tuh, saya suka bnegt bikin es susu sendiri untuk buka puasa. Saya bikin susu coklat, vanila dan lain-lain di gelas terus dimasukin ke dalam pelastik. Tapi tiap pelastiknya penuh saya selalu aja kelupaan, jadi dikit-dikit susu yang meluap itu saya minum juga. saya baru ngeh kalo saya udah minum berplastik-plastik kecil susu pas ditegur sama mama. Cuma kata mama, gak papa kalau emang lupa, saya lanjutin puasa deh, jauh lebih segar dari sebelumnya :D

Kebiasaan saya yang lain itu, saya suka banget tuh nyuri makanan di kulkas. Entah buah lah, entah apa lah buat dibagiin ke temen-temen belakang rumah. Jadi, saya selalu berangkat paling duluan ke mushola, bukan ngapa-ngapain juga tapi main dulu, bagi-bagi makanan ke temen-temen, malah kadang saya sampe bolak-balik ke rumah kalo ternyata makanan yang udah saya bawa gak cukup buat temen-temen. Gara-gara itu deh, saya sering dimarahin karena isi kulkas gak pernah tahan sampe 2 hari :p

Aaaah jadi kangen jaman-jaman itu. Jaman saya masih lugu banget. Masih kegeeran kalo ada temen laki-laki saya ada yang suka atau ada yang godain. Kalo pas udah begitu, saya pasti langsung lari karena saya gak pernah berani nanggepin anak laki-laki yang kebanyakan nakal itu. Malah saya pernah nih tiba-tiba dapet surat, terus sampe sekarang saya gak pernah mau ngomong lagi nsama anak itu, sampe sekarang coba, saking malunya. Saya punya beberapa temen yang selalu berangkat dan pulang tarawih bareng. Saya sama genk-genk kecil saya itu selalu jadi langganan dimarahin ibu-ibu karena kadang kita sering becanda-canda sendiri pas lagi solat. Tiba-tiba kentut lah, tiba-tiba main senggol-senggolan atau apa lah. dan pasti gak pernah sampe selesai solatnya karena kebanyakaan istirahat. Kalau ada salah satu diantara kita yang gak tarawih, udah deh berasa hilang jiwa. Kita berubah jadi tiba-tiba diem gitu, ah pokoknya sok solider banget lah :p

Tapi sumpah ya, cerita-cerita itu gak akan pernah saya lupa.Malah sekarang saya kangen banget sama semuanya. Sama temen-temen kecil saya yang sekarang udah punya hidup masing-masing. Saya kangen keluarga, adik-adik dan semuanya. Miss you all !!!! :3

0 komentar:

Posting Komentar