Rabu, 10 Oktober 2012

Free !!!

Setelah menderita tekanan batin berminggu-minggu di stase jiwa akhirnya ada liburan stase yang berasa surga. Ya, refreshing banget lah setelah cape batin cape raga :) Liburan stase yang gak lama (1 minggu) cukup deh buat mompa semangat lagi masuk kulit dan kelamin besok. Harapan saya untuk stase depan simple aja sih, gak di bentak dan gak di judge!! Dua hal itu bener-bener yang bikin stase jiwa kemaren berasa neraka. Ya walopun over all ada banyak hikmah yang bisa saya ambil.

Pertama, gak semua orang bisa ngamalin "don't judge a book from the cover". Padahal memoar itu simpel banget kan. Sebelum kenal kita gak boleh ngejudge seenak perut sendiri. Ruginya bukan cuma yang dijudge gak enak loh, tapi buat yang ngejudge juga. Jadi mikir negatif, mood jelek, jatohnya kan bete. Coba jadi orang yang pikirannya positif aja, pasti semua simple deh :)

Kedua, pada keadaan tertentu jadi orang yang "bermulut manis" emang penting juga. Bahkan di dunia kerja yang nota bene nya semua hal berjalan secara subjektif, mulut manis itu bener-bener bermanfaat. Selain jadi dapet muka, mulut manis juga bisa memperlancar semua urusan. Ini yang harus saya pelajarin nih. Karena dari beberapa pengalaman yang udah saya alamin, saya selalu gagal menghadapi orang yang moody, yang sukanya dipuji dan sebagainya. Sekalinya baik yang bener-bener dari hati eh kadang jatohnya aneh. Serba salah banget. Awalnya agak gimana gitu sih liat temen yang kerjaanya "jilat" sana sini, tapi kalo diliat-liat ada untungnya juga sih, terus dia juga jadi menyenangkan hati orang, walopun entah ya yang diomongin itu bener ato gak. Yaaa namanya juga hidup, semua dinamis, itu yang harus saya camkan baik-baik! :) 

Ketiga, disegani itu konteksnya jauh banget loh sama ditakuti. Gak ada deh kepikiran di otak saya untuk jadi orang yang ditakutin dengan ngerubah sikap jadi "tegas" yang jatohnya malah sok-sokan atau malah angkuh dan saklek gak ketolongan. Saya milih jadi orang yang biasa aja lah, yang punya loyalitas tapi juga tetep fleksibel. Gak semua hal yang kita mau berjalan sesuai keinginan kita kan?? dalam hal ini, saya juga masih akan terus belajar :)

Keempat, bener kata mbak cil, semua yang ada di dunia ini semu. Gak semua orang baik itu terus-terusan baik, dan gak semua orang jahat juga terus-terusan jahat. Malah kadang orang yang paling deket dengan kita yang kita anggap paling ngerti, malah bertindak lebih annoying dari orang lain yang sekedar nyapa. Dekat sama orang lain yang berlebih sampe addict juga gak bagus sama sekali. Semakin deket sama seseorang, semakin besar juga kesempatan untuk punya masalah dengan orang itu. Ya, mau gak mau, beberapa konsep ini harus ysa terima karena udah saya alamin sendiri. Dan, yang saya harus ubah adalah kebiasaan buruk saya yang cepet banget menyimpulan sesuatu. Baru dibaikin dikit, eh dimata saya orang itu seakan-akan akan baik selamanya dan dalam semua hal. Padahal gak gitu kan ?? :)

Makasi untuk stase jiwa yang udah ngasih saya poin-poin pembelajaran yang banyak tadi. Berarti banget loh buat saya. Sekarang jadi makin banyak PR buat diri saya pribadi. Semoga apapun yang saya alami, senang, suka, duka, sedih, apapun tetep bisa saya ambil hikmahnya. Karena rugi banget, kalo semua yang berlalu, dibuang gitu aja tanpa diambil manfaatnya. Bukankah, Allah menciptakan segalanya dengan sebuah tujuan ? 

:D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar